Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Berbagai Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) – Seperti yang saya janjikan di posting sebelumnya, bahwa saya akan melanjutkan diskusi teknologi informasi dan komunikasi, jika di posting sebelumnya kami telah mempelajari gagasan teknologi informasi dan komunikasi.

Artikel ini akan membahas peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi. Lalu apa saja peralatan yang termasuk dalam teknologi informasi dan komunikasi?

Di bawah ini adalah beberapa alat teknologi informasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Alat Teknologi Informasi Dan Komunikasi

 

alat teknologi informasi dan komunikasi
alat teknologi informasi dan komunikasi

1. Komputer

Komputer berasal dari bahasa Latin “computare” berarti menghitung. Pada zaman kuno komputer digunakan untuk menghitung dan merupakan alat yang cepat dan dapat menginput data dan kemudian diproses sehingga dapat menghasilkan output dalam bentuk informasi.

Karena komputer mampu menghasilkan informasi dari suatu pengolahan data. Seiring dengan perkembangannya, komputer digunakan sebagai alat yang mampu memanipulasi data yang dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan oleh manusia.

Komputer sebelumnya memiliki ukuran yang sangat besar dan membutuhkan daya yang sangat besar. Komputer ini disebut mainframe. Tetapi hari ini komputer telah dirancang untuk membantu dengan semua kegiatan seperti melakukan pekerjaan dan pekerjaan manusia.

Oleh karena itu, komputer sekarang memiliki ukuran tas (Laptop) dan hanya membutuhkan baterai untuk digunakan sebagai sumber energi. Dengan ukuran yang kecil, tentunya akan membuat penggunanya semakin dimanjakan oleh semakin baiknya alat teknologi.

Agar komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsi dan manfaatnya, komputer dilengkapi dengan komponen-komponen penting.

Komponen-komponen ini adalah perangkat keras komputer, perangkat lunak dan brainware (pengguna komputer). Komponen-komponen ini harus saling berhubungan sehingga mereka dapat membentuk keseluruhan yang membuat komputer bekerja secara optimal.

2. Radio
Peralatan teknologi informasi selanjutnya adalah Radio. Radio adalah sarana menerima informasi dalam bentuk suara atau sinyal menggunakan medium gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan bergerak melalui ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat lain. Saat ini banyak radio diproduksi dan dilengkapi dengan pemutar kaset / CD atau perekam suara.

Radio digunakan untuk digunakan sebagai alat komunikasi nirkabel dari kapal ke kapal dan kapal ke pantai. Manfaat radio dapat digunakan untuk komunikasi kapal, pesawat terbang, polisi, militer, bahkan astronot di luar angkasa.
Ada 3 (tiga) komponen yang terdapat dalam sistem pemancar radio yaitu sumber suara, pemancar dan antena.

Sumber suara menghasilkan suara yang akan dikirim bersama dengan sinyal radio.
Pemancar terdiri dari osilator dan modulator. Oscillator adalah rangkaian yang menghasilkan output yang amplitudonya berubah secara berkala seiring berjalannya waktu.

Osilator berfungsi untuk menghasilkan gelombang sinus yang merupakan sinyal pembawa. Sedangkan modulator berfungsi menstabilkan frekuensi dan amplitudo dari osilator.

Antena adalah alat untuk mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik, tergantung pada penggunaan dan penggunaan frekuensi, antena dapat memiliki berbagai bentuk, mulai dari kabel, dipole, atau yagi, dll.

Antena berfungsi untuk memancarkan gelombang radio. Antena menghasilkan gelombang elektromagnetik ke segala arah.

3. Televisi
TV adalah salah satu alat teknologi informasi yang paling diinginkan dari banyak kalangan. Hampir setiap rumah di dunia memiliki TV.

Mengapa televisi menjadi media informasi paling populer saat ini? Karena TV adalah sarana untuk menerima informasi dalam bentuk gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung (real time).

TV dapat menerima sinyal dari pemancar gelombang atau satelit atau dari kabel. Inilah yang membuat orang menikmati menonton TV, karena dengan televisi kita dapat menemukan informasi terbaru di dalam dan luar negeri.

Istilah televisi berasal dari kata “tele” yang berarti jauh dan “visi” yang berarti terlihat. Jadi, televisi berarti melihat dari kejauhan. Penemuan TV telah mengubah peradaban dunia.

Ini karena TV telah memberikan begitu banyak informasi kepada publik. Berbagai stasiun televisi saat ini tersedia dengan berbagai program siaran disajikan, menjadikan TV sebagai sumber semua informasi, berita dan hiburan.

4. Faksimili
Faksimili atau yang sering disebut mesin faks adalah alat untuk mengirim dan menerima informasi melalui telephoto dengan sistem reproduksi fotografi. Dengan mesin faks kami dapat mengirim salinan dari isi file atau data, baik menulis atau menggambar ke mesin faks lain melalui saluran telepon.

Istilah Faksimili berasal dari kata “facsimile” yang berarti menyalin persis aslinya. Mesin faks ini dibuat dengan tujuan menyalin dokumen yang akan dikirim ke orang lain, dengan memasukkan dokumen ke mesin kemudian dengan menekan nomor tujuan, dokumen akan secara otomatis mencapai tujuan dalam hitungan menit.

Saat ini mesin faks dirancang dengan berbagai fungsi. Selain fungsi pengiriman dokumen, mesin faks juga berfungsi untuk mesin fotokopi dan fitur telepon sebagai mesin penjawab telepon, ada juga mesin faks yang terhubung ke komputer.

5. Internet (Interkoneksi Jaringan)
Internet adalah jaringan komputer yang mengirim data satu sama lain menggunakan Internet Protocol (IP). Dengan menggunakan internet, informasi apa pun dapat disampaikan ke seluruh dunia melalui jaringan komputer.

Internet adalah salah satu produk komunikasi dan teknologi informasi tercanggih saat ini. Terbukti pengguna internet di dunia semakin meningkat. Internet dimulai dengan penciptaan teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960-an.

Sebelumnya, jaringan komputer digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir.

Setelah itu, pada tahun 1970 internet banyak digunakan oleh universitas di Amerika dan berkembang pesat hingga saat ini. Lebih lengkap tentang jaringan komputer dan sejarah internet, silakan baca di postingan “Pengertian Jaringan Komputer“.

 

Alat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Banyak Digunakan

Berikut ini adalah beberapa alat teknologi komunikasi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Telepon
Telepon adalah salah satu dari berbagai jenis peralatan telekomunikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima suara secara real time menggunakan jaringan telepon.

Penemu telepon itu Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Telepon adalah alat komunikasi yang sangat praktis, sehingga sangat tepat bagi telepon untuk berkembang sangat cepat. Saat ini, telepon juga dapat digunakan untuk mengirim SMS (Short Message Service).

2. Ponsel
Sejak 3 April 1973 telah memperkenalkan teknologi dengan nama ponsel atau ponsel atau ponsel.

Selain memiliki kemampuan untuk menelepon, ponsel juga dapat mengirim pesan teks (SMS) dan gambar (EMS / MMS) dan mengakses internet. HP terhubung ke jaringan telepon melalui gelombang radio. Jaringan ini terhubung ke satelit telekomunikasi.

Ada 2 (dua) teknologi Mobile yang umum digunakan saat ini, yaitu GSM dan CDMA. GSM adalah singkatan dari Global System for Mobile Communications. GSM bekerja dengan mengompresi suara yang masuk ke dalam format digital sehingga memiliki ukuran yang kecil. GSM menggunakan teknologi enkripsi (pengkodean) sebelum suara dikirim.

CDMA adalah singkatan dari Code Division Multiple Access. CDMA bekerja dengan memecah data suara yang masuk ke dalam paket-paket kecil dan memasuki saluran frekuensi terpisah. Paket data dikirim setelah kode unik ditambahkan dan hanya dapat diterima oleh penerima yang memiliki data yang sama.

Fungsi HP tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga telah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren dan prestise. Teknologi komunikasi HP ini sedang berkembang.

Ukuran dan bentuk ponsel semakin beragam dan menarik. Banyak fitur yang ditawarkan di ponsel seperti kamera digital, radio FM, pemutar Mp3, video, dan berbagai game online yang menarik.

3. Modem (Modulasi Demodulasi)
Modem singkatan Modulator Demodulator, modem termasuk perangkat keras yang diinstal pada komputer dan berfungsi untuk mengubah sinyal komputer digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya, sinyal analog menjadi sinyal digital, sehingga memungkinkan untuk digunakan untuk mengakses internet.

Masih banyak perangkat perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Saya telah menulis penjelasan lengkap dalam posting berjudul “Hardware untuk Mengakses Internet”, dalam posting itu saya juga membahas cara memasang modem di laptop dan jenis modem lainnya.

4. Satelit
Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang ditempatkan di ruang angkasa dengan tujuan telekomunikasi telepon dan ponsel. Sementara televisi satelit menerima sinyal dari stasiun televisi, maka sinyal ditransmisikan kembali ke bumi dalam jangkauan yang luas. Sinyal ini diterima dan diubah oleh televisi menjadi gambar dan suara.

5. Telegraph
Telegraph adalah mesin / alat yang menggunakan teknologi telegraf untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Sistem komunikasi ini menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

Sinyal yang dikirim oleh telegraf adalah kode sederhana yang disebut kode Morse, sesuai dengan nama penemunya, Samuel F.B. Morse. Sementara pesan yang dikirim oleh telegraf disebut telegram.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel