Cara Melihat Password WiFi di Komputer 

Cara Melihat Password WiFi di Komputer  Mengakses koneksi WiFi adalah hal yang penting dalam kehidupan digital saat ini. Terkadang, kita mungkin lupa password WiFi yang sudah terhubung ke komputer kita. Untuk itu, langkah-langkah berikut akan membantu Anda menemukan kembali password WiFi dengan mudah pada komputer Windows Anda.

Jika Anda pernah lupa password WiFi yang terhubung ke komputer Windows Anda, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melihat password WiFi di komputer. Dengan panduan yang sederhana ini, Anda dapat dengan mudah menemukan password WiFi dan menggunakannya untuk perangkat lain. Mari kita mulai!

Bagaimana Cara Melihat Password WiFi di Komputer dengan Windows 11

Pada Windows 11, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menemukan password WiFi:

  1. Buka menu “Start” dan pilih “Control Panel.”
  2. Di “Control Panel,” pilih “Network and Internet,” kemudian “Network and Sharing Center.”
  3. Pilih nama jaringan WiFi Anda di bawah “Connections.”
  4. Klik “Wireless Properties” pada bagian “Wi-Fi Status.”
  5. Di “Wireless Network Properties,” buka tab “Security,” dan centang kotak “Show characters.”
  6. Password WiFi Anda akan ditampilkan di dalam kotak “Network security key.”

Sekarang Anda memiliki password WiFi dan dapat menggunakannya untuk menghubungkan komputer lain ke jaringan WiFi yang sama.

Bagaimana Cara Melihat Password WiFi di Komputer dengan Windows 10

Jika Anda menggunakan Windows 10, langkah-langkah berikut akan membantu Anda menemukan password WiFi yang terhubung:

  1. Buka menu “Start” dan pilih “Settings.”
  2. Di “Settings,” pilih “Network & Internet,” kemudian “Status,” dan akhirnya “Network and Sharing Center.”
  3. Pilih nama jaringan WiFi Anda.
  4. Klik “Wireless Properties” pada bagian “Wi-Fi Status.”
  5. Di “Wireless Network Properties,” buka tab “Security,” dan centang kotak “Show characters.”
  6. Password WiFi Anda akan ditampilkan di dalam kotak “Network security key.”

Setelah mendapatkan password WiFi, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi yang sama.

Bagaimana Cara Melihat Password WiFi di Komputer dengan Windows 8.1 atau 7

Jika Anda masih menggunakan Windows 8.1 atau 7, langkah-langkah berikut akan membantu Anda menemukan password WiFi yang terhubung:

  1. Cari “Network and Sharing Center” pada komputer Anda.
  2. Pilih nama jaringan WiFi Anda.
  3. Klik “Wireless Properties” pada bagian “Wi-Fi Status.”
  4. Di “Wireless Network Properties,” buka tab “Security,” dan centang kotak “Show characters.”
  5. Password WiFi Anda akan ditampilkan di dalam kotak “Network security key.”

Sekarang Anda dapat menggunakan password WiFi ini untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi yang sama.

Cara Melihat Password WiFi dengan Metode Lainnya

Selain metode yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menemukan password WiFi dengan metode lain sesuai dengan perangkat dan jenis jaringan yang digunakan. Berikut adalah beberapa metode tambahan:

  • Untuk Router dengan Password Default: Periksa router atau dokumentasinya untuk menemukan password WiFi default. Jika password default tidak tersedia, Anda dapat mencoba kombinasi umum atau menggunakan situs RouterPasswords.com untuk mencari password tersebut. Setelah terhubung ke router, pastikan untuk mengubah password menjadi yang lebih aman.
  • Untuk Windows 7 dan Versi Sebelumnya: Akses “Manage wireless networks” di “Network and Sharing Center,” klik dua kali nama jaringan, dan centang “Show characters” pada tab “Security.” Untuk Windows 8, 10, atau 11, gunakan command prompt dengan “netsh wlan show profiles” dan “netsh wlan show profile name=profilename key=clear” untuk menemukan password WiFi.
  • Untuk Mac: Buka “Keychain Access,” pilih “System” > “Passwords,” klik dua kali nama jaringan WiFi, pilih “Show Password,” dan masukkan kredensial Anda untuk melihat password WiFi.
  • Untuk Android: Buka “Settings” > “Network and Internet” > “Saved Networks” atau nama jaringan WiFi saat ini, tap “Share” untuk melihat password WiFi.
  • Untuk iOS 16 atau Lebih Baru: Buka “Settings” > “Wi-Fi,” tap nama jaringan WiFi, dan pilih ikon “i” atau tombol “Edit” untuk menampilkan password dalam teks biasa.
  • Melalui Antarmuka Web Router: Jika Anda memiliki akses ke antarmuka web router, masuklah dan cari bagian “Wi-Fi” untuk melihat atau mengubah password WiFi saat ini.
  • Reset Router: Sebagai langkah terakhir, Anda dapat mereset router dengan menekan tombol “reset” untuk mengembalikan password WiFi ke default yang tercetak di router.

Kesimpulan

Mengingat password WiFi dapat menjadi tantangan, tetapi dengan panduan sederhana ini, Anda dapat dengan mudah menemukannya kembali pada komputer Windows Anda. Selalu pastikan untuk mengamankan password WiFi Anda agar terhindar dari akses yang tidak sah ke jaringan Anda.

Jangan ragu untuk membagikan panduan ini kepada teman atau keluarga yang mungkin memerlukan bantuan untuk mengakses kembali password WiFi mereka.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Q1: Apakah saya bisa menggunakan panduan ini pada sistem operasi selain Windows?

Jawaban: Sayangnya, panduan ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows, seperti Windows 11, Windows 10, Windows 8.1, dan Windows 7.

Q2: Apakah langkah-langkah ini sama untuk semua merek router?

Jawaban: Langkah-langkah ini serupa untuk banyak merek router. Namun, tampilan dan opsi yang tersedia dapat sedikit berbeda tergantung pada merek dan model router.

Q3: Apakah metode lain untuk menemukan password WiFi memiliki risiko keamanan?

Jawaban: Ya, beberapa metode seperti mencari password default atau menggunakan situs pihak ketiga dapat membuka risiko keamanan. Pastikan untuk mengubah password WiFi menjadi yang lebih kuat setelah menemukannya.

Q4: Apakah reset router akan menghapus semua pengaturan WiFi?

Jawaban: Ya, mereset router akan mengembalikan pengaturan WiFi ke konfigurasi default. Ini termasuk menghapus semua pengaturan jaringan WiFi yang sudah Anda atur sebelumnya.

Q5: Bisakah Anda merekomendasikan alat atau aplikasi pihak ketiga untuk menemukan password WiFi?

Jawaban: Sebagai peraturan umum, disarankan untuk tidak menggunakan alat atau aplikasi pihak ketiga yang tidak terpercaya. Penggunaan alat resmi atau metode yang disediakan oleh perangkat Anda lebih aman dan dapat diandalkan.

Baca juga :

Leave a Comment