15 Macam Media Penyimpanan Data Pada Komputer

15 Macam Media Penyimpanan Data Pada Komputer – Perangkat Penyimpanan penyimpanan data atau media adalah perangkat perangkat keras yang mampu menyimpan informasi baik untuk sementara atau secara permanen.

Media penyimpanan data pada komputer secara luas dibagi menjadi dua; yaitu perangkat penyimpanan primer (memori utama) dan perangkat penyimpanan sekunder atau penyimpanan sekunder.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas SEMUA media penyimpanan data yang bisa digunakan oleh komputer.

Baca juga: 30 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

15 Macam Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Agar lebih mudah dipahami, maka saya akan mengkategorikan media penyimpanan data pada komputer menjadi 3 kategori;

a. Media penyimpanan data magnetik
b. Media penyimpanan data optik
c. Media penyimpanan data flash

Seperti disebutkan di atas, ada dua jenis perangkat penyimpanan data yang digunakan pada komputer. Perangkat utama seperti RAM. Sementara perangkat sekunder seperti hard disk.

Diskusi tentang RAM yang saya tulis dalam artikel berjudul “Memahami RAM dan Fungsinya”

1. Media Penyimpanan Data Magnetik

Penyimpanan magnetik adalah salah satu jenis penyimpanan data yang paling umum digunakan di komputer dan merupakan teknologi yang digunakan di sebagian besar media penyimpanan komputer.

Contoh perangkat penyimpanan magnetik adalah sebagai berikut;

a. Floppy disk atau disket

Macam Media Penyimpanan Data Pada Komputer
disket

Floppy Disk Drive atau FD adalah disk drive komputer yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di dalamnya. Floppy disk adalah media penyimpanan sekunder yang dapat dihapus (copot). Floppy disk pertama yang digunakan adalah floppy disk 5 1/4 “, yang kemudian diganti dengan floppy disk 3 1/2”.

Ukuran disk 5 ΒΌ mampu menyimpan data 360 KB hingga 1,2 MB, sementara disket 3 1/2 mampu menyimpan data berukuran 360 KB hingga 1,44 MB.

b. Hard Drive atau Hard Disk

Macam Media Penyimpanan Data Pada Komputer
Harddisk

Hard disk drive (disingkat sebagai Hard Drive, HD, atau HDD) adalah media untuk menyimpan data non-volatile. Ini berarti bahwa data yang disimpan di hard disk tidak akan hilang meskipun komputer yang Anda gunakan dimatikan.

Hard disk terdiri dari satu atau lebih disk yang berisi data menggunakan kepala magnetik. Perangkat ini disimpan dalam wadah yang terhubung ke motherboard menggunakan kabel ATA, SCS, atau SATA, dan juga didukung oleh koneksi ke Power Supply.

Gambar di atas adalah gambar hard disk tradisional, bukan hard disk atau SSD modern. Jika Anda ingin mengetahui HDD hard disk, Anda dapat membacanya dalam sebuah artikel berjudul “pengertian harddisk dan fungsinya“.

 

c. SuperDisk

Media Penyimpanan Data
super disk

SuperDisk adalah disk drive dan disket yang diperkenalkan oleh 3M, (perusahaan yang bergerak di bidang kantor, komunikasi, dan keamanan). SuperDisk asli mampu menyimpan data 120 MB dan saat ini SuperDisks dapat menyimpan data sekitar 240 MB.

d. Zip Disk

Macam Media Penyimpanan Data Pada Komputer
Zip

Zip drive dan Zip disk adalah media penyimpanan data yang dikembangkan oleh Iomega yang berfungsi sama dengan disk drive standar 1.44 dan floppy disk.

Apa yang membuat drive Zip Iomega unik adalah kemampuannya untuk menyimpan data hingga 100MB dan bahkan 250MB.

Zip disk ini sangat populer di tahun 90-an, tetapi dengan cepat kehilangan popularitasnya karena pengguna membutuhkan lebih banyak penyimpanan. Oleh karena itu CD-R dan CD-RW muncul menggantikan disk ZIP.

2. Media Penyimpanan Optik

Jenis media penyimpanan lainnya adalah penyimpanan optik, perangkat ini menggunakan laser dan lampu sebagai metode untuk membaca dan menulis data.

Contoh media penyimpanan optik adalah;

a. Blu-ray disc

Media Penyimpanan Data Optik
blu-ray

Blu-ray Disc atau BD adalah format cakram optik yang dikembangkan oleh tiga belas konsumen elektronik dan perusahaan komputer. Perusahaan-perusahaan ini termasuk Dell, Hitachi, Hewlett Packard, LG, Mitsubishi, Panasonic, Sony, dan TDK.

Blu-ray pertama kali diperkenalkan di CES pada 4 Januari 2006. CES adalah singkatan dari Consumer Electronic Show yang merupakan konvensi yang diadakan di seluruh dunia.

Disk Blu-ray dapat menyimpan data berukuran 25 GB hingga 50 GB. Disk bluray memiliki ukuran fisik yang sama dengan CD standar.

b. Disk CD-ROM
CD-ROM adalah singkatan dari Compact Disc-Read Only Memory adalah disk optik yang berisi data audio. sedangkan CD-ROM Drive atau optical drive adalah perangkat yang digunakan untuk membacanya.

Drive CD-ROM memiliki kecepatan mulai dari 1x hingga 72x. Ini berarti CD 72x dapat dibaca sekitar 72 kali lebih cepat daripada versi 1x.

c. CD-R dan CD-RW
CD-R singkatan CD-Recordable dan merupakan disk dan drive yang dapat ditulis dan mampu memberikan informasi yang ditulis pada disk sekali dan kemudian disk dibaca berkali-kali setelah itu. Data yang ada pada CD-R tidak dapat dihapus dan disk CD-R tidak dapat diformat.

e. DVD + R
DVD + R membaca DVD plus R. DVD + R dapat menyimpan data 4,7 GB, sementara lapisan ganda dapat menyimpan hingga 8,5 GB daya.

Anda dapat membaca perbedaan antara DVD-R dan DVD + R di sini.

3. Media Penyimpanan Flash

Saat ini, memori flash telah mulai menggantikan media penyimpanan magnetik karena flash memiliki harga yang lebih murah.

Contoh media penyimpanan flash adalah;

a. USB flash drive atau Flash disk

Media Penyimpanan Data Flash
flashdisk

Flash disk adalah media penyimpanan data portabel. Flash disk adalah ukuran ibu jari manusia dan terhubung ke komputer melalui port USB.

Flash disk adalah perangkat termudah untuk menyimpan dan mentransfer informasi. Flash disk tersedia dalam ukuran mulai dari 2 GB hingga 1 TB.

Tidak seperti hard drive standar, flash drive tidak memiliki bagian yang bergerak; Flash disk hanya berisi chip memori sirkuit terpadu yang digunakan untuk menyimpan data. Flash drive biasanya memiliki plastik atau selubung aluminium yang mengelilingi chip memori dan konektor USB untuk digunakan di sebagian besar komputer modern.

b. Kartu memori

Media Penyimpanan Data Flash
Kartu Memori SD

Kartu memori adalah jenis media penyimpanan yang sering digunakan untuk menyimpan foto, video, atau data lain pada perangkat elektronik. Perangkat yang umumnya menggunakan kartu memori adalah kamera digital, camcorder digital, laptop, pemutar MP3, PDA, ponsel, konsol game, dan printer.

Gambar di atas adalah kartu memori flash MicroSD, yang merupakan salah satu jenis kartu memori.

Sebenarnya banyak kartu memori ada di pasaran, dan masing-masing memiliki variasi, kompatibilitas dan kapasitas penyimpanan. Namun diskusi yang lebih lengkap tentang kartu memori akan dibahas di artikel lain.

c. Memory Stick

Media Penyimpanan Data Flash
memory stick

Sony Memory Stick pertama kali diperkenalkan oleh Sony pada Oktober 1998 dan merupakan kartu memori flash yang digunakan pada kamera digital Sony dan produk Sony lainnya. Sony merilis beberapa model Memory Stick, termasuk Memory Stick PRO, Memory Stick Duo, Memory Stick PRO Duo, Memory Stick Micro (M2), dan Memory Stick PRO-HG.

Kapasitas Memory Stick berkisar antara 4 MB hingga 256 GB, dengan kapasitas maksimum teoritis 2 TB. Namun, hingga saat ini kapasitas 2 TB belum diproduksi.

d. SSD

Media Penyimpanan Data Flash
SSD

SSD singkatan dari Solid-State Drive atau Solid-State Disk. SSD adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori non-volatil sebagai alat untuk menyimpan dan mengakses data.

Tidak seperti Hard Disk, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, yang memberikan keuntungan seperti mengakses data dan informasi yang disimpan lebih cepat, tanpa suara, keandalan yang lebih tinggi, dan konsumsi daya yang rendah.

Gambar di atas adalah contoh dari SSD yang dibuat oleh Sandisk.

Seiring perkembangannya, SSD mampu menggantikan hard disk standar pada PC dan komputer laptop. SSD juga dapat digunakan untuk netbook dan aplikasi lain yang tidak memerlukan banyak penyimpanan.

Demikianlah artikel tentang macam macam media penyimpanan data pada komputer. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel