perangkat keras komputer
bagian-bagian komputer

Mengenal Bagian-bagian Komputer

Posted on

 

Bagian-bagian komputer – Saat ini nyaris seluruh hal kehidupan melibatkan Komputer. Mengerjakan tugas, menyelesaikan Tugas, menikmati hiburan, internet  multimedia, main-main game, serta berinternet dan kegiatan Yang lain. Tapi apakah anda mengenal  apa saja komponen tersebut  beserta fungsinya maka bisa melakukan pekerjaannya dengan baik?

Beberapa orang yang mengerti komputer  rata ratasudah mengetahuinya,  namun bagi kebanyakan orang, hal itu tetap jadi sesuatu yang asing  bagi mereka.

Untuk itu di artikel ini Saya akan  menjelaskan bagian-bagian komputer beserta fungsinya, dengan harapan pengguna awam yang penasaran bisa mengerti apa saja komponen PC yang mereka gunakan tiap-tiap hari.

Jenis-jenis Komputer

Menurut Ukuran  jenis komputer dibedakan menjadi

  • Super Komputer

Komputer ini adalah komputer paling kuat. Aplikasi yang digunakan biasanya cenderung pada penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki banyak prosesor yang dapat digunakan untuk menjalankan tugasnya. Superkomputer biasanya ditandai dengan konstruksi biasa menggunakan desain inovatif yang memungkinkan mereka melakukan banyak tugas secara paralel, serta detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya berspesialisasi dalam kalkulasi tertentu, biasanya kalkulasi numerik, dan tidak mendapatkan hasil yang baik pada tugas-tugas umum.

Superkomputer digunakan untuk tugas komputasi intensif seperti ramalan cuaca, penelitian iklim (termasuk penelitian pemanasan global, pemodelan molekuler, simulasi fisik seperti simulasi pesawat di terowongan angin, simulasi ledakan senjata nuklir dan penelitian fusi nuklir), dll., Dan sains lembaga adalah salah satu pengguna utama superkomputer.

  • Mainframe

Pada tahap awal komputerisasi, mainframe adalah satu-satunya komputer yang ada saat itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan
Namun, minikomputer lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya ditujukan untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar yang membutuhkan pengolahan yang cukup luas.

  • Komputer mini

Mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk meningkatkan ketersediaan komputer, jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe disebut komputer mini dikembangkan pada tahun 1960-an. Komputer jenis ini lebih banyak digunakan daripada mainframe karena tidak lebih mahal dari mainframe tetapi lebih mudah digunakan dan dirawat. Sekarang istilah komputer mini disamakan dengan server karena peran utamanya adalah untuk mengkoordinasikan jaringan komputer.

  • Komputer pribadi (pc)

Komputer pribadi (PC) adalah perangkat komputasi yang dirancang untuk pengguna. Perangkat tersebut terdiri dari CPU, keyboard, monitor dan mouse. Perangkat ini dapat diringkas dalam sebuah tabel, mereka tidak memakan terlalu banyak ruang. Komputer jenis ini paling sering digunakan diberbagai tempat seperti: B.di rumah, di sekolah, kantor, dll.

Baca Juga  Komputer Tidak Mau Nyala, Penyebab dan Solusi Sederhananya

 

Bagian-Bagian Komputer

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan bagian-bagian pc beserta fungsi dan penjelasannya.

  • Casing Komputer

Casing komputer (case) yakni bagian yang jadi Hunian� bagi sebahagian besar komponen Computer. Mayoritas desktop KOMPUTER memiliki casing box baik dari plastik maupun metal. Tapi utk AIO (all-in-one) Computer, casing pc ini dirancang ringkas dan lebih sering langsung menyatu dengan monitor monitor.

Tidak cuma jadi tempat bagi mayoritas komponen-komponen komputer, casing juga melindungi komponen tersebut dari debu dsb.

  • Power Supply

Power Supply Satuan (PSU) ialah komponen yang mengkonversi listrik arus AC jadi DC bervoltase rendah, maka bisa dijadikan sebagai sumber daya bagi seluruhnya komponen komputer.

  • Motherboard

Motherboard yaitu papan sirkuit terintegrasi yang jadi komponen penting dari satu buah komputer. Fungsi motherboard yaitu menghubungkan seluruh komponen mutlak pc seperti CPU, RAM, CD/DVD-ROM, hardisk / SSD, serta bermacam macam port dan slot ekspansi.

