ThelastSurvivors

Apa itu watermark? Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya

Posted on

Tanda air biasanya diperlukan untuk ini ‘Kondisi’ bahwa suatu karya adalah milik pencipta. Sehingga tidak akan ada orang atau pihak lain yang mengklaim bahwa karya tersebut adalah miliknya.

Ya, tanda air bisa dikatakan ‘Larutan’ agar karyamu tidak dicuri oleh orang lain. Bayangkan Anda berusaha keras untuk mengambil foto/gambar atau video yang bagus (misalnya) tetapi akhirnya diklaim oleh orang lain. Sungguh menyakitkan bukan!

Nah, ternyata banyak yang sudah tahu apa itu watermark. Meskipun demikian, informasi detail tentang watermark seperti fungsi, jenis dan manfaat penggunaannya masih belum dipahami oleh banyak orang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara gamblang apa itu watermark dan apa saja yang terkait dengannya.

  1. definisi tanda air
  2. fungsi tanda air
  3. jenis tanda air
  4. Contoh penerapan tanda air
  5. Manfaat Menggunakan Tanda Air

definisi tanda air

Watermark adalah logo, teks, atau ikon yang disematkan pada sebuah karya dalam bentuk gambar, foto, atau video. Ya, tidak hanya foto dan gambar, tetapi juga video YouTuber terkenal sekarang biasanya dilengkapi dengan tanda air.

Penempatan watermark umumnya diletakkan di dekat sudut suatu karya. Namun, ada juga yang ditempatkan di tengah, bahkan dalam ukuran besar.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Tetap Hidup

Misalnya, foto yang dijual di situs web tertentu (misalnya Shutterstock, Shopify, dan lainnya). Dengan penempatan tanda air yang besar, Anda tidak akan dapat mengunduh foto secara gratis kecuali Anda telah melakukan pembelian sebelumnya.

Selain itu, watermark biasanya didesain transparan. Hal ini agar setiap orang dapat melihat dengan baik karya yang ada tanpa adanya gangguan visual dari watermark itu sendiri.Jadi jika Anda ingin membuat watermark karya Anda sendiri, usahakan transparan!

Apa fungsi dari watermark?

fungsi tanda air

Secara garis besar watermark memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai alat promosi, pengenal hak cipta dan identitas karya. Berikut kami jelaskan lebih detail:

1. Media Periklanan

Watermark dapat digunakan sebagai alat promosi untuk toko dan perusahaan. Ya, tidak sedikit pedagang atau perusahaan yang saat ini menambahkan watermark berupa logo perusahaan pada karyanya. Jenis watermark ini memungkinkan publik untuk segera mengenali agensi tersebut.

Selain itu, terkadang perusahaan juga menyematkan watermark tertulis yang berisi informasi tentang alamat pabrik dan nomor telepon. Tanda air tertulis seperti itu berguna bagi masyarakat untuk dengan mudah menghubungi perusahaan dan sekaligus mengetahui keberadaannya.

2. Label hak cipta

Seperti dijelaskan di atas, tanda air diperlukan ‘Kondisi’ bahwa suatu karya adalah milik Anda (misalnya). Ini dikenal sebagai menandai hak cipta karya.

Ini melindungi karya Anda dari pembajakan atau klaim oleh orang atau pihak lain. Tentu saja, tidak ada orang yang ingin mengalami tindakan yang dapat membahayakan.

3. Sebagai identitas

Watermark juga bisa menjadi identitas sebuah karya. Sehingga orang lain yang melihatnya dapat dengan mudah mengidentifikasi siapa pemilik karya tersebut.

Sebagai contoh, banyak media berita di Indonesia yang menyematkan watermark di sudut foto. Sebagai thelastsurvivors.org yang menyematkan tanda air teks ‘Penyintas Terakhir’ di pojok kanan bawah foto.

Baca Juga  Kulit Ikon Api Gratis [FF] dan cara mendapatkannya

Hal yang sama juga dilakukan oleh cnnindonesia.com yang mencantumkan watermark berupa logo di pojok kanan bawah foto.

