Cara Mengetahui Password Wifi

cara mengetahui password wifi Selamat datang para pengguna Windows 11! Salah satu masalah yang sering dihadapi saat menggunakan perangkat ini adalah lupa password WiFi yang tersimpan. Nah, apakah kalian mengalami hal yang sama?

Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengetahui password wifi yang tersimpan di Windows 11. Dengan mengetahui cara ini, kalian tidak perlu lagi khawatir lupa password dan bisa mengakses jaringan WiFi kapan saja.

Langkah-langkahnya sangat mudah, jadi mari kita mulai!

Membuka Setting Wi-Fi

Untuk mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di Windows 11, pertama-tama Anda harus membuka setting Wi-Fi. Caranya sangat mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik ikon Wi-Fi pada taskbar, yang biasanya terletak di sudut kanan bawah layar.
  2. Pilih opsi “Network & internet settings”.
  3. Anda akan dibawa ke halaman “Settings”. Pilih menu “Wi-Fi” pada panel sebelah kiri. Di sini, Anda dapat melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersimpan di perangkat Anda.

Melihat Jaringan WiFi yang Tersimpan

Langkah pertama cara mengetahui password wifi tersimpan di Windows 11 adalah dengan melihat list jaringan WiFi yang tersimpan di perangkat Anda. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus membuka setting WiFi.

  1. Pertama, klik tombol “Start” di pojok kiri bawah desktop Anda. Kemudian, di bawah menu Start, klik icon “Settings” yang berbentuk roda gigi.
  2. Selanjutnya, cari dan klik “Network & Internet” di halaman setting kemudian klik “WiFi” di sebelah kiri halaman.

Setelah berhasil membuka setting WiFi di Windows 11, Anda dapat melihat semua jaringan WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui jaringan WiFi mana yang ingin Anda cari passwordnya.

Setelah itu, Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mencari jaringan WiFi yang tersimpan.

Mengubah Tampilan Setting WiFi

Jika tampilan setting WiFi default di Windows 11 terlalu membingungkan, kamu dapat menggantinya menjadi tampilan list. Dalam tampilan list, jaringan WiFi tersimpan akan lebih mudah untuk dikenali dan dicari.

Berikut adalah cara mengubah tampilan setting WiFi di Windows 11:

  1. Buka pengaturan WiFi seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.
  2. Klik pada opsi “Tampilan” di bagian atas jendela pengaturan.
  3. Pilih “List” dari menu drop-down.

Dalam tampilan list, kamu dapat melihat nama jaringan WiFi yang tersimpan beserta informasi password. Kamu dapat memilih jaringan WiFi yang ingin digunakan dan mengaksesnya tanpa perlu mengetik ulang password.

Mencari Jaringan WiFi yang Tersimpan

Setelah mengetahui cara membuka setting Wi-Fi dan melihat jaringan Wi-Fi yang tersimpan, langkah selanjutnya adalah mencari jaringan Wi-Fi yang ingin Anda akses. Hal ini sangat berguna jika Anda tidak ingat nama jaringan atau jaringan penyimpanan yang diinginkan tersembunyi.

Untuk mencari jaringan Wi-Fi yang tersimpan di Windows 11, Anda dapat menggunakan fitur pencarian dan filter pada bagian atas daftar jaringan Wi-Fi. Caranya:

  1. Klik pada ikon Wi-Fi di taskbar dan buka menu Wi-Fi.
  2. Pilih opsi “Network & Internet settings”.
  3. Pada jendela “Settings”, pilih opsi “Wi-Fi” di bagian kiri.
  4. Scrolldown hingga menemukan bagian “Advanced network settings” dan pilih opsi “Manage known networks”.
  5. Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersimpan. Untuk mencari jaringan Wi-Fi tertentu, gunakan fitur pencarian dengan mengetikkan nama Wi-Fi atau filter dengan mengklik opsi “Filter networks by status”.

Mencari dan Mengetahui Password WiFi Tersimpan di Windows 11

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara untuk melihat jaringan WiFi yang tersimpan di Windows 11. Tapi bagaimana cara mengetahui password wifi yang tersimpan tersebut?

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda tahu passwordnya.
  2. Klik kanan pada jaringan tersebut dan pilih “Properties”.
  3. Pada bagian “Security”, centang opsi “Show characters” untuk menampilkan password WiFi yang tersimpan.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda akhirnya menemukan password untuk jaringan WiFi yang Anda butuhkan! Terlihat mudah, bukan?

Namun, ingatlah untuk tidak memberikan password WiFi Anda kepada siapapun yang tidak Anda percayai. Selalu jaga keamanan jaringan WiFi Anda agar tidak disusupi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menghapus Jaringan WiFi yang Tidak Dibutuhkan

Jika Anda tidak lagi menggunakan jaringan WiFi tertentu, sangat disarankan untuk menghapusnya dari daftar jaringan WiFi tersimpan pada Windows 11. Selain membantu meningkatkan keamanan jaringan Anda, ini juga dapat mengurangi kekacauan pada daftar jaringan yang tersimpan.

