17 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya (Lengkap)

PintarKomputer.Id – Untuk membuat jaringan komputer, anda membutuhkan beberapa perangkat jaringan komputer. Tanpa perangkat ini, anda tidak akan mungkin terbentuk suatu jaringan komputer. Seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya pada artikel pengertian jaringan komputer, ada banyak perangkat yang dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan komputer.

Masing-masing dari perangkat memiliki fungsi yang berbeda. Untuk itu, pada artikel ini kita akan sama sama mempelajari tentang perangkat yang butuhkan untuk membuat jaringan komputer. Berikut penjelasannya;

 

17 Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan antara lain adalah gateway, router, bridge jaringan, modem, titik akses nirkabel, kabel jaringan, driver line, switch, hub dan repeater.

Dan juga perangkat yang termasuk perangkat jaringan hibrida seperti switch multilayer, konverter protokol, router bridge, server proxy, firewall, penerjemah alamat jaringan, multiplexer, NIC, WNIC, adaptor terminal ISDN, dan perangkat keras terkait lainnya.

Jenis perangkat jaringan yang paling umum digunakan saat ini adalah  Ethernet adapter berbasis tembaga yang merupakan inklusi standar pada kebanyakan sistem komputer modern. Jaringan nirkabel (tanpa kabel) kebanyakan digunakan untuk perangkat portabel dan genggam.

Perangkat keras jaringan lain yang digunakan dalam jaringan komputer adalah peralatan data center (seperti server file, server basis data dan area penyimpanan), layanan jaringan (seperti DNS, DHCP, email, dll.) Dan perangkat yang menjamin pengiriman konten.

Mengambil pandangan yang lebih luas, ponsel, PDA dan bahkan mesin photo copi modern juga dapat dianggap perangkat keras jaringan.

Seiring kemajuan teknologi dan jaringan berbasis IP diintegrasikan ke dalam pembangunan infrastruktur dan utilitas rumah tangga, perangkat keras jaringan akan menjadi istilah yang membingungkan karena jumlahnya semakin bertambah dan meningkat.

 

Perangkat Khusus Jaringan Komputer

Perangkat jaringan ini adalah;

1. Gateway

17 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya
gateway


Gerbang jaringan (gateway) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan kaidah komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dialirhantarkan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda.

Gateway adalah antarmuka yang menyediakan kompatibilitas antara jaringan dengan mengubah kecepatan transmisi, protokol, kode, atau tindakan keamanan.

2. Router

perangkat jaringan komputer
router


Router adalah perangkat jaringan komputer yang bertugas meneruskan paket data antar jaringan komputer. Router melakukan fungsi “mengarahkan lalu lintas” di Internet. Paket data biasanya diarahkan dari satu router ke router lain melalui jaringan yang membentuk internetwork hingga mencapai node tujuan. Router bekerja pada layer OSI 3.

3. Switch

Perangkat jaringan komputer
switch


Switch adalah perangkat yang menghubungkan perangkat bersama di jaringan komputer, menggunakan packet switching untuk menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat tujuan.

Tidak seperti hub, switch mengalihkan data ke hanya satu perangkat atau lebih yang perlu menerimanya, daripada menyiarkan data yang sama dari masing-masing portnya.

Switch bekerja pada OSI layer 2.

4. Bridge

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya
bridge


Jembatan jaringan adalah perangkat jaringan komputer yang menciptakan jaringan agregat tunggal dari beberapa jaringan komunikasi atau segmen jaringan. Fungsi ini disebut menjembatani jaringan.

Bridge adalah perangkat yang menghubungkan beberapa segmen jaringan. Bridge bekerja pada OSI layer 1 dan 2.

5. Repeaters

perangkat keras jaringan komputer
repeater


Repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mengirimnya kembali pada tingkat yang lebih tinggi atau daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari obstruksi, sehingga sinyal dapat mencapai jarak yang lebih jauh.

6. Hub

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya
hub


Hub/pusatan Ethernet adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment).