Komponen-komponen computer yang diletakkan dengan cara langsung di motherboard antara lain:

  • CPU / Prosesor

Central Processing Unit atau yang lebih dikenal sebagai procesor ialah otak dari Computer. CPU bertugas melakukan kalkulasi tiap-tiap perintah yang dijalankan dan untuk pengolahan data pada komputer,  Untuk mencegah overheat (panas berlebih), CPU kebanyakan di lengkapi heatsink dan kipas. Beberapa CPU juga ada yang di lengkapi system water cooling. Beraneka CPU modis saat ini sudah di lengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit).

  • Chipset

Fungsinya yakni sebagai penghubung komunikasi antara CPU dan bagian-bagian komputer lain, seperti RAM.

RAM (Random Access Memory) tugasnya yakni menaruh data dan beraneka proses supaya bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU atau komponen pc Yang lain. Idealnya, semakin besar jumlah RAM maka pc bakal semakin cepat karena semakin besar nya kapasitas RAM utk menaruh data dan proses.

  • KARTU GRAFIS

Kartu grafis atau yang biasa dinamakan VGA / GPU yaitu komponen komputer yang bertugas memproses grafis. Untuk pengguna PC ringan biasanya cukup menggunakan GPU integrated (bawaan prosesor). Namun bagi gamer, desainer, animator, dan banyak lagi membutuhkan GPU dedicated untuk bisa menopang kerja mereka.

  • ROM

ROM (Read-Only Memory) yaitu tempat disimpannya firmware BIOS dan pengaturannya. Pada Komputer terbaru saat ini mayoritas sudah memakai UEFI dan tidak lagi memakai BIOS.

  • Baterai CMOS

baterai CMOS ini memberikan daya bagi chip BIOS, maka pengaturan BIOS dan tanggal tidak hilang dan tetap terjadi meski komputer dimatikan.

  • Bus

Ini yaitu slot yang bisa menghubungkan beraneka ragam kartu seperti eksternal Graphic Kartu dan Sound Kartu ke motherboard.

  • Sound card

nyaris seluruhnya motherboard memiliki sound kartu internal buat memproses Nada. Tetapi begitu pengguna bisa menyambung juga sound kartu eksternal seandainya benar-benar dibutuhkan utk kepentingan tertentu.

  • Hardisk (HDD) / SSD

Hardisk yaitu alat daya simpan yang bisa dipakai utk menaruh data, termasuk juga juga system operasi. Terkecuali HDD (Hard Disk Drive) konvensional, saat ini SSD (Solid State Drive) juga sudah terkenal Difungsikan, terutama di Netbook, Laptop, atau KOMPUTER portabel Yang lain. Di bandingkan HDD, SSD memiliki kecepatan baca / catat yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih ekonomis pemakaian daya karena tidak memakai komponen mekanik didalamnya.

  • Optical Drive (CD/DVD-ROM)

Biarpun masih ternama dan banyak Difungsikan, CD/DVD-ROM sudah semakin jarang ditemui di komputer Mutakhir, khususnya di KOMPUTER portabel seperti notebook dan Notebook. Optical Drive seperti CD/DVD-ROM berfungsi buat membaca dan posting data ke optical potongan harga seperti CD dan DVD.

Keyboard berfungsi sebagai input device untuk berkomunikasi dengan komputer. Praktisnya, anda bisa mengetik dan memasukkan bermacam macam perintah seperti entry data ke komputer lewat keyboard.

  • Mouse

Mouse juga ialah input device yang sangat penting utk bernavigasi saat mengoperasikan Pc. Dengan adanya mouse, anda bisa menggerakkan pointer dan pilih beraneka ragam opsi di monitor komputer.

  • Monitor

Bekerja sama dengan Graphic Kartu (video kartu / GPU / VGA), layar berfungsi buat menampilkan grafis di Pc. Saat ini terkecuali layar konvensional, layar touchscreen kian jadi populer.

Baca Juga  10 Macam Perangkat Output Dan Fungsinya

Demikianlah  bagian-bagian komputer beserta rincian fungsinya. Apabila ada pertanyaan atau merasa ada komponen-komponen computer yang belum disertakan dalam daftar Di atas, silahkan langsung saja tuliskan di kolom komentar.

2 thoughts on “Mengenal Bagian-bagian Komputer

Leave a Reply