Berikut adalah cara menghapus jaringan WiFi yang tidak Anda butuhkan:

  1. Buka Pengaturan WiFi dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada bagian sebelumnya.
  2. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda hapus dari daftar.
  3. Ketika detail jaringan muncul, klik opsi “Hapus”.
  4. Windows 11 akan meminta konfirmasi sebelum menghapus jaringan WiFi. Klik “Ya” untuk menghapus jaringan tersebut dari daftar jaringan yang tersimpan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, jaringan WiFi yang tidak Anda butuhkan akan dihapus dari daftar jaringan yang tersimpan pada Windows 11. Penting untuk diingat bahwa Anda mungkin perlu memasukkan kembali kata sandi pada jaringan WiFi tertentu jika ingin terhubung kembali di masa depan.

Mengamankan Jaringan WiFi

Setelah berhasil mendapatkan cara mengetahui password wifi, ada baiknya memastikan jaringan WiFi Anda aman dari akses yang tidak sah. Berikut beberapa tips untuk mengamankan jaringan WiFi Anda:

  1. Ganti password secara berkala: pastikan untuk merubah password secara rutin, minimal setiap 3 bulan sekali
  2. Buat password yang kuat: gunakan kombinasi huruf besar-kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang sulit ditebak
  3. Matikan fitur WPS: WPS (Wi-Fi Protected Setup) dapat mempermudah akses ke jaringan WiFi Anda, sebaiknya matikan fitur ini jika tidak digunakan
  4. Gunakan enkripsi WPA2: enkripsi WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2) dianggap lebih aman dibandingkan enkripsi WEP (Wired Equivalent Privacy)
  5. Buat jaringan tersembunyi: menyembunyikan nama jaringan WiFi Anda dapat meminimalisir risiko akses yang tidak sah
  6. Atur akses pengguna: pastikan hanya perangkat yang diizinkan yang dapat mengakses jaringan WiFi Anda, dapat dilakukan dengan membatasi akses berdasarkan MAC Address

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meminimalisir risiko akses yang tidak sah ke jaringan WiFi Anda. Selalu ingat untuk menjaga keamanan jaringan WiFi demi menjaga data Anda tetap aman.

Masalah WiFi yang Sering Ditanyakan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara mengetahui password WiFi di Windows 11:

1. Apakah saya perlu mengetahui password WiFi yang tersimpan di Windows 11?

Ya, mengetahui password WiFi yang tersimpan di Windows 11 sangat penting jika Anda ingin terhubung kembali ke jaringan WiFi yang sama atau membagikan password WiFi kepada orang lain.

2. Bagaimana cara menghapus jaringan WiFi yang tidak dibutuhkan?

Anda dapat menghapus jaringan WiFi yang tidak dibutuhkan dengan membuka “Settings” dan menavigasi ke bagian “Network & Internet” dan kemudian memilih “Wi-Fi”. Lalu, klik “Manage known networks”, pilih jaringan WiFi yang ingin dihapus, dan klik “Forget”.

3. Apakah ada alternatif metode untuk mengetahui password WiFi di Windows 11?

Ya, selain mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di artikel ini, Anda juga dapat menggunakan program pihak ketiga seperti WiFi Password Revealer atau Keychain Access di Mac untuk mengetahui password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda.

4. Apa yang seharusnya saya lakukan jika saya tidak dapat menemukan jaringan WiFi yang tersimpan?

Anda bisa mencoba me-refresh daftar jaringan dengan mengklik tombol “Refresh” di bagian kanan atas. Jika itu tidak berhasil, coba restart komputer Anda atau pastikan bahwa Wi-Fi Anda telah diaktifkan.

5. Apakah ada cara untuk mengamankan jaringan WiFi saya?

Ya, ada beberapa cara untuk mengamankan jaringan WiFi Anda. Pastikan Anda menggunakan password yang kuat dan mengaktifkan enkripsi WPA2. Anda juga dapat membatasi akses ke jaringan Anda dengan membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

6. Bagaimana saya tahu apakah jaringan WiFi saya aman?

Anda dapat memeriksa keamanan jaringan WiFi Anda dengan membuka “Settings” dan menavigasi ke bagian “Network & Internet” dan kemudian memilih “Wi-Fi”. Lalu, pilih jaringan WiFi Anda dan lihat apakah enkripsi WPA2 telah diaktifkan. Jika tidak, pastikan untuk mengaktifkan enkripsi WPA2 agar jaringan Anda aman dari ancaman keamanan.

Demikianlah artikel tentang cara mengetahui password wifi yang tersimpan. Jangan lupa untuk secara rutin mengganti password wifi anda untuk keamanan

Baca juga :  Cara Setting IP Address Windows 10

Leave a Comment