Cabut baterai HP

7 Cara Mengatasi Layar HP dengan Goresan Putih/Hitam

Posted on

Layar HP adalah komponen yang sangat sensitif. Karena jika terjadi sesuatu seperti terbentur, terjatuh atau hal lainnya dapat merusak layar.

Kerusakannya berbeda. Misalnya LCD rusak, mati, Layar HP tidak bisa disentuh sehingga garis juga dapat muncul di layar HP.

Lalu bagaimana cara mengatasi layar HP belang? Nah jika anda penasaran, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi layar HP belang.

Penyebab Layar HP Bergaris

Umumnya ada beberapa jenis layar HP bergaris. Mulai dari garis vertikal, horizontal putih, hitam, dan bahkan beberapa garis berwarna muncul.

Namun secara umum semua penyebab dan cara mengatasinya adalah sama. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menyebabkan layar HP menjadi belang:

  • HP jatuh dari jarak yang cukup jauh
  • HP terkena atau terendam air
  • Ada cukup banyak tekanan pada layar HP
  • Sistem pada kesalahan HP
  • Masalah dengan konektor layar HP
  • Saya lupa menonaktifkan menu di layar bergaris di opsi pengembang

Cara mengatasi layar HP belang

Secara garis besar, masalah layar HP yang belang ini terkait dengan LCD. Oleh karena itu, banyak yang berpikir untuk mengganti LCD agar bisa memperbaikinya kembali.

Namun nyatanya masalah layar belang HP ini masih bisa diatasi tanpa mengganti LCD jika kerusakannya tidak terlalu parah. Jadi Anda bisa mencoba beberapa cara ini terlebih dahulu.

Baca Juga  Setting X8 Speeder Higgs Domino Versi Terbaru 2022 (Download)

Berikut beberapa cara mengatasi screen striping HP yang bisa Anda coba:

Cara mengatasi layar HP yang belang

Direkomendasikan untuk Cek LCD HP juga untuk mengetahui bahwa ada masalah lain selain garis di layar

1. Matikan dan keluarkan baterai HP

Cara pertama memungkinkan Anda untuk memastikan terlebih dahulu apakah masalahnya berasal dari sistem atau bahkan dari komponen HP. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan mematikan baterai HP dan mencabutnya.

Namun, cara ini hanya berlaku jika baterai Anda dapat dilepas. Jika baterai tidak dapat dilepas, baterai harus disetel ulang secara paksa.

Setelah baterai dilepas, diamkan beberapa saat. Kemudian pasang kembali dan nyalakan HP. Biasanya cara ini berhasil jika masalahnya berasal dari sistem HP.

2. Menggunakan aplikasi White Stripe

Anda juga bisa mengatasi layar belang dengan menggunakan aplikasi White Stripe. Aplikasi ini dapat mengaburkan garis-garis pada layar, sehingga terlihat normal kembali.

Cara memperbaiki layar ponsel bergaris menggunakan aplikasi White Stripe:

  1. Silahkan buka Google Playstore dan install aplikasinya garis putih.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi garis putih pada HP bergaris.
Instal aplikasi Garis Putih
  1. Lalu klik batang warnapilih warna garis yang ingin dibuat sesuai kebutuhan.
temukan warna garis
  1. Kemudian atur ukurannya di kolom ukuran batang.
  2. Juga tunjukkan lokasi garis yang ingin Anda instal dengan mengklik menu bar posisi. Nanti ada dua cara untuk meletakkan garis di bawah atau di atas.
Setel ukuran baris
  1. Garis default muncul untuk menutup layar HP bergaris.
Cek garis putih di HP
  1. Selesai.

3. Nonaktifkan opsi pengembang

Ada pengaturan pointer di opsi pengembang yang menyebabkan layar menampilkan garis-garis berwarna.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatur ulang pengaturan ini lagi. Tetapi untuk mempermudah, Anda dapat menonaktifkan opsi pengembang secara langsung.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat cara menonaktifkan opsi pengembang di sini:

  1. Membuka pengaturan Android.
Jalankan menu pengaturan
  1. Scroll kebawah sampai ketemu menunya Opsi Pengembang / Opsi Pengembang.
Buka opsi pengembang
  1. Geser opsi Opsi Pengembang ke kiri untuk menonaktifkannya.
Nonaktifkan opsi pengembang
  1. Selesai.

4. Periksa apakah alas layar longgar atau tidak

Kalau bisa bongkar hp coba cek kondisi colokan layar apakah kendor atau belum. Karena kalau misalnya handphone jatuh, soket ini bisa kendor.

Umumnya jika layar HP kendor bisa menyebabkan munculnya garis-garis dan terkadang meredup dengan sendirinya. Bahkan bisa lebih sering terjadi saat Anda menekan layar HP.

Untuk memperbaikinya, Anda harus terlebih dahulu membongkar dasar tampilan. Kemudian perbaiki dengan menambalnya seperti pada panduan video di atas.

5. Bersihkan dasar tampilan HP

Membersihkan komponen LCD HP

Dimungkinkan juga untuk membersihkan bushing layar. Karena biasanya dasar tampilan HP yang kotor dapat menimbulkan beberapa masalah.

Salah satu masalahnya adalah layar HP menjadi bergaris-garis. Anda dapat menggunakan kapas atau kapas untuk membersihkan dasar layar HP.

Setelah layar HP dibersihkan, silahkan install ulang. Jika ya, periksa apakah saluran masih ada di layar atau tidak di ponsel.

6. Tambahkan ke nasi (jika terkena air)

Rendam ponsel dalam beras jika sudah terkena air

Biasanya, saat ponsel terkena air, perangkat akan korsleting jika tidak segera dimatikan.

Tampilan juga akan mengalami masalah, seperti fungsi layar sentuh sehingga tidak berfungsi, Layar HP bergerak dengan sendirinya dan layar bergaris. Oleh karena itu, disarankan untuk segera mengeringkan ponsel untuk menghindari masalah ini.

Salah satu cara mengeringkannya adalah dengan memasukkan ponsel ke dalam beras dan menunggu 2 hingga 3 hari. Jika ya, silakan hidupkan kembali.

7. Ganti LCD

Ganti layar HP

Jika kamu sudah mencoba semua cara di atas, tapi layar HP masih berkerut, berarti damagenya lumayan tinggi.

Jadi Anda perlu mengganti LCD untuk memperbaikinya. Biaya penggantian LCD umumnya cukup mahal, mulai Rp 400.000 hingga jutaan tergantung HP.

Meskipun Anda dapat mengganti LCD sendiri, kami menyarankan Anda untuk mencoba memperbaikinya di pusat layanan terlebih dahulu. Sehingga permasalahan pada HP anda dapat tertangani dengan baik.


Itulah beberapa penyebab layar HP belang dan solusinya. Dengan cara ini Anda dapat menerapkannya untuk mengatasi layar bergaris vertikal, horizontal, atau berwarna.

Biasanya jika masalahnya tidak terlalu parah, beberapa cara yang diberikan di atas bisa mengatasi layar HP belang. Namun jika sudah rusak, ganti LCD sebagai upaya terakhir.

Kami memiliki bagian komentar jadi jangan ragu untuk bertanya kepada kami tentang masalah layar ponsel bergaris ini.