5 Cara Aktivasi Kartu ATM BRI via Brimo dan BRI Mobile

5 Cara Aktivasi Kartu ATM BRI via Brimo dan BRI Mobile

Posted on

Cara aktivasi kartu ATM BRI – Cara mengaktifkan kartu ATM BRI nonaktif sangat mudah. Bank BRI menawarkan berbagai metode untuk mengaktifkan kartu ATM yang dinonaktifkan. Untuk mengetahui caranya, silahkan baca informasi di bawah ini.

Kartu ATM yang dinonaktifkan menjadi salah satu kendala dalam bertransaksi di ATM BRI. Dalam hal ini, kartu debit tidak dapat digunakan untuk transaksi, baik itu cek saldo, transfer, mutasi atau transaksi lainnya.

Cara aktivasi kartu ATM BRI

Masalah ini hanya bisa diatasi dengan mengaktifkan kartu ATM BRI. Tapi sebelum Anda memecahkan masalah ini, silakan baca dulu”Penyebab Kartu ATM BRI Rusak“, yang kami sebutkan di artikel sebelumnya.

Ada berbagai alasan mengapa kartu ATM dinonaktifkan. Namun pada intinya bertujuan untuk menjamin keamanan nasabah saat bertransaksi di ATM.

Bank BRI membatasi diri hanya memblokir kartu ATM. Hasilnya, nasabah dapat terus bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui layanan perbankan lainnya seperti mobile banking, internet banking dan SMS banking.

Meski masih bisa digunakan untuk transaksi, ada baiknya segera aktivasi kartu ATM yang dinonaktifkan. Ada beberapa cara aktivasi kartu ATM BRI yang bisa Anda coba. Caranya, lihat di bawah.

Cara aktivasi kartu ATM BRI

Kini nasabah Bank BRI dapat melakukan aktivasi kartu ATM tanpa harus ke bank. Caranya adalah dengan menggunakan layanan mobile banking dan internet banking yang tersedia di aplikasi BRI Mobile dan BRImo BRI. Selain itu, nasabah juga dapat mencoba melakukan aktivasi kartu ATM BRI melalui call center dan cabang terdekat.

Nah, Bank BRI menawarkan beberapa cara untuk mengatasi masalah kartu ATM yang rusak. Untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini secara detail, silakan baca informasinya viralocard.com Pengikut.

1. Perbankan seluler

Aktivasi kartu ATM BRI melalui BRI Mobile merupakan cara yang paling efektif, nasabah cukup melakukannya melalui aplikasi BRI Mobile yang terinstal di smartphone. Jadi, untuk mengatasi penonaktifan kartu ATM BRI cukup dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu luang Anda.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Tolong buka Aplikasi BRI Mobile diinstal pada smartphone
  2. Setelah masuk ke tampilan utama aplikasi BRI Mobile silahkan pilih “BRI Mobile BankingBRI Mobile Banking
  3. Kemudian pilih menunya”Pelayanan pelanggan
  4. Selanjutnya silahkan pilih menu “Aktifkan kartu ATMAktivasi Kartu ATM BRI
  5. Silakan masukkan langkah selanjutnya PIN Perbankan Seluler Dia. Setelah memasukkan PIN, lanjutkan dengan mengetik “Kirim
  6. Selain itu terdapat notifikasi berupa “BRI Mobile Banking akan memproses transaksi melalui SMS. Anda yakin ingin melanjutkan transaksi?” dan jika sudah yakin maka pilih menu “Oke
  7. Selanjutnya, Anda akan masuk ke menu SMS dan format akan ditampilkan secara otomatis kartu bantuan SMS. Silakan kirim SMS menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di BRI Mobile Banking.
  8. Kemudian muncul peringatan bahwa pengiriman pesan ke 3300 dikenakan biaya. silahkan klik Oke

Setelah berhasil mengirim SMS ke nomor 3300, kartu yang dinonaktifkan akan diaktifkan kembali. Jangan lupa untuk mengganti PIN ATM sebelum bertransaksi di ATM. Caranya, silahkan simak informasi berikut ini”Cara Ganti PIN ATM BRI“.

