23 Cara Jualan di Shopee dan Tips Sukses untuk Pemula

23 Cara Jualan di Shopee dan Tips Sukses untuk Pemula

Posted on

Cara berjualan di Shopee – Saat ini, Shopee menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan bisnis dan toko bagi masyarakat Indonesia. Dengan bergabung di pasar Shopee, pemilik bisnis memiliki peluang besar untuk memamerkan produk bisnisnya kepada khalayak yang lebih luas.

Cara berjualan di Shopee

Sejauh ini, Shopee menjadi satu-satunya marketplace di Indonesia dengan rating tertinggi. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Shopee sebagai tempat berbelanja dan menjual produk usahanya.

Produk bisnis apa pun yang Anda miliki dapat dijual melalui pasar Shopee tanpa perlu promosi atau iklan apa pun. Pemilik Shopee hanya perlu mengunggah produk bisnisnya ke toko mereka, sehingga pembeli yang mencari produk yang mirip dengan bisnis Anda dapat menemukan barang yang mereka inginkan.

Selain bisa dengan mudah berjualan di Shopee, pemilik toko juga bisa menghasilkan penjualan yang tinggi. Untuk proses penjualan, pemilik toko tidak perlu mengirimkan produk ke pembeli, cukup lakukan di aplikasi Shopee, kemudian barang yang dibeli akan diantar oleh kurir ke alamat tujuan.

Menjual barang di Shopee memiliki banyak keuntungan. Bagi yang selama ini mengandalkan cara penjualan barang secara tradisional, kini adalah waktu yang tepat untuk beralih ke cara berjualan yang lebih modern, yaitu berjualan online di Shopee. Bagi yang ingin tahu cara berjualan di Shopee, silahkan baca informasinya viralorchard.com Pengikut.

Cara membuat toko Shopee

Untuk melakukan penjualan di Shopee, Anda harus membuat toko terlebih dahulu. Anda bisa membuat toko di Shopee menggunakan smartphone yang sudah terinstal aplikasi Shopee dan koneksi internet yang stabil.

Langkah-langkah membuat toko di Shopee dapat dilihat pada gambaran di bawah ini.

1. Pembuatan Akun

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat toko di Shopee adalah membuat akun Shopee. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan untuk membuat akun dengan nomor ponsel aktif dan alamat email aktif.

Langkah-langkah untuk membuat akun Shopee adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee yang terinstal di smartphone Anda. Jika Anda belum memilikinya, silakan unduh di bawah ini Google Play atau toko aplikasi.
  2. Silahkan pilih menu “Saya” di kanan bawah.
  3. Silakan pilih “Daftar” dan masukkan nomor ponsel Anda, lalu pilih menu “Selanjutnya”.
  4. Anda juga dapat membuat akun melalui email dengan memasukkan alamat email dan kode Captha yang tercantum di atas. Jika demikian, Anda dapat memilih Menu Berikutnya
  5. Silahkan masukkan username (sesuai dengan nama perusahaan Anda), password dan konfirmasi password, pilih profil akun (bisa logo perusahaan) dan lanjutkan dengan memilih menu “Daftar”

2. Pembuatan toko

Setelah proses pembuatan akun berhasil dibuat, Anda dapat melanjutkan untuk membuat toko Shopee. Langkah-langkah untuk membuat toko adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee dan pilih menu “Saya”.
  2. Silakan pilih menu “Pengaturan” lalu menu “Profil Saya”. Untuk halaman ini, berikan foto profil, foto sampul, tulis nama perusahaan dan masukkan deskripsi perusahaan
  3. Selanjutnya silahkan pilih menu “Alamat saya”. Untuk halaman ini, mohon tambahkan alamat toko dan jadikan alamat toko. Dalam hal ini, pilih menu “Kirim”.
  4. Silahkan isi rekening bank yang terdiri dari nama lengkap rekening bank, nomor rekening, nama bank, nama cabang dan lokasi. Dalam hal ini, pilih menu “Berikutnya”.
  5. Selanjutnya, buka halaman pengaturan obrolan. Harap aktifkan autoplay, buat template jika diperlukan (tambahkan template pesan di menu)
  6. Harap masukkan preferensi pemberitahuan. Harap aktifkan semua notifikasi agar pemilik toko lebih mengetahui semua notifikasi dari pelanggan.

3. Unggah item penjualan

Jika pembuatan toko berhasil, Anda dapat mengunggah produk ke toko Shopee. Untuk langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat mengunggah produk ke Shopee, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu “Saya”
  2. Silakan pilih menu “Toko Saya” lalu lanjutkan ke menu “Tambah Produk Baru”
  3. Selanjutnya silahkan masukkan foto produk yang dijual dan beberapa detail produk antara lain nama produk, deskripsi produk, kategori produk, harga, tingkat stok, variasi, berat dan ongkos kirim.
  4. Anda dapat mengaktifkan menu pre-order jika produk Anda membutuhkan waktu lebih dari 7 hari untuk memproses pengemasan produk. Silakan masukkan jumlah hari untuk melakukan pre-order, dari 7 hari hingga 15 hari
  5. Jika ya, silakan pilih menu “Simpan” untuk pengguna iOS dan “Tinjau” untuk pengguna Android.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda bisa mulai berjualan di marketplace Shopee.

Bisa dikatakan berjualan di Shopee sangatlah mudah. Selain itu, pengguna Shopee dapat menjual barang secara gratis. Tapi ingat, tidak semua orang bisa sukses menjual barang di Shopee.

Lalu bagaimana cara berjualan di Shopee agar sukses? Kami memberikan beberapa tips untuk membantu Anda sukses menjual di Shopee. Silahkan simak tipsnya di bawah ini.

Tips Jual Barang di Shopee untuk Pemula

cara menjual barang di shopee

cara menjual barang di shopee

Membuka toko di Shopee itu mudah, tetapi mendapatkan pelanggan agak sulit. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada strategi penjualan di Shopee yang bisa Anda gunakan untuk menarik pembeli atau pelanggan.

Baca juga Cara isi saldo ShopeePay melalui Alfamart

Lalu bagaimana strategi penjualan di Shopee? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Aktifkan fitur pengiriman gratis

Mengaktifkan fitur gratis ongkos kirim di toko-toko Shopee sangat efektif dalam menarik minat pembeli. Dengan adanya fitur free shipping, banyak pembeli yang merasa biaya pengiriman menjadi lebih murah dan membuat produk Anda terlihat lebih murah.

Karena fungsi free ongkir tentunya tidak hanya menguntungkan bagi pembeli, tetapi juga menguntungkan bagi Anda karena mendatangkan banyak pembeli atau pelanggan ke daerah sekitarnya. Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur pengiriman gratis adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee dan pilih menu Xtra Free Shipping.
  2. Silakan pilih menu All Free Shipping dan scroll ke bawah untuk menemukan menu Daftar Sekarang
  3. Silakan ikuti langkah-langkah pendaftaran dengan memasukkan nama dan nomor ID Anda, mengunggah foto ID Anda, mengunggah selfie dengan ID Anda dan centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan shopee. Ketika langkah-langkah ini selesai, pilih menu “Kirim”.

2. Aktifkan label penjual Bintang Shopee

Label penjual bintang di toko Anda adalah solusi untuk menjaga toko Anda selalu ramai dan konsumen lebih percaya pada toko Anda. Namun, untuk mendapatkan label Penjual Bintang toko, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, termasuk:

  1. Dari diri sendiri berupa KTP dan pastikan sudah terverifikasi
  2. Toko Anda telah menerima peringkat setidaknya 4,5 bintang dari pembeli
  3. Hingga 100 pesanan terjual setiap bulan
  4. Setiap bulan, pembeli dilayani oleh setidaknya 25 konsumen yang berbeda
  5. Harus rajin menjawab live chat dari konsumen dengan response rate 100%
  6. Pastikan Anda tidak memiliki penalti dan penyimpangan dalam aktivitas bisnis Shopee Anda.

3. Berpartisipasi dalam program khusus

Salah satu program khusus yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan toko Shopee Anda adalah bergabung dengan Flash Sales. Meskipun tidak semua toko online dapat mengikuti program ini, Anda dapat melakukannya dengan menjual produk yang termasuk dalam Hot List.

4. Tingkatkan pengikut

Langkah lain untuk menambahkan pembeli ke toko Anda adalah dengan menumbuhkan pengikut Anda. Pemilik toko dapat memposting alamat toko Shopee di akun Instagram toko mereka, memungkinkan konsumen untuk secara tidak langsung membuka toko dan mengikuti toko Shopee.

5. Tingkatkan produk yang dijual

Cara termudah untuk memperluas toko Shopee Anda adalah dengan memperbanyak produk. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan dirinya secara langsung dan lebih percaya diri dengan produk yang Anda jual.

6. Pilih produk yang menarik banyak pembeli

Semakin banyak produk yang Anda jual, semakin baik. Namun pastikan Anda menjual barang yang sedang banyak diminati agar toko bisa menjual dengan baik. Juga, jangan lupa untuk melihat bagaimana Anda bisa berjualan di Shopee dengan memberikan diskon pada setiap produk yang dipasarkan.

7. Tetapkan harga yang kompetitif

Setiap orang perlu melihat harga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Saran kami, tetapkan harga agar tidak berbeda jauh dengan penjual lain. Jika memungkinkan, harganya akan lebih murah, namun tetap menguntungkan.

Kesimpulan Cara berjualan di Shopee

Sudah banyak orang sukses yang sudah berjualan di Shopee dengan mengikuti cara di atas. Sekarang giliran Anda untuk mencapai prestasi yang sama. Tapi jangan lupa untuk mencoba tips di atas untuk membantu Anda sukses berjualan di Shopee. Jadi jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan baca halaman FAQ di bawah ini.

Apakah ada biaya untuk membuat toko online di Shopee?

Tidak, membuat toko online di Shopee sepenuhnya gratis?

Apakah Anda harus membayar untuk penjualan di Shopee?

Jual barang di Shopee secara gratis, juga dikenal sebagai gratis

Mengapa Anda harus menjual barang di Shopee?

Ada banyak alasan. Namun yang terpenting adalah jumlah pengguna Shopee di Indonesia sangat banyak, sehingga potensi keuntungannya sangat besar

Apa Syarat Penjualan Shopee?

Tidak ada syarat khusus. Yang paling penting adalah Anda harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah membuat toko dan mengunggah barang yang ingin Anda jual.

Silahkan coba cara jualan di atas di Shopee. Berhasil tidaknya berjualan di Shopee tergantung Anda. Jangan menyerah jika produk tidak lagi tersedia. Yang terpenting adalah kamu sudah melakukan yang terbaik.

Cukup informasi pada kesempatan kali ini di viralorchard.com. Lihat juga artikel sebelumnya tentang “ Cara aktivasi Shopee Paylater

Baca Juga  Cara membangun saluran game Youtube berpenghasilan tinggi