Cara mematikan mikrofon di Laptop Windows

4 cara menonaktifkan mikrofon di laptop Windows

Posted on

cara menonaktifkan mikrofon di laptop Kehadiran microphone di perangkat elektronik seperti laptop atau komputer PC tentu memegang peranan penting. Mikrofon memungkinkan Anda merekam suara untuk melakukan panggilan video dengan laptop. Namun, terkadang pengguna komputer ingin mematikan mikrofon laptop karena suatu alasan.

cara menonaktifkan mikrofon di laptop

Mikrofon yang berfungsi sebagai penangkap kebisingan menangkap kebisingan di sekitar laptop saat aplikasi Windows memerlukannya. Misalnya, jika Anda menggunakan Zoom atau Google Meet, atau Anda Lakukan panggilan WhatsApp di laptop, maka tentu saja Anda memerlukan mikrofon agar orang lain dapat mendengar apa yang Anda katakan.

Namun, ada situasi ketika Anda tidak boleh menggunakan mikrofon. Dengan kata lain, Anda tidak ingin suara di sekitar laptop ditangkap oleh mikrofon laptop dan didengar oleh orang lain selama panggilan video. Misalnya, jika Anda sedang rapat Zoom tetapi ingin mematikan mikrofon tanpa ketahuan teman di aplikasi Zoom. Ini sangat mungkin karena Anda sebenarnya dapat menonaktifkan mikrofon di laptop Windows.

Cara mematikan atau mematikan mikrofon di laptop Windows

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda cukup mematikan mikrofon laptop jika perlu. Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk melakukannya.

1. Nonaktifkan mikrofon dengan tombol keyboard

Beberapa jenis laptop memiliki tombol khusus yang mematikan fungsi tertentu pada laptop. Bukan hanya tombol untuk Nonaktifkan WiFi laptop, terkadang tombol untuk mematikan mikrofon laptop.

Baca Juga  Cara Transfer dari ATM BRI ke BCA

Jika laptop Anda memiliki tombol ini, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan mikrofon laptop. Kuncinya terletak di antara tombol F1 hingga F12.

Silakan temukan tombol untuk mematikan mikrofon lalu tekan untuk mengaktifkan mikrofon internal laptop Anda tamat. Biasanya Anda juga harus menekan tombol Fn saat Anda menekan tombol untuk bekerja.

Pintasan untuk menonaktifkan mikrofon laptop

Setelah Anda menekan tombol, mikrofon laptop Anda akan mati sehingga tidak akan mengeluarkan suara apa pun. Jadi saat Anda sedang rapat Zoom, suara Anda tidak akan terdengar, tetapi sepertinya Anda tidak membisukan mikrofon.

Saat Anda ingin menghidupkan kembali mikrofon laptop, cukup tekan tombol yang ditekan saat Anda mematikannya. Kemudian mikrofon laptop Anda aktif kembali.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya bisa digunakan jika laptop Anda memiliki tombol khusus untuk mematikan mikrofon. Jika tidak, silakan gunakan metode lain di bawah ini.

2. Nonaktifkan mikrofon melalui pengaturan suara

Cara lain untuk mematikan atau mematikan mikrofon di laptop Anda adalah dengan mengubah pengaturan suara. Cara ini sangat sederhana dan bisa Anda lakukan di Windows 7, Windows 8.1, atau Windows 10. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, klik kanan ikon speaker di sisi kanan baki sistem Windows. Kemudian silahkan klik suara pada opsi yang muncul untuk membuka pengaturan audio.

Menyesuaikan suara laptop

Setelah jendela suara buka, silakan klik pada tab rekaman untuk melihat daftar mikrofon di laptop Anda. Setelah itu silahkan klik kanan pada microphone yang aktif (yang ada tanda centangnya) lalu klik Menonaktifkan untuk mematikannya.

Cara mematikan mikrofon laptop saat memperbesar

Setelah itu, mikrofon laptop Anda mati dan tidak lagi merekam suara apa pun. Jika Anda ingin menyalakannya kembali, cukup klik kanan mikrofon lagi, lalu klik Mengaktifkan.

Baca Juga  Cara Transfer Gopay ke Akun Lain

3. Nonaktifkan mikrofon melalui pengaturan Windows

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika ingin mematikan microphone di laptop Windows 10 adalah dengan melakukan setting di aplikasi Settings. Untuk menonaktifkan mikrofon laptop dari Pengaturan, ikuti langkah-langkah ini.

Langkah pertama adalah menyenangkan diri sendiri Buka pengaturan pada laptop Windows 10 bekas. Setelah dibuka silahkan klik menu pribadi untuk membuka pengaturan privasi.

Pengaturan privasi Windows 10

Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan klik mikropon di panel kiri. Lalu aku Akses mikrofon untuk perangkat ini diaktifkan silahkan klik tombolnya Mengubah. Kemudian ubah ke dalam popup yang muncul tamat untuk mematikan mikrofon laptop.

Menonaktifkan mikrofon laptop di Windows 10

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, mikrofon laptop akan mati. Untuk mengaktifkannya kembali, yang harus Anda lakukan adalah mengubah bagian lagi Akses mikrofon NS pada.

Namun, perhatikan bahwa Anda hanya dapat melakukan metode ini di Windows 10. Jadi jika Anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8.1 silakan gunakan metode yang berbeda.

4. Nonaktifkan mikrofon melalui Lenovo Vantage

Jika Anda menggunakan laptop merek Lenovo, ada aplikasi yang juga dapat digunakan untuk mematikan mikrofon, yaitu Lenovo Vantage. Namun, untuk menggunakan metode ini, Anda harus Instal aplikasi Lenovo Vantage melalui Microsoft Store.

Setelah di instal silahkan Tambahkan pintasan Lenovo Vantage ke baki sistem untuk membuatnya lebih mudah diakses. Saat ditambahkan, silakan klik ikon persentase baterai di baki sistem Windows 10 untuk membuka pintasan Lenovo Vantage. Kemudian klik ikon mikrofon di jendela yang muncul untuk mengaktifkannya tamat.

Cara menonaktifkan mikrofon di laptop Lenovo

Ketika itu terjadi, mikrofon laptop Lenovo Anda akan mati dan berhenti menangkap suara-suara di sekitar laptop. Untuk mengaktifkannya kembali, silakan klik ikon mikrofon lagi untuk mengaktifkannya pada.

Baca Juga  Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Software

Kesimpulan

Ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin mematikan atau menonaktifkan mikrofon internal laptop Anda. Cara di atas bisa kamu lakukan di laptop Windows. Jadi, jika Anda ingin mencegah mikrofon menangkap suara di dekat laptop, silakan gunakan salah satu metode di atas.