Jalankan menu pengaturan

Cara keren untuk memindai kode batang WiFi untuk membagikan kata sandi

Posted on

Android saat ini sedang dikembangkan sedemikian rupa sehingga terdapat banyak fungsi baru. Salah satu fitur yang kami maksud adalah memindai barcode (kode QR) dari wifi.

Fitur pemindaian kode batang ini memudahkan Anda membagikan kata sandi WiFi Anda tanpa menyebutkannya. Cukup dengan memindai, maka perangkat akan terhubung ke WiFi.

Jadi jika Anda ingin tahu cara memindai barcode WiFi untuk berbagi kata sandi dengan perangkat lain, kami jelaskan di bawah ini.

Inilah cara Anda dapat melihat dan memindai kode batang WiFi untuk membagikan kata sandi

Melihat dan memindai barcode WiFi tidak terlalu sulit. Karena Anda hanya perlu melihat informasi dari WiFi yang digunakan.

Nantinya, barcode (kode QR) akan otomatis muncul di layar ponsel Anda.

Untuk memperjelas, cukup ikuti petunjuk untuk melihat dan memindai kode batang WiFi untuk membagikan kata sandi berikut:

Berikut cara melihat dan memindai barcode WiFi
Baca Juga  10 Aplikasi Nonton Film Terbaik 2021 (Online & Offline)

1. Jalankan pengaturan Android

Sebagai langkah pertama, silahkan buka pengaturan Android terlebih dahulu. Triknya adalah geser ke bawah bilah notifikasi dan klik ikon pengaturan di atas.

2. Buka Pengaturan Koneksi

Buka menu koneksi

Karena pemindaian kode batang ini adalah masalah jaringan, Anda dapat memilih menu pengaturan Koneksi.

3. Pilih menu WLAN

Buka menu WiFi

Nanti akan ada beberapa pengaturan menu jaringan. Untuk melihat kode batang Anda perlu mengklik menu Akses Internet nirkabel.

4. Ketuk jaringan WiFi yang digunakan

Pilih perangkat WiFi

Silakan aktifkan router atau hotspot dan hubungkan perangkat Anda ke wifi ini. jika ya, silakan klik nama jaringan yang digunakan.

5. Periksa kode batang WiFi

Periksa kode batang WiFi

Tunggu beberapa saat, maka akan muncul Barcode (kode QR) di layar Anda. Setelah muncul silahkan di scan saja barcodenya biar bisa konek.

Nantinya, ponsel secara otomatis mengenali kata sandi di WLAN. Termasuk bahkan jika Anda memakai kata sandi WiFi unik meskipun.

Cara melihat barcode ini kita lakukan melalui handphone Samsung. Namun, untuk ponsel merek lain, seperti Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, Realme, Lenovo, dan lainnya, caranya tidak jauh berbeda.

Cara membuat kode batang WiFi Anda sendiri

Memang, bagi Anda yang ingin membuat barcode, dimungkinkan jika sistem operasi mendukungnya. Caranya ada di pengaturan hotspot.

Tetapi jika ponsel Anda tidak mendukung pembuatan kode batang, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk membuatnya.

Untuk membuat kode batang WiFi Anda sendiri:

Cara membuat kode batang WiFi Anda sendiri

1. Instal aplikasi pemindai QR dan kode batang

Instal aplikasi pemindai QR dan kode batang

Silahkan buka Google Playstore terlebih dahulu. Kemudian cari aplikasinya Pemindai QR dan kode batang melalui kolom pencarian.

Jika sudah, silahkan install aplikasinya dan tunggu sampai selesai.

Baca Juga  Apa itu UEFI? Itulah penjelasan & perbedaan BIOS/Legacy

2. Pilih Buat Menu QR

Buka menu Buat QR

Ketika berhasil diinstal, Anda dapat membuka aplikasi Pemindai QR dan kode batang itu. Kemudian klik ikon baris tiga di atas. Kemudian silahkan pilih menunya Buat QR.

3. Buka menu WLAN

Buka menu Buat QR WLAN

Ada beberapa opsi yang dapat Anda gunakan untuk membuat barcode. Misalnya seperti clipboard, telepon, email, kalender dan Wi-Fi. Untuk membuat barcode WiFi, silahkan pilih menu Akses Internet nirkabel.

4. Masukkan informasi WiFi

Pengaturan kode batang WiFi

Setelah itu, masukkan informasi dari jaringan nirkabel yang akan Anda buat. Sebagai nama wifi dan kata sandi sesuai dengan hotspot pada perangkat.

Sedikit tips: Pastikan nama WiFi dan password hotspot sama dengan barcode yang di-generate di aplikasi. Jika sama, Anda dapat mengklik tombol Kutu di atas.

