Cara Bayar Shopee Pakai DANA: Langkah Termudah dan Terbaru!

Cara Bayar Shopee Pakai DANA Shopee adalah salah satu situs belanja online terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai produk dengan harga murah, kualitas bagus, dan promo menarik. Tapi, bagaimana cara bayar belanjaan di Shopee yang paling mudah dan hemat?

Salah satu jawabannya adalah dengan menggunakan DANA. Apa itu DANA? DANA adalah dompet digital yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi nontunai dan nonkartu secara digital. Dengan DANA, kamu bisa membayar tagihan, kirim uang, beli pulsa, hingga berbelanja online di berbagai merchant favoritmu.

Salah satu keunggulan DANA adalah bisa digunakan untuk bayar Shopee pakai saldo DANA atau kartu bank yang tersimpan di aplikasi DANA. Meskipun DANA bukan partner resmi dari Shopee, tapi kamu tetap bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan aman melalui kode virtual account ShopeePay.

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui cara bayar Shopee pakai DANA melalui aplikasi Shopee atau aplikasi DANA.

Syarat dan Persiapan Sebelum Bayar Shopee Pakai DANA

Sebelum kamu bisa bayar Shopee pakai DANA, ada beberapa syarat dan persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Syarat-syarat ini penting untuk memastikan transaksimu berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Berikut ini adalah syarat dan persiapan sebelum bayar Shopee pakai DANA:

  • Akun DANA harus sudah terverifikasi dan ada saldonya. Untuk bisa melakukan transaksi antar rekening bank, kamu harus meng-upgrade akun DANA kamu menjadi akun premium atau Premiere. Caranya adalah dengan mengisi data diri dan mengunggah foto KTP serta selfie sambil memegang KTP sesuai dengan frame yang disediakan. Proses verifikasi ini gratis dan tidak memakan waktu lama. Selain itu, pastikan juga saldo DANA kamu cukup untuk membayar pesanan dan biaya admin yang dikenakan. Jika saldo kamu kurang, kamu bisa melakukan top up saldo DANA di berbagai channel yang tersedia, seperti ATM, internet banking, minimarket, atau merchant lainnya.

Cara Bayar Shopee Pakai DANA Melalui Aplikasi Shopee

Setelah kamu memenuhi syarat dan persiapan di atas, kamu sudah siap untuk bayar Shopee pakai DANA melalui aplikasi Shopee. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Belanja di Shopee dan pilih metode pembayaran transfer bank. Buka aplikasi Shopee dan pilih produk yang ingin kamu beli. Masukkan ke keranjang dan lanjutkan ke halaman checkout. Di sini, kamu bisa memilih alamat pengiriman, kurir, dan metode pembayaran. Untuk metode pembayaran, pilih transfer bank dan pilih nama bank yang akan kamu gunakan. Setelah itu, tekan konfirmasi.
  • Salin kode virtual account ShopeePay. Setelah kamu melakukan konfirmasi, kamu akan mendapatkan kode pembayaran berupa nomor virtual account ShopeePay. Salin kode ini dengan menekan tombol salin atau copy. Kode ini berlaku selama 24 jam sejak kamu membuat pesanan.
  • Buka aplikasi DANA dan pilih menu Kirim. Setelah kamu menyalin kode virtual account ShopeePay, buka aplikasi DANA dan masuk ke akun kamu. Di halaman utama, pilih menu Kirim yang ada di bagian bawah.
  • Pilih Kirim ke Rekening Bank dan masukkan nomor virtual account dan nominal transfer. Di halaman Kirim, pilih opsi Kirim ke Rekening Bank. Kemudian, pilih nama bank yang sama dengan yang kamu pilih di aplikasi Shopee. Tempel atau masukkan nomor virtual account ShopeePay yang sudah kamu salin sebelumnya. Masukkan juga nominal transfer sesuai dengan total pembayaran yang muncul di halaman transaksi Shopee. Pastikan nominal transfer sama persis dengan total pembayaran, termasuk biaya admin yang ditambahkan.
  • Konfirmasi pembayaran dengan PIN DANA. Setelah kamu memasukkan nomor virtual account dan nominal transfer, tekan tombol Lanjut. Periksa kembali apakah semua data sudah benar atau belum. Jika sudah benar, tekan tombol Kirim Dana. Masukkan PIN DANA kamu untuk mengonfirmasi pembayaran.

Cara Bayar Shopee Pakai DANA Melalui Aplikasi DANA

Selain melalui aplikasi Shopee, kamu juga bisa bayar Shopee pakai DANA melalui aplikasi DANA. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan di awal langkahnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi DANA dan pilih menu Transfer. Buka aplikasi DANA dan masuk ke akun kamu. Di halaman utama, pilih menu Transfer yang ada di bagian bawah.
  • Pilih E-Commerce dan Shopee. Di halaman Transfer, pilih opsi E-Commerce yang ada di bagian bawah layar. Kemudian, pilih Shopee sebagai tujuan transfer.
  • Masukkan kode virtual account dan nominal transfer. Setelah itu, masukkan kode virtual account ShopeePay yang sudah kamu dapatkan dari aplikasi Shopee sebelumnya. Masukkan juga nominal transfer sesuai dengan total pembayaran yang muncul di halaman transaksi Shopee.
  • Konfirmasi pembayaran dengan PIN DANA. Langkah selanjutnya sama dengan cara sebelumnya. Periksa kembali apakah semua data sudah benar atau belum. Jika sudah benar, tekan tombol Kirim Dana. Masukkan PIN DANA kamu untuk mengonfirmasi pembayaran.