HUB bekerja pada lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model). Pusatan digunakan untuk mengalirhantarkan data dari penggunalayan (client).

Hub memiliki untuk menghubungkan beberapa perangkat Ethernet bersama-sama dan menjadikannya bertindak sebagai segmen jaringan tunggal.

Hub memiliki beberapa input / output (I / O) port, di mana sinyal yang diperkenalkan pada input dari masing-masing port muncul pada output dari masing-masing port kecuali yang asli dimasukkan. Sebuah hub berfungsi di lapisan fisik (layer 1) dari model OSI.

Hub juga berpartisipasi dalam deteksi tabrakan, meneruskan sinyal untuk macet ke semua port jika mendeteksi tabrakan. Hub sekarang kebanyakan usang, yang telah digantikan oleh switch jaringan kecuali di instalasi yang sangat tua atau aplikasi khusus.

Perangkat Jaringan Komputer Hibrid

Perangkat jaringan komputer hibrid meliputi:

7. Multilayer switch

perangkat keras jaringan komputer
Multilayer switch


Multilayer switch adalah sebuah switch yang mengaktifkan OSI layer 2 juga menyediakan fungsionalitas pada lapisan protokol yang lebih tinggi.

8. Protocol Converter

perangkat keras jaringan komputer
Protocol Converter


Konverter protokol adalah perangkat keras yang mengkonversi antara dua jenis transmisi yang berbeda, untuk interoperasi.

9. Bridge router (brouter)

perangkat untuk jaringan komputer
bridge


Brouter adalah perangkat yang berfungsi sebagai jembatan dan juga sebagai router. Paket rute brouter untuk protokol yang dikenal dan hanya meneruskan semua paket lain sebagai jembatan.

Komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang biasanya ditempatkan di titik sambungan jaringan yang berbeda (misalnya, antara jaringan internal dan jaringan eksternal) meliputi:

10. Proxy Server
Proxy Server adalah layanan jaringan komputer yang memungkinkan klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lain.

11. Firewall
Firewall adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang terpasang di jaringan untuk mencegah komunikasi dilarang oleh kebijakan jaringan.

Firewall biasanya menetapkan penghalang antara jaringan internal tepercaya dan aman dan jaringan luar lainnya, seperti Internet, yang dianggap tidak aman atau tepercaya.

12. Network address translator (NAT)
NAT adalah layanan jaringan (disediakan sebagai perangkat keras atau sebagai perangkat lunak) yang mengubah alamat jaringan internal ke eksternal dan sebaliknya.

Perangkat perangkat keras lain yang digunakan untuk membangun jaringan atau koneksi dial-up meliputi:

13. Multiplexer
Multiplexer adalah perangkat yang hanya memilih satu sinyal dari beberapa sinyal input listrik.

14. Network interface controller (NIC)

perangkat keras jaringan komputer
NIC


NIC adalah perangkat yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer berbasis kawat.
Kontroler antarmuka jaringan nirkabel: perangkat yang menghubungkan komputer yang tersambung ke jaringan komputer berbasis radio.

Lebih lengkap tentang kartu jaringan atau NIC, silahkan baca pada artikel “pengertian lan card dan fungsinya

15. Modem

perangkat keras jaringan komputer
modem


Modem adalah perangkat yang memodulasi sinyal “pembawa” analog (seperti suara) untuk menyandikan informasi digital, dan itu juga mendemodulasi sinyal pembawa untuk memecahkan kode informasi yang dikirim. Digunakan (misalnya) ketika komputer berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan telepon.

16. ISDN terminal adapter (TA)
Gateway khusus untuk ISDN.

17. Driver line
Perangkat untuk meningkatkan jarak transmisi dengan memperkuat sinyal; hanya digunakan dalam jaringan base-band.

Demikianlah artikel mengenai 17 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.dell.com/vi/business/p/dell-edge-gateway-3003/pd
https://www.linksys.com/us/p/P-WRT32XB/
https://www.eclecticshed.com/products/wireless-wifi-repeater

3 Comments

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel