Cara menggunakan WhatsApp di laptop

Cara menggunakan WhatsApp di laptop

Posted on

Cara menggunakan WhatsApp di laptop Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan media sosial tentunya sudah menjadi salah satu kebutuhan kaum milenial. Salah satu aplikasi media sosial yang paling populer dan banyak penggunanya adalah aplikasi WhatsApp. Dibuat oleh Facebook, aplikasi ini sebenarnya telah berkembang menjadi primadona sejak keluar pada tahun 2009.

Tidak lama kemudian layanan pesan WhatsApp menjadi sangat populer dan menyalip para pesaingnya di dunia messenger. Tentu ada banyak alasan yang membuat WhatsApp sangat populer di kalangan pengguna gadget. Misalnya, kemampuan aplikasi WhatsApp untuk mengirim berbagai jenis pesan dengan cepat.

Selain itu, aplikasi pesan lewat internet ini juga sangat ringan dan tidak terlalu banyak memakan jatah internet. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai grup sangat menyukai dan menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Bahkan, aplikasi WhatsApp tampaknya akan menggantikan aplikasi SMS di ponsel. Seperti yang sudah Anda ketahui, layanan SMS sangat jarang digunakan akhir-akhir ini.

Cara menggunakan WhatsApp di laptop

Pengguna gadget lebih suka berkirim pesan melalui internet, salah satunya melalui aplikasi WhatsApp. Namun, bagaimana jika Anda bekerja di laptop dan masih ingin menerima dan mengirim pesan melalui WhatsApp. Anda tidak harus terus mengecek aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.

Maka dari itu, pada tahun 2015 WhatsApp merilis fitur yang sangat keren yang memungkinkan Anda untuk menggunakan WhatsApp di laptop atau komputer. Meskipun merupakan fitur yang sangat lama, fitur ini merupakan fitur WhatsApp yang sangat berguna dan mudah bagi pengguna.

Baca Juga  WhatsApp Sekarang Sudah Bisa Dark Mode, Begini Cara Pakainya

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika Anda tidak tahu cara menggunakan layanan WhatsApp di laptop atau desktop yang Anda gunakan untuk bekerja. Untuk mengatasi masalah ini Anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini kita akan membahas berbagai jenis metode yang dapat Anda gunakan saat ingin menggunakan WhatsApp di laptop atau PC desktop.

Cara menggunakan WhatsApp di laptop atau Komputer PC

Jika Anda ingin menggunakan layanan WhatsApp di laptop untuk memudahkan komunikasi saat Anda bekerja, Anda memiliki dua pilihan. Namun perlu diketahui bahwa ponsel cerdas Anda yang telah menginstal aplikasi WhatsApp harus tetap aktif dan terhubung ke internet jika Anda menggunakan salah satu cara berikut.

Mengapa harus? Di bawah ini adalah penjelasan yang perlu Anda pahami tentang penyimpanan WhatsApp. Bagi Anda yang belum tahu, aplikasi WhatsApp menawarkan metode penyimpanan pesan yang berbeda dari aplikasi messenger lainnya. Jika aplikasi messenger lain seperti Telegram, Line dll menyimpan pesan di database, hal ini tidak berlaku untuk WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp menggunakan memori ponsel sebagai lokasi penyimpanan pesan. Ini memungkinkan pesan dikirim dengan sangat cepat karena tidak diperlukan koneksi sebelumnya ke database.

Masalahnya, smartphone bisa disebut database semua pesan WhatsApp Anda. Jadi ketika Anda menggunakannya di laptop, semua data pesan ditarik dari smartphone. Oleh karena itu, smartphone Anda harus tetap aktif dan terhubung dengan internet.

Jika Anda sudah memahami hal ini, maka Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp di laptop atau PC desktop.

1. Menggunakan WhatsApp di laptop atau PC desktop melalui web
Cara pertama menggunakan WhatsApp di laptop adalah membukanya di browser dari web. Cara ini paling mudah karena yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan browser di laptop Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini.

Baca Juga  Cara Menyimpan Status WhatsApp Tanpa Aplikasi

Pastikan laptop atau PC desktop Anda terhubung dengan internet, lalu silahkan buka web browser. Selanjutnya silahkan buka website WhatsApp di aplikasi browser di laptop yaitu web.whatsapp.com. Selanjutnya, Anda perlu memindai kode QR untuk dapat masuk ke akun WhatsApp Anda.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda, lalu tap Menu (ikon tiga titik) di pojok kanan atas lalu tap Linked Devices. Setelah itu, ketuk tombol Tautkan Perangkat untuk menampilkan halaman pemindai Kode QR Web WhatsApp.

Cara menggunakan WhatsApp Web

Selanjutnya silahkan scan QR code yang ada di layar laptop dengan smartphone anda. Pastikan kode QR langsung berada di kotak pemindai ponsel cerdas Anda. Jika sudah cocok, otomatis akun WhatsApp Anda akan terbuka di laptop atau PC desktop yang Anda gunakan.

Cara menggunakan WhatsApp di browser

Setelah itu, Anda dapat menggunakan WhatsApp dan mengirim berbagai jenis pesan melalui browser di laptop. Anda dapat menggunakan metode ini di semua jenis Windows.