Keuntungan dan Manfaat Bayar Shopee Pakai DANA

Mengapa kamu harus bayar Shopee pakai DANA? Apa saja keuntungan dan manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa cara ini sangat direkomendasikan:

  • Transaksi lebih cepat, praktis, dan aman. Dengan menggunakan DANA untuk bayar Shopee, kamu tidak perlu repot-repot mengisi formulir transfer bank atau mencatat nomor rekening tujuan. Kamu hanya perlu memasukkan kode virtual account dan nominal transfer yang sudah disediakan oleh Shopee. Transaksi ini juga lebih cepat dan aman karena menggunakan sistem real time online. Kamu tidak perlu khawatir saldo DANA kamu hilang atau terpotong tanpa sebab.
  • Mendapatkan cashback dan diskon dari DANA dan Shopee. Dengan menggunakan DANA untuk bayar Shopee, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari kedua aplikasi ini. Misalnya, kamu bisa mendapatkan cashback dari DANA setiap kali kamu melakukan transaksi dengan nominal tertentu. Cashback ini bisa kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau ditukarkan dengan berbagai voucher menarik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan diskon dari Shopee jika kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Diskon ini bisa berupa potongan harga, gratis ongkir, atau koin Shopee yang bisa kamu kumpulkan dan tukarkan dengan berbagai produk.
  • Menghemat biaya admin transfer bank. Salah satu kekurangan dari metode pembayaran transfer bank adalah adanya biaya admin yang harus kamu bayar setiap kali melakukan transaksi. Biaya admin ini bisa bervariasi tergantung dari bank yang kamu gunakan. Jika kamu sering berbelanja online, biaya admin ini bisa menjadi beban yang cukup besar bagi dompetmu. Namun, dengan menggunakan DANA untuk bayar Shopee, kamu bisa menghemat biaya admin ini. Pasalnya, DANA tidak mengenakan biaya admin sama sekali jika kamu melakukan transfer ke rekening bank lain. Jadi, kamu hanya perlu membayar sesuai dengan total pembayaran yang muncul di halaman transaksi Shopee.

Kesimpulan dan Saran

Demikianlah cara bayar Shopee pakai DANA yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Cara ini sangat mudah, praktis, dan hemat untuk kamu yang suka belanja online di Shopee. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat dari menggunakan DANA sebagai metode pembayaranmu.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat bayar Shopee pakai DANA, yaitu:

  • Pastikan akun DANA kamu sudah terverifikasi dan ada saldonya.
  • Pastikan kode virtual account dan nominal transfer sudah benar dan sesuai dengan total pembayaran.
  • Pastikan transaksi dilakukan sebelum batas waktu pembayaran habis.
  • Pastikan kamu mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil dari DANA dan Shopee.

Jika kamu mengalami masalah atau kesulitan saat bayar Shopee pakai DANA, kamu bisa menghubungi layanan pelanggan dari kedua aplikasi ini. Kamu juga bisa mengunjungi situs resmi atau media sosial dari DANA dan Shopee untuk mendapatkan informasi terbaru seputar promo, diskon, atau fitur baru yang mungkin berguna untukmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara bayar Shopee pakai DANA:

  • Apakah ada batas minimal atau maksimal untuk bayar Shopee pakai DANA? Tidak ada batas minimal atau maksimal untuk bayar Shopee pakai DANA. Kamu bisa membayar sesuai dengan total pembayaran yang muncul di halaman transaksi Shopee.
  • Apakah ada biaya tambahan untuk bayar Shopee pakai DANA? Tidak ada biaya tambahan untuk bayar Shopee pakai DANA. Kamu hanya perlu membayar sesuai dengan total pembayaran yang muncul di halaman transaksi Shopee.
  • Apakah saya bisa menggunakan saldo DANA langsung tanpa transfer ke rekening bank? Untuk saat ini, belum ada fitur untuk menggunakan saldo DANA langsung tanpa transfer ke rekening bank untuk bayar Shopee. Kamu harus melakukan transfer ke kode virtual account ShopeePay terlebih dahulu.
  • Apakah saya bisa menggunakan kartu bank yang tersimpan di aplikasi DANA untuk bayar Shopee? Ya, kamu bisa menggunakan kartu bank yang tersimpan di aplikasi DANA untuk bayar Shopee. Caranya sama dengan cara sebelumnya, hanya saja kamu harus memilih opsi Bayar dengan Kartu Bank saat melakukan konfirmasi pembayaran di aplikasi DANA.
  • Bagaimana jika saya salah memasukkan kode virtual account atau nominal transfer? Jika kamu salah memasukkan kode virtual account atau nominal transfer, kamu harus segera menghubungi layanan pelanggan dari DANA dan Shopee untuk melakukan pengecekan dan penyelesaian masalah. Jangan lupa untuk menyertakan bukti transaksi dan detail pesananmu.

Baca juga : Cara Mudah Login DANA Tanpa Aplikasi

Leave a Comment