Pengertian Backbone dan Fungsinya serta Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Backbone Dan Fungsinya Serta Manfaatnya – Di jaringan komputer, Backbone adalah saluran pusat yang dirancang untuk mentransfer lalu lintas jaringan pada kecepatan yang sangat tinggi. Backbone menghubungkan jaringan area lokal atau LAN dan jaringan area luas atau WAN bersama.

Jaringan Backbone dirancang untuk memaksimalkan kinerja komunikasi data jarak jauh skala besar.

Teknologi Backbone
Hampir semua browser web, streaming video, dan arus lalu lintas online lainnya melalui Backbone Internet.

Mereka terdiri dari router jaringan dan switch yang terhubung terutama oleh kabel serat optik (meskipun beberapa segmen Ethernet pada link lalu lintas Backbone juga ada). Setiap tautan serat pada Backbone biasanya menyediakan 100 Gbps bandwidth jaringan. Komputer jarang terhubung ke Backbone secara langsung.

Sebaliknya, jaringan penyedia layanan internet yang terhubung ke Backbone dan komputer Anda mengakses Backbone secara tidak langsung.

Pengertian Backbone

pengertian backbone
backbone

Pengertian Backbone adalah bagian dari jaringan komputer yang menghubungkan berbagai potongan jaringan, dan berfungsi untuk menyediakan jalur pertukaran informasi antara berbagai LAN atau subjaringan.

Backbone dapat mengikat berbagai jaringan di gedung yang sama, atau bangunan yang ada di sekitar kampus, atau bahkan di area yang luas. Secara umum, kapasitas backbone lebih besar dari jaringan yang terhubung.

Backbone internet pertama adalah antara UCLA dan SLI pada 29 Oktober 1969 dan hari ini Internet terdiri dari puluhan backbone besar dan mengirimkan lalu lintas besar ke seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, Backbone sebagian besar dijalankan oleh perusahaan telekomunikasi seperti AT & T, Bell South, Congent, Qwest, Level 3, MCI / Worldcom, Sprint, dan Time Warner.

 

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Backbone

  1. Banyak alasan mengapa backbone sangat penting untuk digunakan. Diantaranya adalah
  2. Meningkatnya kebutuhan interkoneksi antara jaringan lokal yang ada.
  3. Dapat meningkatkan kecepatan transfer data, terutama untuk data yang membutuhkan kecepatan tinggi seperti grafik, video dan data audio, karena kecepatan transfer data FDDI bisa mencapai 100 Mbps.
  4. Cara memasang dan mengelola jaringan Backbone lebih sederhana, tetapi jangkauannya bisa lebih luas dan jauh,

Manfaat Backbone

Manfaat yang dapat diperoleh dari sistem interkoneksi dengan jaringan Backbone ini adalah:

  1. Jaringan Backbone memiliki kecepatan transfer data hingga 100 Mbps dan bahkan lebih lagi sehingga dapat mengurangi kemacetan.
  2. Jaringan backbone umumnya akan menggunakan teknik cincin ganda sehingga mereka memiliki toleransi kesalahan yang sangat tinggi.
  3. Jaringan Backbone dapat mendukung data, audio dan lalu lintas gambar.
  4. Ruang lingkup jaringan bisa mencapai 100 km.

Kekurangan Jaringan Backbone
Selain memiliki kelebihan, sistem interkoneksi yang menggunakan jaringan Backbone ternyata memiliki beberapa kelemahan, seperti;

  • Metode dan proses instalasi membutuhkan spesialis di bidangnya.
  • Biaya instalasi dan perawatan masih relatif mahal.

Infrastruktur Telekomunikasi
Pada dasarnya Infrastruktur Telekomunikasi dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:
1. backbone internasional
Backbone internasional adalah jaringan yang menghubungkan lalu lintas domestik ke jaringan internasional dengan kabel fiber optik bawah laut sebagai media utama dan media internasional dan regional.

2. backbone domestik
backbone domestik adalah fasilitas infrastruktur yang menghubungkan kota-kota di seluruh Indonesia. Untuk hubungan antarkota metropolitan di bagian barat Indonesia telah dihubungkan menggunakan kabel optik, sedangkan satelit dan radio terestrial telah terhubung ke seluruh wilayah Indonesia.

3. Akses Jaringan
Jaringan akses adalah jaringan yang menghubungkan langsung ke pelanggan. Jaringan ini membutuhkan investasi yang sangat besar dengan berbagai jenis teknologi. Secara garis besar, ia terbagi menjadi dua, yaitu menggunakan media kabel dan menggunakan nirkabel.

Umumnya jumlah pelanggan dari masing-masing operator menggambarkan jumlah akses yang tersedia.

Itulah artikel singkat tentang Pengertian Backbone serta Fungsi dan Manfaatnya. Terima kasih telah mengunjungi dan membaca sampai selesai.

Silahkan berkomentar dengan relevan