2. Internet Banking BRI

Selain mobile banking, Anda juga dapat melakukan aktivasi kartu ATM BRI nonaktif melalui layanan BRI Internet Banking. Layanan perbankan ini dapat diakses melalui website ib.bri.co.id/ib-bri dan melalui aplikasi BRI Mobile.

Bagi yang belum mengaktifkan internet banking silahkan baca informasi sebelumnya di bawah “Cara Daftar BRI Internet BankingSetelah layanan aktif, Anda dapat mencoba mengaktifkan kartu ATM BRI dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi BRI Mobile, lalu pilih Menu internet banking BRICara mengaktifkan penonaktifan kartu ATM BRI melalui internet banking
  2. Selanjutnya, masuk identifikasi pengguna dan kata sandi perbankan internetlalu klik Registrasi
  3. Setelah berhasil login, pilih Menu MelayaniCara mengaktifkan penonaktifan kartu ATM BRI melalui internet banking
  4. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Aktifkan nonaktifkan petaNonaktifkan kartu ATM BRI
  5. Kemudian informasi nomor rekening akan ditampilkan menonaktifkan. Silakan klik pada bagian iniAktifkan ATM BRI Nonaktifkan
  6. Selanjutnya, akan muncul jendela pop-up yang meminta Anda memasukkan kata sandi untuk mengaktifkan kartu debit. Silakan masukkan kata sandi internet banking dan kemudian klik Oke
  7. Harap tunggu, maka akan muncul pesan bahwa aktivasi kartu debit berhasil.

3. Brimo

Cara aktivasi kartu ATM BRI nonaktif selanjutnya adalah melalui aplikasi BRImo. Namun cara ini hanya dapat digunakan untuk nasabah yang telah mengaktifkan fitur layanan BRImo. Langkah seperti BRI Mobile ini sangat efektif karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja tanpa harus menunggu jam kantor.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Tolong buka aplikasi BRImo diinstal pada ponsel cerdas Anda
  2. Silahkan login ke akun BRImo Anda dengan memasukkan username dan password Anda. Jika sudah, maka pilih menu “Registrasi
  3. Anda akan disuguhkan beberapa menu transaksi BRImo dan untuk menangani kartu ATM yang dinonaktifkan pilih “AkunCara Memperbaiki Kartu ATM BRI yang Rusak Melalui Brimo
  4. Selanjutnya silahkan pilih menu pilihan (tiga titik) ada di pojok kanan atasMenangani kartu ATM BRI yang tidak aktif
  5. Pada langkah selanjutnya silahkan pilih menu “nonaktifkan kartuCara mengaktifkan penonaktifan kartu ATM BRI
  6. Selanjutnya silahkan klik menu sakelar sakelar Aktifkan kartu ATMCara aktivasi kartu ATM BRI nonaktif
  7. Pada akhirnya ada pernyataan “Kartu berhasil diaktifkan‘ dan lanjutkan dengan memilih menu ‘Oke
  8. Kartu ATM telah diaktifkan kembali dan Anda dapat bertransaksi di lokasi ATM BRI terdekat.

Bagi nasabah yang belum mengaktifkan Mobile Banking dan Internet Banking, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mencoba aktivasi kartu ATM BRI tanpa harus ke bank. Caranya, lihat di bawah.

4. Pusat Panggilan

Cara menukarkan kartu Bri-ATM yang dinonaktifkan melalui ponsel

Cara menukarkan kartu Bri-ATM yang dinonaktifkan melalui ponsel

Masih ada cara untuk menangani kartu ATM BRI lainnya yang tidak aktif yaitu dengan menghubungi call center BRI di nomor 14017. Silakan hubungi nomor tersebut dan ikuti instruksi dari perwakilan layanan pelanggan BRI.

