Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna

Fungsi Web Hosting untuk Pengguna – Bagi yang sudah aktif di dunia networking, tentunya sudah familiar dengan sesuatu yang disebut web hosting. Blogger, atau pemilik situs pribadi juga tampak akrab dengan istilah tersebut.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, web hosting adalah salah satu teknologi yang paling umum dan bahkan prasyarat untuk perusahaan, media, atau bahkan pribadi untuk dengan mudah menjangkau orang lain melalui situs mereka sendiri.

Dari segi definisi, web hosting atau yang lebih umum disebut hosting adalah layanan yang digunakan untuk menyimpan data dari suatu situs (yang berisi halaman web, kode CSS, skrip PHP) dan sebagainya atau aplikasi online yang dapat diakses melalui internet oleh orang lain ketika mengunjungi alamat situs web atau aplikasi online.

Hosting memiliki perang yang tidak dapat diragukan, sangat penting dalam pengembangan web karena semua data yang dibutuhkan untuk mengakses situs akan disimpan di web hosting sehingga dapat diakses di mana saja melalui internet.

Perusahaan yang menyediakan layanan web hosting akan menyediakan server yang dapat disewakan kepada pengguna yang membayar atau ingin menggunakan layanan hosting sehingga setiap orang dapat menempatkan data mereka di web hosting.

Ukuran kapasitas penyimpanan yang berbeda biasanya disediakan oleh penyedia layanan web hosting karena pengguna membayar dengan harga yang berbeda, atau mereka melakukannya sebagai bentuk kesesuaian dengan filosofi mereka.

Fungsi Web Hosting Untuk Pengguna

fungsi web hosting
fungsi web hosting

Bagi kita yang ingin belajar tentang dunia jejaring, terutama internet, memahami atau belajar tentang web hosting adalah salah satu hal penting karena dengan begitu kita dapat memahami apa yang dibutuhkan untuk membuat situs web bekerja, apa bedanya? antara hosting dan domain.

Pada artikel ini kita akan mempelajari apa fungsi web hosting di dunia internet sehingga kita dapat dengan jelas memahami posisinya dalam sistem jaringan internet.

Berikut adalah beberapa fungsi hosting web yang dapat Anda ketahui.

1. Penyimpanan data
Fungsi utama dari web hosting sebenarnya adalah menyimpan semua file yang dibutuhkan sehingga sebuah situs web atau aplikasi online yang dimiliki oleh pengguna dapat dijalankan oleh pengguna lain. Web hosting dapat diibaratkan sebagai perpustakaan, dengan situs atau data web sebagai buku.

Perpustakaan menyediakan tempat, seperti rak, fasilitas seperti meja baca, dan akses seperti jam yang memungkinkan seseorang untuk mengakses berbagai buku di perpustakaan. Web hosting, kurang lebih berfungsi seperti itu. Dengan penyimpanan ini, pengguna atau pemilik situs web dapat memberikan data yang dibutuhkan oleh pengunjung situs mereka.

2. Alamat akses data situs
Web hosting juga berfungsi sebagai pengalihan akses ke situs dari DNS tertentu. Ini berarti, misalnya, situs Anda memiliki alamat “abcd.com”.

Situs abcd memiliki alamat domain yang terdaftar ke DNS tertentu. Ketika Anda mencoba mengakses situs ini, server atau penyedia domain situs Anda akan mengakses alamat hosting yang Anda gunakan untuk menjalankan situs Anda.

Tanpa hosting web, meskipun alamat situs web Anda tercantum dalam daftar DNS yang Anda gunakan, situs web atau situs web Anda tidak akan dapat diakses. Bahkan mungkin menyebabkan kesalahan tanpa alamat terkait dan seperti ketika Anda mencoba mengakses web.

3. Situs akan terus online
Fungsi ini sangat penting fungsinya dan hanya dimiliki oleh web hosting. Dengan mengaktifkan web hosting, situs yang Anda miliki akan tetap online selama penyedia layanan hosting Anda selalu terpelihara dengan baik.

Dengan cara itu situs Anda pasti dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja tanpa khawatir bahwa situs Anda akan tiba-tiba mati.

Dalam beberapa kasus, situs Anda benar-benar akan mati, tetapi kemungkinannya kecil jika Anda menggunakan layanan berbayar dan memiliki jaminan waktu kerja yang sangat tinggi.

Jika Anda ingin memiliki situs untuk kepentingan profesi Anda, atau bisnis, sangat disarankan agar Anda menggunakan situs yang kuat, dalam arti bahwa Anda selalu dapat online meskipun banyak pengguna mengakses dan sebagainya.

Demikian skilas tentangĀ Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna. Semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel