7 Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Tetap Hidup

7 Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Tetap Hidup

Posted on

Jika Anda ingin menggunakan laptop, Anda harus menyalakannya terlebih dahulu. Setelah itu, proses booting segera dimulai dan laptop menampilkan sistem operasi Windows.

Namun terkadang cukup banyak orang yang mengalami laptop tidak bisa booting. Salah satunya tidak bisa mengakses Windows tapi malah terus masuk ke BIOS.

Masalah ini pernah kita alami sendiri. Di bawah ini kita akan membahas cara mengatasinya.

Penyebab laptop terus masuk ke BIOS

Sebelum menjelaskan cara mengatasinya, mari kita bahas dulu faktor penyebab laptop terus masuk ke BIOS.

Masalah ini bisa muncul di semua merek laptop seperti Asus, Acer, Lenovo, Axio dan lainnya.

Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Penyimpanan laptop seperti hard drive atau SSD bermasalah atau rusak
  • Ada masalah dengan keyboard, mis. B. tombol ditekan
  • Sistem operasi yang diinstal pada laptop berisi data yang rusak
  • Ada kesalahan konfigurasi BIOS

Cara mengatasi laptop saat masuk BIOS akan bersambung

Berikut cara mengatasi laptop yang terus masuk ke BIOS. Mohon mengikuti:

Cara mengatasi laptop saat masuk BIOS akan bersambung

1. Matikan dan keluarkan baterai laptop

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah matikan laptop dan cabut baterainya terlebih dahulu. Kemudian diamkan sebentar lalu pasang kembali.

Biasanya, cara ini cukup ampuh untuk menyelesaikan beberapa masalah laptop, salah satunya terus menyerang BIOS.

Baca Juga  Cara mengaktifkan mode malam (mode gelap) Chrome PC & HP

Pada umumnya baterai laptop terletak di bagian belakang. Dan ada stiker instruksi. Silakan ikuti saja petunjuknya.

2. Atur ulang pengaturan BIOS ke default

BIOS memiliki banyak fungsi dan pengaturan. Adapun Aktifkan virtualisasimengatur boot untuk mengatur kecepatan komponen dan lain-lain.

Nah, konfigurasi BIOS yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop terus masuk ke BIOS seperti yang disebutkan di atas.

Konversinya agak rumit. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur ulang pengaturan BIOS laptop Anda ke default. Nantinya, setiap masalah yang terkait dengan BIOS akan segera diperbaiki.

Dari segi metode, cukup sederhana, pastikan Anda sudah login BIOS. Kemudian tekan tombol F9 untuk mereset BIOS ke pengaturan default. Kemudian cobalah sepatu bot laptopnya seperti biasa.

PS: Untuk laptop Lenovo, Anda dapat memeriksa Cara masuk ke BIOS laptop Lenovo.

3. Nonaktifkan Boot Aman

Secure Boot adalah salah satu pengaturan boot di Windows. Fungsi dari secure boot ini adalah untuk menjaga sistem keamanan pada sistem operasi.

Namun terkadang pengaturan ini dapat menimbulkan masalah yang pada akhirnya mengakibatkan laptop tidak bisa masuk ke sistem operasi.

Karena itu, Anda dapat mencoba menonaktifkan Boot Aman melalui BIOS terlebih dahulu. Cara membuka tab keamanan di BIOS dan klik Menonaktifkan di fungsi Boot Aman.

4. Ubah mode boot ke Legacy

Secara umum, laptop memiliki dua mode boot, yaitu: UEFI dan warisan. Jika Anda mengalami masalah dalam menggunakan UEFI, Anda dapat mencoba mengubah mode boot ke Legacy.

Caranya pastikan laptop kamu sudah masuk ke BIOS dan pilih tab Boot. Di menu Boot Mode, Anda dapat mengklik dan beralih ke Legacy.

Kemudian silahkan restart laptop anda. Biasanya masalah ini terjadi karena jenis partisi tidak cocok.

5. Periksa tombol keyboard

Tombol keyboard yang ditekan dapat menyebabkan laptop Anda masuk ke BIOS secara terus menerus. Apalagi jika tombol error tersebut merupakan jalan pintas untuk masuk ke BIOS, mis. B. F1, F2 atau lainnya.

Jadi, untuk mengetahui apakah keyboard Anda bermasalah atau tidak, Anda bisa menonaktifkannya terlebih dahulu. Kemudian coba nyalakan laptop tanpa keyboard aktif.

Jika keadaan keyboard tidak aktif dan laptop Anda berhasil masuk ke Windows, ini tandanya ada masalah dengan keyboard. Disarankan untuk segera menggantinya.

6. Pastikan disk terbaca di BIOS

Selain keyboard, perawatan juga harus diperhatikan untuk memastikan perangkat penyimpanan seperti harddisk atau SSD tidak bermasalah pada laptop.

Umumnya jika ada masalah, akan muncul pesan “No Boot Device”. Jadi, Anda perlu mengganti memori dengan yang baru.

7. Ubah sistem operasi

Jika Anda telah mencoba semua metode tetapi tidak berhasil, mungkin karena sistem operasinya rusak.

Dalam hal ini, Anda perlu mengubah atau menginstal ulang sistem operasi. Setelah instalasi ulang, masalah saat masuk ke BIOS biasanya tidak lagi terjadi.

Tapi cara ini berlaku saat sistem operasinya corrupt ya. Misalkan ternyata komponen yang rusak seperti keyboard, harddisk atau bahkan BIOS juga tidak bekerja dengan cara ini.


Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang terus masuk ke BIOS yang kami rekomendasikan. Silakan ikuti cara termudah terlebih dahulu dan ambil sedikit risiko.

Jika Anda ingin menanyakan sesuatu, Anda dapat mengirimkan pertanyaan langsung di kolom komentar.