Perwakilan layanan pelanggan akan menanyakan nomor rekening dan identitas lengkap pemilik rekening. Jika semua data yang diberikan valid, petugas akan membantu mengaktifkan kartu disabilitas.

Jika ternyata KTP disabilitas tidak bisa diaktifkan melalui call center, mau tidak mau Anda harus mendatangi cabang terdekat dengan membawa persyaratan KTP, buku rekening dan kartu ATM.

5. Cabang

Cara memperbaiki kartu ATM BRI yang rusak

Tempat terakhir untuk proses penonaktifan kartu ATM BRI adalah di cabang bank BRI terdekat. Cara ini dapat digunakan bagi nasabah yang belum mengaktifkan fungsi layanan Mobile Banking atau BRImo.

Mengatasi kartu ATM yang dinonaktifkan mudah dilakukan dengan cara ini, karena customer service akan membantu pelanggan nantinya. Namun dalam pengaktifan kartu ATM BRI, nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas berupa KTP.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silakan kunjungi cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan di atas
  2. Harap membawa nomor antrian ke layanan pelanggan
  3. Harap tunggu sementara nomor antrian Anda dipanggil
  4. Setelah nomor antrian dipanggil, silahkan menuju ke customer service dan beritahu kami tujuan anda yaitu mengatasi kartu ATM yang dinonaktifkan
  5. Customer service akan menanyakan kapan terakhir kali Anda melakukan transaksi, dimana pelanggan terakhir melakukan transaksi
  6. Mohon tunjukkan syarat-syarat seperti buku tabungan, kartu ATM dan KTP kepada pengelola rekening
  7. Perwakilan layanan pelanggan akan menanyakan siapa ibu kandung Anda
  8. Selanjutnya, customer service akan memproses kunci kartu dengan mengaktifkannya kembali
  9. Aktivasi kartu berhasil dan Anda dapat melakukan transaksi di ATM kembali.

Kesimpulan

Seluruh nasabah Bank BRI dapat mengalami kerusakan kartu ATM BRI. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena kredit di rekening tetap aman. Lagi pula, berurusan dengan kartu ATM yang dinonaktifkan sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba mengaktifkan kartu ATM BRI yang disebutkan di atas.

Setelah kartu ATM berhasil diaktifkan, jangan lupa untuk mengganti PIN sebelum melakukan transaksi. Hal ini sangat penting agar kartu ATM tidak dinonaktifkan lagi. Jadi jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang aktivasi kartu ATM BRI, silakan baca halaman FAQ di bawah ini.

Apakah saya bisa melakukan aktivasi kartu ATM BRI dari ponsel saya?

Ya, bisa menggunakan aplikasi Bri Mobile dan Brimo.

Apa saja syarat aktivasi kartu di cabang?

Syarat yang dibutuhkan hanya kartu debit, rekening tabungan dan KTP

Apakah ada biaya untuk kartu ATM yang dinonaktifkan?

Mengaktifkan kartu debit sepenuhnya gratis. Namun, jika Anda mengaktifkan penggunaan layanan mobile banking di aplikasi BRI Mobile, akan dikenakan biaya SMS banking.

Apa yang terjadi jika kartu ATM tidak diaktifkan?

Yang terjadi adalah karena tidak bisa digunakan untuk transaksi ATM. Namun nasabah tetap dapat melakukan transaksi melalui Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking

Apakah saya dapat melakukan aktivasi kartu ATM BRI yang tidak aktif melalui call center BRI?

Sesuai dengan informasi yang kami terima, Anda dapat menghubungi call center BRI di nomor 14017

Cukup sekian informasi aktivasi kartu ATM BRI untuk masalah ATM tidak aktif. semoga informasinya diariparlem.com Hal di atas bermanfaat dan dapat menjadi acuan bagi seluruh nasabah Bank BRI di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Cara Cek Redmi 2 Prime Tail dan Mengetahui Device ID