Manajemen Proses Sistem Operasi Windows

Diposting pada

Manajemen Proses Sistem Operasi – Apa itu manajemen proses? Prosesnya adalah program yang sedang dijalankan. Sedangkan program adalah kumpulan instruksi yang ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti oleh sistem operasi.

Suatu proses membutuhkan sumber daya untuk menyelesaikan tugas. Sumber daya ini dapat berupa waktu CPU, alamat memori, file, dan perangkat input dan output.

Dengan membaca ini, diharapkan Anda akan memahami sistem manajemen proses sistem operasi Windows. Dan artikel ini terkait erat dengan dua artikel sebelumnya, yaitu; Peran sistem operasi dalam struktur sistem komputer dan Pengertian sistem operasi dan fungsinya

Tugas Sistem operasi mengalokasikan sumber daya ini ketika proses dibuat atau sedang dalam tahap proses. Ketika proses berhenti, sistem operasi akan mengambil sumber daya agar agar dapat digunakan oleh proses lain. Sistem operasi juga bertanggung jawab untuk kegiatan yang terkait dengan manajemen proses.

Berikut ini adalah tugas-tugas sistem operasi.

manajemen proses sistem operasi
manajemen proses sistem operasi

Tugas Sistem Operasi

1. Buat dan hapus proses dan sistem proses pengguna
Sistem operasi bertugas mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan oleh suatu proses dan kemudian mengambil sumber daya kembali setelah proses selesai sehingga dapat digunakan untuk proses lain.

2. Menunda atau melanjutkan proses
Tugas Sistem operasi akan mengelola semua proses yang harus dilakukan pertama berdasarkan prioritas proses yang ada. Jika ada dua atau lebih proses yang menunggu dalam antrean untuk dijalankan, sistem operasi akan memprioritaskan proses yang memiliki prioritas tertinggi.

3. Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi
Tugas Sistem operasi akan mengelola proses yang dijalankan secara bersamaan. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya ketidakcocokan data karena akses data yang sama, serta untuk mengatur urutan proses sehingga setiap proses berjalan tanpa cegukan.

4. Berikan mekanisme untuk proses komunikasi
Tugas Sistem operasi menyediakan mekanisme kerja sehingga beberapa proses dapat berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain tanpa menyebabkan gangguan pada proses lain.

5. Berikan mekanisme untuk menangani deadlock (deadlock)
Deadlock adalah kondisi di mana sistem berhenti karena setiap proses memiliki sumber daya yang tidak dapat dibagikan dan menunggu untuk mendapatkan sumber daya yang dimiliki oleh proses lain.

Menunggu satu sama lain adalah apa yang disebut deadlock. Sistem operasi harus dapat mencegah deadlock dan menghindari dan mendeteksi deadlock. Jika kebuntuan terjadi, sistem operasi harus dapat memulihkan keadaannya.

Anda dapat mengunduh artikel ini dalam format PDF di bawah ini.

Silahkan berkomentar dengan relevan