Baca juga: Aplikasi untuk membuat tanda air

Jenis Tanda Air

jenis tanda air

Watermark umumnya terdiri dari tiga jenis, yaitu logo, teks dan simbol. Berikut kami jelaskan lebih detail:

Banyak perusahaan menggunakan logo mereka sebagai tanda air yang disematkan dalam karya yang mereka buat. Hal ini menjadi identitas bagi perusahaan itu sendiri, sehingga memudahkan untuk melihat apakah pekerjaan itu dilakukan oleh mereka dan bukan milik orang/pihak lain.

2. Menulis

Kita juga sering menemukan watermark berupa tulisan di berbagai karya. Biasanya watermark tersebut berbentuk font yang mencantumkan nama akun media sosial, nama toko, dan lain-lain. Oh ya, media online Thelastsurvivors.org, seperti yang disebutkan di atas, juga mengandalkan tanda air tertulis Kamu tahu.

3. ikon

Jenis tanda air berikutnya adalah ikon. Biasanya watermark ini disertakan dalam video youtube dari youtuber ternama.

Selain itu, apa pun jenis tanda air yang Anda gunakan, Anda harus memastikan bahwa tanda air tersebut memiliki ukuran dan tampilan yang benar. Dengan kata lain, adanya watermark tidak terlalu mengganggu yang melihat karya tersebut.

Baca juga: Perbedaan antara JPG dan JPEG

Contoh penerapan tanda air

Contoh penerapan tanda air

Dalam beberapa karya, seperti gambar situs web, video TikTok, dan Microsoft Word, Anda akan menemukan penerapan tanda air lebih umum. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tanda air pada gambar situs web

Anda pasti pernah melihat gambar atau foto di sebuah website yang memiliki font/logo/ikon di sudutnya bukan? Nah, itulah contoh penerapan watermark pada sebuah gambar atau foto di sebuah website.

Bahkan, saat ini banyak website yang menyematkan watermark pada gambar agar tidak dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga  Cara keren untuk memindai kode batang WiFi untuk membagikan kata sandi

Selain itu, adanya tanda air juga merupakan tandanya Hak Cipta © atau hak cipta dari pemilik website atau pihak yang memberikan watermark.

2. Tanda Air pada Video TikTok

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama TikTok bukan? Ya, TikTok adalah aplikasi untuk membuat dan membagikan video pendek. Selain itu, Anda juga dapat menonton video pendek yang dibuat oleh orang lain dari aplikasi.

Nah, satu hal yang membuat TikTok unik adalah video tersebut dilengkapi dengan tanda air saat Anda mengunduhnya. Mungkin menyebalkan, tapi ada juga pengguna TikTok yang merasa biasa saja dengan adanya watermark.

3. Tanda Air di Microsoft Word

Tanda air lebih umum di foto, gambar, dan video. Namun, perhatikan bahwa tanda air juga dapat diterapkan ke dokumen Microsoft Word. Microsoft Word sendiri juga memberikan kemudahan untuk membuat watermark bagi pengguna yang membutuhkannya.

Berikut langkah-langkahnya: Buka dokumen yang ingin disematkan watermark > klik Design > pilih Watermark > pilih Custom Watermark > pilih watermark yang diinginkan (tersedia dalam bentuk gambar dan teks) > load/create watermark > klik OK jika sudah selesai .

Baca juga: Unduh koleksi font Picsay Pro

Manfaat menggunakan tanda air pada sebuah karya

Sekarang setelah Anda memahami apa itu tanda air dan apa fitur, jenis, dan kasus penggunaannya, Anda sekarang harus memahami manfaatnya juga. Penggunaan tanda air pada suatu karya setidaknya memiliki lima manfaat, antara lain sebagai berikut:

  1. Pekerjaan Anda akan lebih mudah dikenali oleh orang lain.
  2. Karya Anda tidak dapat dibajak, diklaim dan diterbitkan oleh orang lain.
  3. Branding bisnis agar lebih dikenal calon customer/pelanggan.
  4. Pamerkan karya Anda sendiri di berbagai platform media sosial dan platform lainnya.
  5. Mungkin menggunakan tanda air menciptakan rasa bangga pada diri sendiri.

Itulah pembahasan tentang apa itu watermark. Singkatnya, menyematkan tanda air dalam sebuah karya adalah hal yang baik, tetapi tidak mengurangi penampilan karya tersebut.