Apa itu komputer?

Secara umum, definisi komputer adalah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dibuat terlebih dahulu untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pengguna.

Pengertian komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari serangkaian komponen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu sistem kerja. Dalam sistem komputer dapat melakukan pekerjaan secara otomatis oleh program telah dikendalikan untuk menghasilkan informasi dari data dan program yang ada.

Secara umum, komputer terdiri dari tiga unsur utama, termasuk:

  • Perangkat Keras (Hardware) yang terdiri dari Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.
  • Perangkat Lunak (Software) yaitu sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah dari pengguna.
  • Pengguna Komputer (Brainware) yaitu pemakai atau operator komputer.

Secara etimologis, kata “komputer” berasal dari bahasa Latin, “computare” yang berarti menghitung. Jadi pengertian komputer adalah alat perhitungan aritmatika.

PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT PARA AHLI

Memahami pengertian komputer menurut Ahli
Untuk memahami apa komputer, kita dapat merujuk pada pendapat ahli berikut:

  1. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert H. Blissmer, IT mampu melakukan banyak tugas seperti perangkat elektronik yang menerima input, pengolahan, perintah penyimpanan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. K.V. dan al Hamacher

    Menurut K.V. Hamacher et al, pengertian komputer adalah mesin elektronik perhitungan yang dapat dengan cepat menerima informasi input digital, dan kemudian memperlakukan mereka sesuai dengan program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa informasi.
  3. Donald H. Sanders

    Menurut Donald H. Sanderes, Pengertian komputer adalah sistem elektronik untuk menangani data dengan benar dan cepat dan dirancang dan diselenggarakan untuk secara otomatis menerima toko input data, proses, dan menghasilkan output di bawah kendali program instruksi langkah langkah (Sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpannya (program yang tersimpan).
  4. William M. Fuori

    Menurut William M. Fuori, komputer adalah suatu pemroses data alat yang dapat melakukan perhitungan cepat, termasuk operasi aritmatika dan campur tangan manusia.
  5. C. Hamacher, Z.G. Vranesic dan Z.G. Zaky

    C. Hamacher, Z.G. Vranesic dan Z.G. Zaky pengertian komputer merupakan alat komputasi elektronik yang cepat dapat menerima informasi tentang input digital, memproses sesuai dengan program yang tersimpan di memori (stored program) dan menghasilkan output berupa informasi.
  6. American Standard Institute

    Menurut Institut standar Amerika, definisi komputer adalah suatu pemroses data (pengolah data) yang dapat membuat perhitungan yang lebih besar dan termsuk lebih cepat besar aritmatika atau operasi logika tanpa campur tangan manusia mengoprasikanya selama pemrosesan.
  7. Larry panjang, Nancy Panjang

    Menurut Larry panjang, Nancy panjang, komputer adalah komputer elektronik yang mampu menginterpresentasikan Program masukan perintah Run, output, perhitungan dan operasi logis.
  8. Elias M.Awad

    Menurut Elias M.Awad, Komputer adalah kalkulator yang memproses data dalam bentuk data digital dan data analog.
  9. Williams Sawyer

    Menurut Williams, Sawyer, Komputer adalah mesin diprogram multi-tujuan yang menerima data (fakta dan gambar yang kasar), dan untuk mengobati atau memanipulasi informasi yang bisa kita gunakan.
  10. Wimatra et al (2008)

    Menurut Wimatra et al, komputer adalah sistem dari perangkat elektronik yang memiliki tujuan membuat proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan informasi yang berguna.
  11. Arif Susanto (2009)

    Menurut Arif Susanto Komputer adalah kelompok yang terdiri dari perangkat elektronik pada input kontrol, alat yang memproses perangkat input dan output yang menyediakan informasi dan beroperasi secara otomatis.
  12. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert H. Blissmer, IT adalah perangkat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, proses input tadi sesuai dengan program, mematuhi perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, dan menyediakan output sebagai informasi.
  13. Gordon B. Davis

    Menurut komputer Gordon B. Davis adalah jenis khusus dari uang tentu terhadap sifat tertentu.
  14. William Sawyer

    Menurut William Sawyer, komputer adalah mesin serbaguna yang dapat melakukan pemrograman, dan dapat diprogram, yang dapat data mesin meerima-mesin sebagai fakta dan gambar kasar dan untuk memproses atau memanipulasi data menjadi informasi sebuh yang dapat digunakan oleh pengguna.
  15. John J. Longkutoy

    Menurut John J. Longkutoy, komputer adalah alat atau mesin atau pemecah masalah dan mesin dan pengolahan data peralatan yang dapat menghasilkan pengguna dengan informasi yang diperlukan dan berguna.

  16. VC. ZG Hamacher

    Menurut VC. ZG Hamacher, komputer adalah perangkat komputasi elektronik yang dapat dengan cepat menerima pengolahan informasi input digital sesuai dengan Suat
  17. Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter

    Garry B. Shelly dan Gunter E. Randolph, komputer adalah perangkat elektronik, yang beroperasi di bawah kendali instruksi yang tersimpan dalam memori, yang dapat menerima data, pengelolaan data sesuai dengan menetapkan aturan, dan memproduksi hasil.
  18. Juni Parsons

    Menurut Parsons Juni, Komputer adalah perangkat yang fleksibel yang menerima masukan, pengolahan data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut seperangkat instruksi yang tersimpan.
  19. McGraw-Hill (2001)

    Menurut McGraw-Hill, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori, dan menghasilkan output berupa informasi.
  20. Oxford English Dictionary (OED2)

    Menurut Oxford English Dictionary, Komputer adalah alat yang digunakan untuk menghitung atau kontrol operasi dinyatakan dalam angka atau logika.
  21. Wikipedia


    Menurut Wikipedia, komputer digunakan sebagai satu set alat untuk memproses data berdasarkan prosedur yang telah dibuat sebelumnya.
  22. Dinus

    Menurut Dinus, komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik dengan ribuan atau bahkan jutaan komponen yang cocok bersama-sama dan membentuk sistem kerja yang sempurna dan akurat. Sistem ini dapat digunakan untuk melakukan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi atau program kepadanya.
  23. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

    Menurut KBBI, komputer adalah suatu alat elektronik yang secara otomatis menghitung dan proses data sesuai dengan petunjuk tepat, dan hasil pengolahan dan dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, fax, dll) biasanya terdiri dari resep kesatuan, biaya unit, unit penyimpanan dan unit kontrol.

Demikian lah pengertian komputer menurut para ahli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here