pengertian dari perangkat lunak adalah

Pengertian Dari Perangkat Lunak Adalah

Posted on

Pengertian Dari Perangkat Lunak Adalah  bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak terlihat karena merupakan serangkaian data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer adalah program yang dapat mengeksekusi perintah.

Ada juga yang memanggil konsep perangkat lunak diprogram, diformat dan disimpan data, bukan dalam bentuk fisik, tetapi dapat digunakan oleh pengguna melalui perangkat komputer.

Pengertian Dari Perangkat Lunak

Software atau perangkat lunak adalah jembatan yang menghubungkan peralatan pengguna sehingga dapat melaksanakan perintah tertentu. Jadi, tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah mesin yang tidak dapat menjalankan kontrol pengguna.

Pengertian Dari Perangkat Lunak menurut para ahli

Untuk lebih memahami pengertian perangkat lunak itu apa, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Wiwit Siswoutomo.

Menurut Wiwit Siswoutomo, perangkat lunak ini adalah kehidupan perangkat keras atau komputer karena tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah bahan mati dan tidak dapat digunakan.

2. Roger S. Pressman Pengertian Dari Perangkat Lunak

Menurut Roger S. Pressman (2002), definisi perangkat lunak adalah perintah program di komputer hanya jika dijalankan oleh pengguna akan menyediakan fungsi dan kinerja yang disediakan oleh pengguna.

Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberikan perintah ke komputer untuk beroperasi secara optimal tergantung pada perintah pengguna.

Baca Juga  CARA RESET LAPTOP TANPA INSTAL ULANG

3. Daulay dari Melwin Syafrizal

Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), definisi perangkat lunak adalah perangkat yang berfungsi sebagai regulator kegiatan kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menghubungkan interaksi antara pengguna dan komputer.

4. Imam Prayogo Pujiono Pengertian Dari Perangkat Lunak

Menurut Imam Prayogo Pujiono, definisi perangkat lunak adalah program dalam komputer yang dirancang sehingga kinerja memberikan perintah ke komputer / perangkat keras lain untuk menyelesaikan tugas, bekerja, dan juga beberapa. permintaan seperti yang direncanakan oleh pengguna.

5. Wilman dan Riyan

Menurut Wilman dan Riyan, pemahaman perangkat lunak adalah perangkat operasi yang berfungsi untuk melakukan berbagai komponen pada perangkat keras yang berisi properti virtual (tidak terlihat), tetapi bermanfaat bagi pengguna.

Fungsi Perangkat Lunak

Fungsi perangkat lunak utama adalah membuat perintah yang sedang berjalan dari pengguna. Mengacu pada definisi perangkat lunak yang dijelaskan di atas, fungsi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan fungsi dasar komputer untuk beroperasi. Misalnya, ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  2. Tentukan setiap perangkat keras di komputer untuk bekerja secara bersamaan.
  3. Menjadi koneksi antara beberapa perangkat lunak lain dengan perangkat keras di komputer.
  4. Perangkat lunak ini juga berfungsi sebagai penerjemah dari perintah perangkat lunak lain dalam bahasa mesin. Karena itu dapat dipahami oleh material.
  5. Perangkat lunak ini juga dapat mengidentifikasi program di komputer.

Dari penjelasan diats beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah jika perangkat lunak dianggap sebagai kehidupan komputer. Namun, komputer hanya dapat berfungsi ketika Anda memiliki perangkat keras dan perangkat lunak.

Klasifikasi Perangkat Lunak

Meskipun fungsi utama perangkat lunak adalah koneksi antara perangkat keras dan pengguna, penggunaan perangkat lunak dibagi menjadi beberapa jenis. Klasifikasi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

Baca Juga  PRINSIP KERJA DASAR SISTEM KOMPUTER

1. Perangkat lunak berdasarkan jenis

  • Sistem operasi (sistem operasi), yang merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mengoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh sistem operasi adalah; Windows, Linux, Unix, Kembali.
  • Bahasa pemrograman (bahasa pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai donor instruksi standar yang melibatkan Syntak dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer (program aplikasi TI). Beberapa contoh bahasa pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
  • Program aplikasi (program aplikasi), yaitu, perangkat lunak dengan fungsi tertentu, seperti perangkat lunak untuk presentasi, perangkat lunak akuntansi, dll. Beberapa contoh program aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Myob, OpenOffice.org dan lainnya.

2. Perangkat lunak berdasarkan distribusinya

  • Freeware, yaitu, perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa periode tertentu. Biasanya, jenis perangkat lunak ini memiliki fitur yang tidak lengkap dan tidak optimal.
  • Adware, yaitu, perangkat lunak yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis, tetapi dengan kompensasi untuk iklan yang muncul di komputer pengguna.
  • Spyware, yang merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memata-matai semua kegiatan pengguna komputer. Biasanya, jenis perangkat lunak ini sangat buruk digunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
  • OpenSource, yaitu, perangkat lunak yang dapat dibuka, dimodifikasi, ditingkatkan dan disiarkan. Biasanya, perangkat lunak JESNI dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (Lisensi Publik Umum).
  • Shareware, yaitu, perangkat lunak untuk tujuan tertentu yang secara bebas didistribusikan, biasanya demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu yang terbatas (misalnya 30 hari).

Contoh perangkat lunak

Ada banyak contoh perangkat lunak yang digunakan oleh pemilik komputer untuk kegiatan sehari-hari mereka, baik perangkat lunak bebas dan perangkat lunak mereka. Adapun beberapa contoh perangkat lunak adalah:

  1. Microsoft Windows, sistem operasi komputer berdasarkan baris perintah.
    Kata Microsoft Office, yang digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen.
  2. Google Chrome, yang merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai browser Internet.
  3. Photoshop, yang merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
  4. VCL Media Player, yaitu perangkat lunak pemutar video.
  5. Faststone Image Viewer, yang merupakan perangkat lunak untuk membuka dan mengedit file gambar di komputer.
Baca Juga  Definisi Sistem Informasi Manajemen

Demikian, penjelasan singkat Pintar Komputer tentang Pengertian perangkat lunak, fungsi, jenis dan contoh perangkat lunak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah gambaran umum Anda.