5. Periksa kode batang WiFi

Simpan dan bagikan kode batang WiFi

Terakhir, Anda akan diarahkan ke halaman barcode. Tolong simpan barcode kemudian bagikan dengan teman Anda untuk dipindai.

Catatan: Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar agar pesan tidak muncul WiFi tidak ada internet.

PS: Selain barcode, Anda mungkin juga perlu Cara memeriksa alamat Mac ponsel

Aplikasi barcode yang dapat digunakan untuk memindai WiFi

Sama seperti membuat barcode, beberapa perangkat dengan sistem operasi terbaru biasanya juga memiliki fungsi pemindaian.

Namun, jika ponsel Anda tidak mendukung fungsi pemindaian kode batang, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi barcode berikut dapat digunakan untuk memindai WiFi:

1. Pemindai QR dan kode batang

Dengan aplikasi pemindai QR dan kode batang

Selain dapat membuat barcode sendiri, aplikasi yang kami buat pada panduan di atas juga dapat digunakan untuk memindai WiFi.

Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi lain untuk membuat dan memindai kode batang WiFi. Selain itu, fungsi-fungsi dalam aplikasi ini juga cukup lengkap.

Manfaat Aplikasi QR & Barcode Scanner:

  • Memiliki fungsi untuk membuat dan memindai barcode WiFi
  • Dapat membuat kode QR dari informasi Anda
  • Mendukung pembuatan jenis barcode lain, seperti B. Konten, URL, teks, email, SMS, lokasi geografis, nomor telepon, dan lainnya

2. Pemindai Kata Sandi QRCode WiFi

Menggunakan Aplikasi Pemindai Kata Sandi QRCode WiFi

Kemudian Anda juga dapat menggunakan aplikasi WiFi QRCode Password Scanner. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi WiFi dengan barcode.

Selain itu, jika Anda menggunakan aplikasi ini, ada beberapa fitur menarik yang akan membantu Anda dalam pemindaian barcode WiFi.

Manfaat Aplikasi Pemindai Kata Sandi QRCode WiFi:

  • Menyediakan fitur senter untuk menyorot barcode dengan flash saat keadaan tidak terlihat (gelap).
  • Memungkinkan pemindaian WiFi melalui gambar
  • Memiliki fitur scan history untuk melihat daftar jaringan WiFi yang sudah di scan sebelumnya

3. Pemindai kode QR WiFi

Menggunakan aplikasi pemindai kode QR WiFi

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi untuk memindai WiFi sekaligus membuat barcode, Anda dapat mencoba pemindai kode QR WiFi.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur history untuk melihat catatan terkait WiFi yang telah Anda scan atau pembuatan barcode.

Kelebihan aplikasi pemindai kode QR WiFi:

  • Memiliki fungsi untuk membuat barcode WiFi
  • Juga dapat digunakan untuk membuat barcode lain seperti teks, telepon, url, lokasi, acara dll
  • Menyediakan fitur riwayat untuk melihat catatan aktivitas Anda saat menggunakan fitur aplikasi pemindai kode QR WiFi

4. Koneksi WiFi QR

Dengan aplikasi WiFi QR Connect

Seperti namanya, WiFi QR Connect adalah aplikasi yang fungsinya untuk menghubungkan perangkat ke WiFi menggunakan kode QR.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur history. Jadi Anda dapat membagikan kata sandi WiFi yang terhubung dengan teman lain.

Manfaat dari WiFi QR Connect:

  • Tampilan aplikasinya sangat sederhana
  • Proses pemindaian sangat sederhana
  • Memiliki fitur riwayat untuk membagikan WiFi yang diakses di perangkat lain

5. Pemindai QR dan kode batang

Menggunakan aplikasi pembaca QR dan kode batang

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan aplikasi QR Scanner & Barcode. Dengan aplikasi ini Anda dapat memindai WiFi dan membuat barcode secara bersamaan.

Tampilan aplikasi ini tidak hanya menarik dari segi fitur yang lengkap. Alasannya adalah Anda dapat mengubah template sesuka Anda.

Keuntungan pemindai QR dan kode batang:

  • Menyediakan fungsi untuk menghasilkan barcode WiFi
  • Dapat mengubah template dari tampilan aplikasi
  • Ukuran aplikasi sangat kecil, kurang dari 5MB

Ini adalah ikhtisar singkat kami tentang cara memindai barcode WiFi untuk membagikan kata sandi. Sekali lagi kami telah membuat panduan ini menggunakan perangkat HP Samsung.

Namun cara tersebut juga bisa Anda terapkan ke beberapa merek lain seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, ASUS, Realme, Lenovo dan lainnya dengan sedikit penyesuaian.

Itu saja dari kami. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pemindaian barcode ini, Anda dapat mengirimkannya langsung ke kolom komentar.