Syarat KUR BNI 2022

Berikut 10 syarat KUR BNI terbaru tahun 2022 dan cara pengajuan pinjaman

Posted on

Syarat KUR BNI 2022 – Apa saja persyaratan KUR BNI? Siapapun yang memiliki usaha atau bisnis pasti berusaha agar bisnisnya semakin berkembang. Upaya ini dapat dilakukan dengan menambah modal perusahaan.

Syarat KUR BNI 2022

Modal usaha dapat diperoleh melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diperoleh dari beberapa bank di Indonesia. Salah satunya adalah bank BNI. Layanan BNI KUR sangat aman dan terpercaya serta prosesnya sangat mudah dan cepat.

KUR BNI menawarkan fasilitas kredit untuk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi sebagai pinjaman modal kerja atau pinjaman investasi. Kredit yang diberikan sampai dengan Rp500.000.000 dengan jangka waktu amortisasi disesuaikan dengan penggunaan kredit.

Bank BNI memberikan jangka waktu pengembalian 5 tahun untuk pinjaman investasi dan 3 tahun untuk pinjaman modal kerja. Tujuan KUR BNI adalah untuk membangun perekonomian Indonesia melalui usaha rakyat.

Jenis BNI-KUR

Nasabah BNI yang ingin mendapatkan pinjaman dari Kredit Usaha Rakyat dapat memilih jenis KUR BNI yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut adalah macam-macam KUR BNI:

1. Micro-CURE

KUR Mikro ditujukan bagi nasabah BNI yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Batas KUR Mikro yang diberikan Bank BNI kepada nasabah sampai dengan Rp 25.000.000.

Jangka waktu pinjaman sekarang hingga 4 tahun. Jaminan yang digunakan dalam aplikasi KUR Mikro BNI berupa transaksi yang sedang berjalan.

2. KUR Ritel

KUR Ritel mirip dengan KUR Mikro karena sama-sama ditujukan untuk pengusaha. Dana kredit yang diberikan kepada KUR Ritel lebih tinggi dibandingkan dengan KUR Mikro yaitu Rp. 25.000.000 – Rp 500.000. Sedangkan jangka waktu yang tertera adalah sampai dengan 5 tahun disertai dengan jaminan sesuai ketentuan bank BNI.

Baca Juga  Cara Transfer dari ATM BRI ke BCA

3. KURSUS TKI

KUR TKI diperuntukan bagi nasabah BNI yang berangkat ke negara kerja dan menjadi TKI di negara tersebut. Besarnya dana pinjaman dari KUR TKI sama dengan KUR Mikro yaitu Rp 25.000.000 dengan jangka waktu sampai dengan 3 tahun.

Namun, tidak semua TKI dapat mengajukan layanan KUR TKI karena hanya tersedia untuk TKI yang beroperasi di negara tertentu, yaitu Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei Darussalam, Jepang, Korea, dan Malaysia.

4. KUR Tani

KUR Tani bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi usaha di bidang pertanian, perdagangan pupuk dan ekosistem pendukung pertanian lainnya. Jangka waktu yang diberikan adalah selama 5 bulan atau sebanding dengan musim tanam.

Sehingga petani yang telah mendatangkan hasil panen dapat mengembalikan pinjaman modal usaha yang diberikan oleh KUR Tani. Jumlah pinjaman yang diberikan bervariasi, yaitu:

  • Pinjaman Modal Petani Padi : Rp 22.000.000
  • Pinjaman modal untuk petani jagung: Rp 15.000.000
  • Tanah seluas 2 ha dengan bunga 6% per tahun dan 0,03% selama 5 bulan.

BACA JUGA: Bagaimana cara membuat ATM BNI?

Syarat KUR BNI

Syarat KUR BNI

Saat mengajukan KUR BNI, persyaratan yang diperlukan harus dipenuhi agar pengajuannya disetujui oleh Bank BNI. Syarat dan ketentuan BNI KUR adalah sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Bisnis Anda sendiri telah berjalan minimal 6 bulan.
  3. Tidak di bawah kredit bank lain.
  4. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  5. Persyaratan administrasi lengkap yaitu KTP, kartu keluarga dan fotokopi akta nikah jika sudah menikah.
  6. Melampirkan SIUP/TDP/SITU/HO atau Surat Keterangan Perusahaan yang diterbitkan oleh Kelurahan/Kabupaten/Pasar.
  7. Sertakan NPWP untuk pengajuan pinjaman di atas 50.000.000.
  8. Permohonan pinjaman di atas Rp 50.000.000 harus melampirkan fotokopi Bukti Kepemilikan Tanah, IMB dan PBB, BPKB sebagai jaminan.
  9. Pengajuan pinjaman di bawah Rp 50.000.000 tidak perlu menyertakan bukti kepemilikan atau agunan.
  10. Jangka waktu pinjaman maksimal 5 tahun.
Baca Juga  Bokeh Museum Bokeh Terjemahan Jepang Full Version 2019 Full Movie

Cara mengajukan BNI KUR

Jika persyaratan sudah terpenuhi, pengajuan pinjaman dapat diajukan melalui KUR BNI. Cara mengajukan pinjaman KUR BNI:

  1. Datang ke cabang Bank BNI terdekat dan bawa semua persyaratan pengajuan KUR BNI.
  2. Ambil nomor antrian pergi ke Pelayanan pelanggan dan menunggu nomor antrian dipanggil.
  3. Setelah panggilan, pergi ke petugas Pelayanan pelanggan dan menyampaikan keinginan untuk mengajukan KUR BNI.
  4. petugas Pelayanan pelanggan akan menanyakan bisnis apa yang digeluti oleh calon debitur.
  5. Nantinya, bank BNI melakukan survei di tempat usaha calon debitur.
  6. Jika Anda memenuhi kriteria dan mengajukan pinjaman ACC, dana KUR akan dicairkan dalam waktu 7-14 hari kerja.
  7. Setelah disetujui, calon debitur akan dihubungi kembali untuk menandatangani perjanjian perjanjian pinjaman.
  8. Menyediakan meterai Rp 6.000 sd 6 lembar dan buku tabungan BNI untuk proses penarikan dana KUR. Jika belum memiliki rekening BNI, buka dulu rekening tabungan BNI.

Permohonan BNI-KUR tetap memiliki kemungkinan ditolak oleh pihak bank BNI, meskipun semua persyaratan telah dipenuhi. karena merayakan pengukur tanah yang secara langsung memeriksa dan menentukan apakah nasabah layak menerima pinjaman KUR atau tidak.

BACA JUGA: saldo minimum BCA

Demikian penjelasan mengenai syarat KUR (Kredit Usaha Rakyat) BNI. Jika masih ada pertanyaan seputar KUR BNI, silahkan hubungi BNI Call di nomor 1500046 atau melalui website resmi BNI bni.co.id.