Entry Data Adalah

Posted on

Entry data adalah salah satu fungsi komputer  yang juga langkah terpenting dalam pemrosesan data. Akurasi dan akurasi dalam pemasukan data adalah kunci utama untuk menghasilkan data yang baik. Keunggulan data entry dan database adalah memudahkan seseorang untuk mencari data yang kemudian dapat diolah sesuai kebutuhan.
Entri data dan pembuatan database adalah salah satu tahap pertama dari pemrosesan data. Pemrosesan data yang baik dapat dihasilkan di sini jika entri data benar. Akurasi dan akurasi sangat dibutuhkan untuk database yang baik yang akan dibangun.

Entry data adalah

Entry data adalah proses pemindahan data, data ditransfer dari data fisik ke data digital yang dapat diolah oleh perangkat lunak. Data fisik adalah data yang terdapat dalam dokumen kertas atau catatan lainnya. Data tersebut dimasukkan dan dimasukkan ke dalam dokumen digital di komputer Anda. Proses ini dikenal sebagai entry data.

Saat kita memindahkan catatan di notepad (di komputer), ini pada dasarnya disebut entri data. Di masa-masa awal Windows 98, entri data lebih spesifik untuk entri dokumen dalam aplikasi yang disebut Microsoft Office. Produk Microsoft Office berkisar dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access, dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak software dan aplikasi yang dapat mengolah data input kita secara langsung menjadi informasi yang lebih berguna pada saat dibutuhkan, seperti: B. SPSS, AMOS untuk pengolahan data statistik.

Baca Juga  Kegunaan Koin Shopee Yang Wajib Kamu Tahu

Profesi Data Entry

Entri data adalah profesi yang sangat populer di Indonesia. Namun, tahukah Anda seperti apa pekerjaan itu? Apa tanggung jawabnya? Ingin mengetahui lebih lanjut tentang pekerjaan yang selalu memiliki lowongan sepanjang tahun ini?

Apa itu data entry?

Data Entry adalah istilah yang cukup luas karena mencakup sejumlah pekerjaan Akibatnya, profesi entri data mencakup banyak profesi mulai dari pemrosesan data elektronik hingga input, pengolah kata, dan transkripsi. Padahal entri data merupakan jenis pekerjaan kantoran yang menggunakan berbagai macam proses seperti memasukkan dan merekam suara kemudian memasukkan data ke dalam komputer.

Biasanya, seseorang yang bertindak sebagai orang entri data bekerja di industri seperti ritel, transportasi, keuangan, dan perawatan kesehatan. Namun, menurut Techopedia, sebagian besar perusahaan sebenarnya memerlukan entri data karena mereka memiliki tugas dasar untuk menjalankan fungsi kantor sehari-hari.

Dari informasi diatas dapat disimpulkan bahwa entri data merupakan kegiatan memasukkan data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer perusahaan. Semua data yang dimasukkan umumnya dirinci dan dalam beberapa kasus bahkan dirahasiakan. Untuk itu, seseorang yang memasukkan data harus memiliki integritas yang tinggi dan dapat dipercaya.

Tanggung jawab pekerjaan

Menurut Roberthalf dan Glassdoor, beberapa tugas entri data adalah sebagai berikut.

  1. Menyiapkan dan sortir dokumen sebelum memasukkan data ke komputer Anda.
  2. Memasukkan data dalam database in-house.
  3. Memeriksa dan menjamin keakuratan data yang dimasukkan ke dalam database.
  4. Selesaikan perbedaan informasi dan data yang tidak lengkap.
  5. Buat data cadangan yang merupakan bagian dari rencana darurat.
  6. Jawab permintaan dari anggota resmi.
  7. Menguji sistem database baru dan pembaruan perangkat lunak.
  8. Kelola dokumen dan catatan dengan baik.
  9. Siapkan laporan yang relevan sesuai kebutuhan.
  10. Terima dan proses faktur untuk pembayaran dan perbarui detail faktur.
  11. Identifikasi dan perbaiki kesalahan entri data menggunakan metode kendali mutu yang tepat.
Baca Juga  Cara Membuat Email di Gmail Dengan Mudah

Selain beberapa tanggung jawab yang disebutkan di atas, entri data merupakan profesi yang memiliki banyak peran lain tergantung kebijakan perusahaan.

Misalnya, mereka juga melakukan tugas-tugas seperti memesan perlengkapan kantor dan mengarsipkan dokumen.

Jenis Pekerjaan entry data

Seperti yang dijelaskan oleh Indeed ada dua jenis permintaan entri data; seperti berikut ini:

1. Pengendali jarak jauh / remote

Pada saat internet nyaman, data dapat dimasukkan dari jarak jauh. Faktanya, ada beberapa pekerjaan entri data freelance yang saat ini tersedia yang dapat digunakan sebagai opsi pekerjaan sekunder. Sebagai petugas entri data jarak jauh, ia juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Bisa bekerja dimana saja.
  • Anda dapat memilih jam kerja Anda.
  • Gaji yang diterima bukan gaji per jam, tapi dibayarkan setelah proyek selesai.
  • Dapatkan kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak karena Anda dapat bekerja pada waktu yang sama di tempat yang berbeda

Selain itu, ketika Anda menjadi orang entri data yang bekerja dari jarak jauh, biasanya Anda tidak perlu memikirkan tentang riwayat pekerjaan yang telah dilakukan. Meskipun Anda belum pernah mencoba pekerjaan ini, Anda masih memiliki kesempatan untuk mencoba pekerjaan ini. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas profesi ini.

2. Kerja Di rumah/ Work From Home

Entri data internal adalah mereka yang bekerja penuh waktu di sebuah perusahaan. Jenis pekerjaan ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya:

  • Dapatkan lebih banyak pendapatan dari perusahaan.
  • Anda mendapatkan beberapa tunjangan seperti kesehatan dan tunjangan lainnya.
  • Dapat memiliki keunggulan atau keunggulan kinerja kerja berdasarkan keandalan, ketepatan dan kecepatan kerja.

Bekerja full time di suatu perusahaan tentunya memiliki banyak keuntungan lain, seperti bisa bekerja dengan tim yang saling mendukung. Selain itu, sesuai kebijakan perusahaan, karyawan dapat menerima banyak manfaat.

Baca Juga  Microsoft Hapus Fitur Pada Windows Defender, Karena Berpotensi Dijadikan Alat Peretasan

Gaji Petugas Entry Data

Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada pekerjaan supervisor entry data – dari Rp 2.372.268,43 hingga Rp 3.610.928,15 per bulan – 2021.

Petugas entry data menyisipkan kode, sistem keuangan dan data menurut pengaturan numerik ke dalam perangkat elektronik, struktur data yang diolah komputer, kolom dan baris atau lokasi penyimpanan data lainnya dengan menggunakan kunci komputer, krusor komputer atau perangkat input data optikBentuk gambar / objek dalam a komputer, perangkat lunak pengenalan suara atau perangkat input data lainnya. Mereka memasukkan data ke dalam mesin dan perangkat elektronik untuk melakukan perhitungan matematika Indonesia