Jenis Komunikasi Daring (Dalam Jaringan) Dan Contohnya

Jenis-jenis Komunikasi Daring (Dalam Jaringan) – Setelah memahami arti komunikasi dalam jaringan atau online, maka dalam artikel ini kita akan mempelajari jenis-jenis komunikasi dalam jaringan bersama dengan contoh-contoh.

Ada dua jenis Komunikasi daring, yaitu komunikasi dalam jaringan sinkron dan Komunikasi daring asynchronous. Baca dengan seksama tentang pengertian di antara keduanya.

1. Komunikasi daring sinkron (secara bersamaan)

Komunikasi dalam jaringan simultan (sinkron) adalah komunikasi yang menggunakan media komputer, yang terjadi secara real time. Contoh Komunikasi daring sinkron meliputi hal-hal berikut:

a. Obrolan Teks
Obrolan teks adalah pertukaran pesan verbal yang ditulis dalam lingkungan online atau elektronik yang sinkron dengan menggunakan fitur, aplikasi, atau program di jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara langsung dengan sesama pengguna internet yang sedang online (keduanya terhubung ke internet).

Obrolan Teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada siapa saja yang menggunakan internet, kemudian orang yang menerima pesan tersebut akan mengembalikan teks, dan seterusnya. Itulah proses obrolan teks.

b. Obrolan Video (VidChat)
Obrolan video adalah komunikasi visual (satu-satu) antara dua pengguna internet. Contoh aplikasi yang digunakan seperti Skype, ini memungkinkan dua orang di seluruh dunia melakukan panggilan video.

Untuk itu, mereka yang ingin melakukan Vidchat diharuskan untuk menggunakan komputer atau smartphone dan koneksi internet yang baik. Tidak hanya Skype FaceTime dan Google hangout yang dapat Anda gunakan untuk obrolan video.

jenis komunikasi daring
google hangout

Selain video chat Anda juga melakukan video converence. Tetapi perbedaan antara konferensi video mengacu pada komunikasi dari 3 atau lebih pihak. Dan biasanya digunakan dalam lingkungan bisnis.

Panggilan video Skype dan FaceTime Apple adalah dua layanan obrolan video terpopuler saat ini. Sementara Obrolan Video Facebook, ooVoo, dll. Adalah beberapa contoh obrolan video paling populer.

2. Komunikasi daring asynchronous (tidak simultan)

Komunikasi daring tidak sinkron atau asinkron adalah bentuk komunikasi yang menggunakan perangkat komputer dan dilakukan dengan cara yang tertunda.

Contoh komunikasi dalam jaringan asinkron adalah surat elektronik (e-mail), forum, rekaman simulasi visual, dan membaca dan menulis dokumen secara online melalui World Wide Web.

 

3. Mendukung Komponen Komunikasi daring

Komunikasi dalam jaringan dapat dilakukan jika ada komponen yang mendukungnya. Komponen-komponen ini dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.

a. Komponen perangkat keras (perangkat keras)
Disingkat sebagai HW, Hardware digambarkan sebagai komponen fisik dari sistem komputer yang berisi papan sirkuit, IC, atau elektronik lainnya. Tanpa tugas yang sulit, perangkat lunak tidak dapat digunakan.

Atau perangkat keras komputer adalah kumpulan bagian fisik dari sistem komputer. Ini termasuk casing komputer, monitor, keyboard dan mouse. Dan juga semuanya di CPU komputer, seperti hard disk drive, motherboard, kartu video, dan banyak lainnya.

Contoh perangkat keras yang diperlukan untuk melakukan Komunikasi daring adalah komputer, headset, mikrofon, dan perangkat pendukung koneksi Internet.

Baca juga: Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dan Gambar

b. Komponen perangkat lunak
Disingkat perangkat lunak (SW) adalah kumpulan instruksi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, perangkat keras, atau melakukan tugas. Tanpa perangkat lunak, komputer tidak dapat digunakan (sia-sia).

Perangkat lunak yang biasa digunakan dalam implementasi komunikasi dalam jaringan meliputi: skype, google + hangout, webconference, dll.

c. Komponen penalaran atau brainware
Termasuk dalam komponen ini adalah kita (manusia) yang terlibat dalam penggunaan dan pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan komunikasi dalam jaringan.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel