APA SAJA FUNGSI KOMPUTER? 

Komputer saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini juga tidak terlepas dari perkembangan komputer di seluruh dunia. Karena masyarakat sudah akrab dengan manfaat yang diperoleh dari komputer, perangkat komputer sekarang harus terus berkembeng.

Pada dasarnya, fungsi komputer bervariasi, tergantung pada pengguna. Mengacu pada definisi komputer di atas, fungsi utama sebagai berikut:

 

1.entri data

fungsi komputer yang pertama adalah perangkat untuk entri data. Fitur ini memungkinkan komputer menerima data juga informasi yang berasal dari luar dan menempatkan mereka di komputer dengan menggunakan berbagai peralatan komputer sebagai sarana pendukung seperti keyboard, mouse, dan beberapa komponen lainnya.

 

2. pengolahan data


Dari data yang sudah dimasukkan tersebut, proses selanjutnya adalah dilakukan processing. Pada tahap processing inilah fungsi utama dengan adanya perangkat komputer. Data yang bisa diproses pun bisa bermacam-macam sehingga nanti hasilnya bisa didapatkan sesuai dengan keinginan. Contohnya saja seperti teks, gambar, suara, video, dan lain-lain. Pengolahan data ini diproses melalui processor yang terdapat pada CPU. Fungsi dari processor itulah yang membuat komputer dapat menjalankan berbagai macam pengolahan data.

 

3.penyimpanan data


Fungsi komputer lainnya adalah penyimpanan data umum atau penyimpanan semua data yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya, jika Anda membuat file desain grafis yang telah dicetak sebelumnya, data sebelumnya disimpan pada komputer sehingga dapat digunakan lagi jika diperlukan. peralatan komputer yang digunakan untuk menyimpan data adalah hard disk. hard disk dibagi menajdi dua jenis lagi, hard disk drive atau sering disingkat HDD dan Solid State Disk Drive atau SSD bisa disebut. Fungsi hard drive mampu menyimpan berbagai data dan informasi yang telah dimasukkan ke dalam komputer. Selain itu, kehadiran disk ini juga dapat menjalankan aplikasi dan perangkat lunak pada komputer.

 

4. data output


Fungsi selanjutnya adalah untuk menghasilkan data mentah menjadi informasi . Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa data mentah yang belum dibentuk sesuai keinginan dapat dikonversi ke data yang diinginkan kepada konsumen atau pengguna. Sebagai contoh, jika kita ingin menggabungkan dua gambar menjadi satu, kita dapat melakukannya dengan menggunakan komputer. Hasilnya mungkin bervariasi pada kertas foto, kertas biasa, keramik, pakaian, dan macam.Namun lebar, dari waktu ke waktu, komputer tidak hanya membuat hal-hal standar yang benar. Beberapa fungsi IT menjadi hal yang umum adalah ini.

 

5.fungsi bisnis


Pengembangan sistem informasi akuntansi membuat sejumlah perusahaan mulai menggunakan komputer untuk melakukan perhitungan dalam bisnis mereka. Contoh perangkat lunak aplikasi khusus dalam bisnis adalah software akuntansi. Dengan berbagai software akuntansi saat ini, fungsi aplikasi komputer untuk administrasi keuangan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. hal ini tentunya sangat membantu mempercepat kinerja karyawan.

 

6. Fungsi pendidikan


Saat ini, sistem ujian sekolah sudah menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam melakukan tes. Nasional komputerisasi Nama Pemeriksaan atau UNBK telah menjadi istilah generik untuk anak usia sekolah sekarang. Peran teknologi dalam pendidikan semkain dirasakan oleh siswa, guru, dan orang tua sendiri. Pemeriksaan dengan sistem komputer dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan waktu yang cepat dari pengumuman hasil tes dikeluarkan.

 

7. Fungsi Hiburan dan informasi


Semua komputer saat ini juga dapat digunakan sebagai media informasi hiburan. Sekarang kita dapat menonton film, mendengarkan musik, game, untuk informasi juga dapat dilakukan melalui komputer yang terhubung ke Internet. Terutama untuk Internet, kita bisa mendapatkan berbagai jenis informasi sesuai dengan keinginan kita. Serta film dan musik yang kita dapat mengakses dari Youtube dan situs media sosial lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here