Cara menghilangkan noise gambar (PC/Laptop & Smartphone)

Cara menghilangkan noise gambar (PC/Laptop & Smartphone)

Posted on

Cara menghilangkan noise gambar – Bagi Anda yang suka berfoto dengan kamera telepon genggam (HP) Anda mungkin telah melihat efeknya Kebisingan pada sebuah foto. Mungkin juga beberapa dari Anda memiliki pertanyaan tentang apa itu efek Kebisinganwalaupun secara tidak sadar kamu pernah melihatnya, tapi secara tidak sadar kamu tahu itu efeknya Kebisingan.

Noise adalah bercak-bercak warna pada foto yang membuat foto atau gambar terlihat tidak rapi dan tidak bagus jika dilihat secara visual detail.

Saat Anda memotret objek dengan kamera HP. Biasanya, foto yang Anda buat akan menghasilkan noise, yang disebabkan oleh sensor elektronik yang relatif kecil dibandingkan dengan kamera profesional seperti kamera mirrorless atau DSLR.

Untuk melihat efek foto noise ini, Anda perlu membuka foto dengan PC/Laptop, lalu memperbesar atau memperbesar foto atau gambar lebih dekat. Bagi anda yang biasa bermain microstock seperti Shutterstock, menghilangkan efek noise pada sebuah foto adalah salah satu syarat agar foto anda bisa diterima (approved).

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghindari dan menghilangkan efek noise pada sebuah gambar. Salah satunya dibahas oleh Klik Cetakadalah melalui penggunaan software atau aplikasi yang terdapat pada PC/Laptop anda dan juga ponsel Android.

apa itu kebisingan?

Seperti yang kami jelaskan di atas Kebisingan adalah masalah terbesar yang sering melanda para fotografer di dunia fotografi digital. Ketika Anda menemukan tambalan warna seragam di area yang luas, seperti langit, yah, itu disebut Kebisingan paling sering terlihat.

Baca Juga  Apa itu watermark? Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya

Sebagian besar waktu, ini adalah efek yang sengaja ditingkatkan pada foto tertentu. Namun, dalam banyak kasus Kebisingan Itu adalah sesuatu yang fotografer benar-benar tidak inginkan.

Kabar buruknya, tidak ada solusi terbaik untuk mengatasi terjadinya noise ini. Eits, tapi jangan patah semangat dulu karena banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau menghapus sesuatu Kebisingan yang ada di foto, meskipun tidak sepenuhnya menghapusnya.

penyebab kebisingan

Penyebab utama munculnya efek Kebisingan adalah ISO tinggi, semakin tinggi ISO, semakin banyak Kebisingan muncul dalam foto atau gambar. ISO tinggi ini umumnya disebabkan oleh pemotretan dalam cahaya rendah atau kegelapan.

Di depan kamera telepon genggamMode ISO itu sendiri biasanya diatur secara otomatis, di sebelah sensor pada kamera telepon genggam Nilai yang sangat kecil akan menghasilkan ISO tinggi saat memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Menurut beberapa sumber, efeknya Kebisingan hampir tidak mungkin untuk dihilangkan. Tapi Anda bisa mengurangi efeknya Kebisingan yang ada di foto yang diambil oleh kamera telepon genggam.

1. Menggunakan Software Photoshop (PC/Laptop)

Cara pertama adalah dengan menggunakan software yang sering digunakan fotografer untuk mengedit fotonya, yaitu Photoshop. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi atau software Adobe Photoshop di PC/Laptop Anda.
  • Kemudian pilih menu Filter > lalu Noise > mengurangi kebisingan.
  • Setelah itu di mengurangi kebisingan Anda mengubah pengaturan
  • Jika Anda mengklik OK.
  • Omong-omong, saat kami mengunggah foto ke Shutterstock. Foto ditolak atau ditolak karena artefak kompresi.
  • Setelah kami edit dengan mengatur noise seperti di atas, akhirnya foto sudah diterima.

2. Menggunakan aplikasi Lightroom (smartphone)

Opsi kedua adalah menggunakan smartphone dengan aplikasi bernama Lightroom. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Dengan cara kedua ini, Anda bisa menggunakan aplikasi di ponsel Anda, baik Android maupun iOS, untuk mengurangi noise pada foto.
  • Segera unduh aplikasi Adobe Lightroom dari Google Play Store atau App Store.
  • Selanjutnya kamu bisa buka aplikasinya lalu masukkan foto yang ingin kamu edit dengan memilih icon +
  • Jika Anda dapat memilih ikon menu detail (gambar segitiga), Anda hanya perlu mengaturnya pengurangan kebisingan dengan menggeser tombol geser ke kanan.
  • Anda juga dapat menyesuaikan Pengurangan kebisingan warna jika itu perlu.

3. Tanpa menggunakan aplikasi

Cara terakhir ini Anda dapat mengurangi efek noise pada foto Anda tanpa menggunakan aplikasi apa pun. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Sebagai upaya terakhir, Anda dapat menggunakan alat yang tersedia di situs web online untuk mengurangi efek noise pada foto atau gambar Anda.
  • Cukup buka situs web bigjpg.com
  • Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah memilih file foto atau gambar yang ingin Anda edit.
  • Jika ya, Anda dapat memilih tombol awal.
  • Kemudian Anda dapat memilih untuk konfigurasi di bagian Jenis Gambar fotomaka Anda juga dapat mengubah ukuran atau ukuran foto di sini 2x dan 4x.
  • Kemudian Anda dapat memilih pengurangan kebisingan di bagian paling tinggi atau Tinggiuntuk memilih derajat atau tingkat pengurangan efek noise pada gambar atau foto.
  • Tunggu hingga semua proses selesai.
  • Setelah selesai, Anda hanya perlu mengunduh foto-fotonya.

Ini adalah sedikit diskusi kami tentang cara menghilangkan efek Kebisingan yaitu dalam sebuah gambar atau foto dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Adobe Lightroom sampai anda tidak menggunakan aplikasi tersebut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.