Apa itu lampu PON merah?

5 Cara Mengatasi PON Merah/Berkedip Pada Modem IndiHome

Posted on

Pada modem IndiHome terdapat lampu indikator. Salah satu lampu indikator IndiHome yang akan kita bahas disini adalah PON.

Biasanya ada 2 jenis lampu indikator PON yaitu amber (atau hijau) dan merah. Jika berwarna kuning/hijau, itu tandanya koneksi modem Anda berjalan lancar. Di sisi lain, jika berwarna merah, berlaku sebaliknya.

Tentunya bagi anda yang baru menggunakan modem IndiHome pasti akan bingung dengan fungsi dari PON ini. Demikian kami jelaskan pengertian modem PON warna merah dan cara mengatasinya.

Apa itu lampu PON?

PON (Passive Optical Network) adalah indikator yang digunakan untuk memonitor koneksi server dan modem.

Jika indikator PON berwarna kuning atau hijau, berarti koneksi modem tidak bermasalah dan masih bisa terhubung ke server.

Sebaliknya, jika lampu indikator berwarna merah, itu berarti server dan modem Anda tidak terhubung dengan benar (pertanda bahwa internet sedang down).

Masalah ini juga terjadi ketika lampu indikator PON di modem Anda berwarna hijau/kuning tetapi berkedip.

Penyebab lampu PON berkedip

Lampu PON merah atau hijau yang berkedip-kedip umumnya disebabkan oleh masalah pada modem atau kabel, seperti:

  • Kabel optik modem putus atau rusak. Misalnya tertarik, terlipat, patah dan sebagainya.
  • Kabel optik modem tidak tersambung dengan benar. Apalagi jika Anda pernah melepaskannya.
  • Ada gangguan pada saluran WiFi, apakah itu gangguan dari saluran lokal Anda sendiri atau gangguan massal.
Baca Juga  3 cara untuk membuat dan mengompres file atau folder Jadi RAR

Untuk memeriksa Anda dapat melakukannya Tes kecepatan IndiHome. Jika tidak merespon, kemungkinan internet yang Anda gunakan sedang down.

Cara Mengatasi IndiHome PON Flashing Merah

Cara memperbaiki LED modem PON berwarna merah atau berkedip tergantung penyebabnya. Anda cukup mengikuti solusi di bawah ini:

Cara mengatasi PON merah IndiHome

1. Matikan dan hidupkan kembali modem

Pertama, Anda dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kembali modem. Atau lakukan istilah lain mulai lagi Modem.

Caranya, silahkan matikan modem dan biarkan beberapa saat (sekitar 2 sampai 5 menit). Anda juga dapat mencabut kabel daya modem. Setelah itu, coba restart modem Anda.

Modem biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 detik hingga koneksi benar-benar aktif. Nah nanti bisa cek PONnya masih merah/flashing atau normal.

Baca juga: Cara me-restart modem IndiHome dengan benar

2. Lepaskan kabel modem optik

Cabut kabel modem optik

PON merah atau berkedip dapat disebabkan oleh masalah dengan kabel optik atau pemasangan yang tidak tepat.

Kabel optik ini terhubung dari modem ke pusat jaringan IndiHome. Mungkin kabel ini tidak sengaja tertekuk, terpelintir, atau Anda melepasnya, tetapi pemasangan ulang salah.

Tentu saja, untuk memperbaikinya, Anda perlu memeriksa kabelnya. Pastikan kabel dalam kondisi baik dan pemasangan sudah benar.

3. Tunggu beberapa saat

Tunggu beberapa saat hingga modem normal

Gangguan IndiHome terkadang dapat terjadi. Interferensi ini terbagi menjadi 2 yaitu interferensi internal dan interferensi massa.

Ada beberapa ciri modem IndiHome yang rusak. Misalnya ping tinggi / kehilangan paket (Tapi koneksi masih berjalan), modem IndiHome LOS Merah (koneksi mati) sampai modem PON berwarna merah atau berkedip.

Nah, terkadang gangguan ini tidak selalu berlangsung lama. Biasanya, gangguan ini dapat kembali normal seiring waktu. Jadi Anda bisa mencoba menunggu.

4. Setel ulang modem

Lakukan reset modem

Masalah pada modem IndiHome dapat terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Error ini umumnya berasal dari sistem (bukan komponen kecuali modem sering terkena pemadaman listrik mendadak atau sambaran petir).

Salah satu masalah yang dikaitkan dengan kesalahan modem adalah LOS merah. Untuk melakukan ini, Anda juga perlu memperbaiki modem di sini. Salah satunya dengan mereset modem.

Menyetel ulang modem IndiHome sendiri berbeda. Hal ini tergantung dari jenis modem IndiHome yang digunakan.

Namun secara umum, Anda hanya perlu menekan tombol reset, yang biasanya terletak di samping atau belakang modem. Atau bisa juga melalui halaman admin IndiHome.

5. Hubungi teknisi IndiHome

Hubungi teknisi IndiHome

Jika Anda sudah mencoba semua kemungkinan tetapi tetap tidak bisa, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah cukup menghubungi teknisi IndiHome.

Apalagi jika sesar PON merah/berkedip itu terjadi dalam waktu yang lama dan bukan merupakan bagian dari sesar masal (hanya di daerahnya sendiri).

Untuk menghubungi teknisi IndiHome, Anda cukup menghubungi 147. Kemudian jelaskan masalah yang Anda alami kepada operator.

Nantinya Anda akan dimintai Customer ID dan diminta menunggu teknisi IndiHome datang. Tergantung antrian, jika cepat, teknisi IndiHome akan segera mendatangi Anda dalam beberapa jam dan memperbaiki masalahnya.


Ringkasnya, kedipan lampu modem PON merah, kuning, atau hijau adalah masalah di mana modem tidak dapat terhubung dengan benar ke server IndiHome.

Biasanya ketika masalah ini terjadi, Anda akan menemukan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan tidak dapat terhubung dengan baik.

Demikian pembahasan modem PON merah dari kami. Jika Anda ingin menanyakan sesuatu, Anda dapat mengirimkannya langsung di kolom komentar di bawah.