Tekan dan tahan tombol power laptop

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo (lengkap dengan gambar)

Posted on

BIOS, atau kependekan dari Basic Input Output System, adalah firmware yang terpasang secara otomatis di semua laptop. Firmware ini berfungsi sebagai pengaturan awal untuk semua sistem pada perangkat.

Karena sebagai langkah awal anda harus mengetahui cara masuk ke BIOS laptop. Karena jika masuk ke BIOS, Anda bisa mengkonfigurasi laptop lebih dalam, misalnya dengan mengaktifkan fungsi VT.

Jadi jangan khawatir bagi anda yang belum mengetahui cara masuk ke BIOS pada laptop lenovo. Karena disini kami akan menjelaskan secara detail caranya.

Cara masuk ke BIOS laptop Lenovo

Untuk tutorial disini kami menggunakan laptop Lenovo G40. Tidak jauh berbeda dengan pengguna laptop Lenovo lainnya. Kemudian sesuaikan saja. Silahkan ikuti langsung langkah-langkahnya:

Cara masuk ke BIOS laptop Lenovo

1. Tekan tombol daya

Pertama, Anda dapat menyalakan laptop terlebih dahulu dengan menekan tombol kinerja. Tunggu beberapa saat hingga logo Lenovo muncul di laptop.

2. Menekan tombol fungsi pada keyboard

Saat logo laptop Lenovo muncul, silakan tekan dua tombol fungsi khusus untuk masuk ke BIOS. Tombol yang kami gunakan di sini adalah Fn+F2.

Tahan FN+F2

Silakan tekan kedua tombol secara bersamaan. Jika gagal, Anda dapat menekan kombinasi tombol lain, mis FN + F1, F1 atau F2.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi Jaringan Hosted Gagal Mulai Error

3. Masuk ke pengaturan BIOS

Jika berhasil, itu akan ditampilkan Menu tombol Novo di layar Anda. Ada beberapa opsi untuk dipilih.

Klik Pengaturan BIOS

Untuk masuk ke BIOS, silakan pilih pengaturan BIOS. Anda dapat mengontrolnya dengan menggunakan tombol TINGGI dan turun pada keyboard. Lalu klik Memasuki untuk mengaktifkan pengaturan BIOS.

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses entri BIOS berhasil.

4. Periksa BIOS

Jadi Anda telah berhasil masuk BIOS. Di sini Anda dapat mengkonfigurasi beberapa pengaturan yang tidak termasuk dalam program sistem operasi laptop. Misalnya mengaktifkan VT.

Ketik Lenovo BIOS Berhasil

Selain itu, mengetahui cara masuk ke BIOS sangat berguna untuk dapat menyelesaikan masalah pada laptop. Salah satu masalah umum adalah Laptop terus masuk ke BIOS.

Cara alternatif untuk masuk ke BIOS Lenovo

Salah satu keunggulan Lenovo adalah memiliki tombol khusus (One Key) untuk masuk ke BIOS. Letak tombol biasanya di sebelah kiri port pengisian daya.

Tekan dan tahan tombol Lenovo One Key

Salah satu seri yang memiliki tombol ini adalah laptop yang kami gunakan yaitu laptop Lenovo G40-70. Namun seri lain biasanya juga memilikinya, seperti Lenovo Thinkpad.

Ketika Anda menekan tombol, itu akan masuk secara otomatis Menu tombol Novo. Oleh karena itu, menurut kami cara ini akan lebih memudahkan bagi Anda yang belum mengetahui kombinasi tombol yang benar untuk masuk ke BIOS.

Selain BIOS, tombol ini juga berlaku untuk UEFI

Kunci BIOS Lenovo

Untuk laptop Lenovo, ada beberapa seri yang memiliki cara/kunci berbeda untuk masuk ke BIOS. Misalnya saat masuk ke BIOS, seri Thinkpad berbeda dengan Ideapad dan lainnya.

Berikut adalah daftar kunci BIOS Lenovo berdasarkan seri:

seri Lenovo tombol masuk BIOS
Lenovo seri G Fn+F2
Lenovo Thinkpad Fn + F1
Lenovo Ideapad F1 atau F2
Lenovo Seri lainnya Shift + Daya

Daftar menu di Lenovo BIOS

Jika Anda berhasil masuk ke BIOS, Anda akan melihat beberapa menu di dalamnya. Setiap menu di BIOS memiliki fungsinya masing-masing.

Berikut adalah beberapa menu di BIOS:

  • menu informasi
  • menu konfigurasi
  • menu keamanan
  • menu mulai
  • keluar menu

Penjelasan masing-masing menu ada di bawah ini:

1. Menu informasi

menu informasi BIOS

Tab Menu Informasi menyediakan beberapa informasi tentang laptop Lenovo. Baik itu jenis laptop yang digunakan maupun komponen yang terpasang di dalamnya.

Seperti versi BIOS yang digunakan, kecepatan prosesor, kapasitas penyimpanan, kecepatan penyimpanan dan jenis laptop Lenovo.

2. Menu konfigurasi

menu konfigurasi BIOS

Menu konfigurasi ini dapat mengelola dan menemukan beberapa fungsi sistem laptop Lenovo.

Anda dapat mengatur tanggal dan waktu default. Selain itu, Anda dapat mengatur beberapa fungsi sistem lainnya.

Seperti USB Legacy, Wireless, SATA Controller Mode, Graphic Device, Power Beep, Aktifkan virtualisasi di BIOSBIOS Kembali Flash dan mode HotKey.

3. Menu keamanan

menu keamanan BIOS

Tab selanjutnya adalah menu keamanan. Misalnya, menu ini dapat mengatur keamanan sistem pada laptop, seperti: B. menyetel kata sandi perangkat.

Anda dapat memberikan kata sandi yang Anda inginkan untuk mengamankan sistem di laptop Lenovo.

4. Menu boot

menu boot BIOS

Pada tab Boot Menu, pengoperasian saat laptop dihidupkan dapat diatur. Tentu saja, ketika Anda menyalakan laptop, sistem akan melalui proses yang disebut boot.

Booting ini adalah proses memulai laptop dari awal untuk mengambil kendali penuh dari sistem operasi pada perangkat laptop.

Terdapat boot priority pada tab menu yang dapat digunakan untuk melihat beberapa perangkat yang telah terhubung ke laptop.

5. Keluar dari menu

Menu keluar BIOS

Tab menu terakhir adalah menu keluar. Tab Menu Keluar ini berisi beberapa submenu:

  • Selesai menyimpan perubahan: Anda dapat menggunakan submenu ini untuk keluar dari sistem dan menyimpan konfigurasi ke CMOS.
  • Keluar Buang perubahan: Submenu ini dapat digunakan bagi anda yang keluar dari sistem tetapi tidak ingin menyimpan konfigurasi ke CMOS.
  • Buang pengubah: Submenu digunakan untuk mengubah atau mengisi menu sebelumnya dari CMOS ke semua item setup.
  • Simpan perubahan: Submenu ini untuk menyimpan data dalam CMOS atau bisa juga dengan menekan tombol F10 pada keyboard.

Cara masuk BIOS laptop Lenovo bisa anda terapkan. Jika Anda tidak dapat menggunakan tombol, coba akses BIOS menggunakan tombol satu tombol di sisi kiri laptop.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang memasuki BIOS Lenovo, Anda dapat mengirimkan pertanyaan Anda ke kolom komentar.