Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur

Cara menghidupkan komputer sesuai prosedur – Jika Anda menyalakan atau menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar, itu akan mencegah kerusakan pada komputer dan dapat meningkatkan kinerja komputer baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak.

Namun, sebelum mempelajari cara menyalakan komputer sesuai prosedur, Anda harus terlebih dahulu mengenali berbagai port komputer dengan perangkat input atau output komputer. Hal ini dimaksudkan agar dalam menghidupkan dan mematikan komputer tidak ada masalah yang tidak diinginkan yang serius, sehingga prosedur yang benar akan membuat komputer Anda tidak mudah rusak.

Ketahui Fungsi dan Jenis Port di Komputer
Untuk mengaktifkan dan mengaktifkan komputer sesuai prosedur, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa kabel monitor, mouse, keyboard, printer, dan kabel daya tersambung dengan benar dan benar ke konektor yang sesuai.

Berbagai port komputer tersedia, termasuk:
– port keyboard dan mouse,
– port monitor,
– port printer,
– Port USB,
– port kabel daya

a. Fungsi dan jenis keyboard dan port mouse
Ada dua jenis port keyboard dan mouse, yaitu port Serial dan port PS / 2 yang berfungsi untuk menghubungkan keyboard dan mouse ke CPU.

b. Pantau fungsi port
Port monitor berfungsi untuk menghubungkan monitor ke CPU.

c. Fungsi Port Printer

Ada dua jenis port printer, yaitu port Serial dan port PS / 2 yang berfungsi untuk menghubungkan printer ke CPU.

d. Fungsi port USB

Port USB yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat perangkat keras kabel USB eksternal (seperti flash disk) ke CPU.

Cara menghidupkan komputer sesuai prosedur

cara menghidupkan komputer sesuai prosedur
Turn On

1. Hubungkan Power Supply dengan Sumber Komputer
Untuk menghubungkan catu daya dengan sumber arus listrik, gunakan kabel daya. Dan juga pastikan kabel daya tersambung dengan benar dan benar dengan arus listrik.

2. Prosedur Menyalakan Komputer
Sebelum melangkah lebih jauh dalam mengoperasikan komputer, kita harus mengetahui prosedur untuk menyalakan komputer dengan benar. Jika prosedur tidak dilakukan dengan benar, itu akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyalakan komputer adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan sistem unit komputer terhubung dengan benar.
  2. Pastikan unit komputer terhubung dengan benar ke arus listrik.
  3. Juga pastikan tidak ada disket di drive Floppy.
  4. Hidupkan komputer dengan menekan tombol ON (daya) pada CPU dan hidupkan monitor dengan menekan tombol power monitor.
  5. Tunggu beberapa saat hingga komputer menyelesaikan proses booting.
  6. Setelah booting selesai, komputer akan menampilkan layar desktop sebagai tanda bahwa komputer siap digunakan.

3 Tips Agar Komputer yang Tidak Mudah Rusak

1. Menghidupkan komputer harus dilakukan dengan benar. Usahakan untuk tidak menyalakan komputer terlalu sering. Karena menyalakan komputer beberapa kali sehari akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer dibandingkan dengan menyalakan satu hari penuh.

2. Beri penundaan sekitar 15 hingga 30 detik di komputer, biarkan komputer beristirahat saat komputer dimatikan dan akan dihidupkan lagi. Dan berikan komputer beberapa saat untuk menyelesaikan proses boot sehingga dengan kerusakan ini komponen komputer dapat dihindari.

3. Jangan terburu-buru
Mengaktifkan komputer dengan terburu-buru akan memberi tekanan besar pada sistem mekanis hardrive. Disk yang awalnya stabil dapat bergerak dengan cepat. Akhirnya, ada kesalahan fatal yang merugikan Anda.

Begitulah cara menyalakan komputer sesuai prosedur, semoga dengan membaca artikel di atas Anda dapat lebih memahami penggunaan komputer dengan benar. Silakan unduh artikel di atas pada tautan di bawah ini.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel