Pengertian Email Dan Fungsinya Serta Manfaatnya

Pengertian Email dan Fungsinya Serta Jenis dan Manfaatnya – Mengirim email, menjadi anggota milis, atau mengobrol dengan pengguna messenger lain mungkin telah menjadi hal yang biasa di era globalisasi saat ini. Melalui email, Anda akan mendapatkan kenyamanan ketika Anda ingin berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengetahui waktu dan jarak.

Pada kesempatan ini, kami berdua akan mengeksplorasi secara menyeluruh tentang e-mail (Surat Elektronik). Setelah membaca artikel ini, Anda akan memahami 4 hal penting yang terkait dengan Email seperti;

– Pengertian Email dan Fungsinya
– Manfaat Email
– Jenis Email

 

Pengertian Email dan Fungsinya

pengertian email dan fungsinya
email

Email atau surat elektronik atau lebih dikenal sebagai Surat Elektronik dan sering disingkat sebagai email adalah layanan untuk mengirim surat elektronik. Email adalah salah satu program aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Ini karena email adalah media komunikasi yang murah dan cepat digunakan.

Dengan email Anda dapat mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh bagian dunia dalam waktu yang sangat cepat dan tentu saja dengan biaya yang sangat rendah. Email yang Anda kirim akan tiba di alamat yang segera diatasi setelah email dikirim.

Anda tidak perlu khawatir tentang masalah biaya, karena biayanya hanya biaya untuk mengakses internet ketika Anda mengirim surat.

Baca juga: Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Namun, sebelum Anda mengirim email, Anda harus memiliki email atau kotak pesan (kotak surat) terlebih dahulu. Anda dapat membuat Kotak Surat sendiri melalui situs web yang menyediakan layanan ini.

Misalnya, Gmail.com, yahoo.com, plasa.com, telkom.net, surel-surat. com, dan banyak lagi. Saya akan menulis daftar situs untuk penyedia layanan email gratis di kesempatan berikutnya.

Baca juga:
Cara Membuat Email

Cara mengirim email di gmail

Email hampir sama dengan surat biasa pada umumnya, tetapi bedanya adalah email itu tidak dilengkapi dengan stempel dan Anda juga tidak perlu repot pergi ke kantor POS. Namun, dengan syarat bahwa penerima Anda harus memiliki alamat email. Selain itu, layanan email memungkinkan Anda mengirim lampiran teks atau gambar dalam bentuk file dengan perintah lampiran file.

Layanan email dibagi menjadi dua kategori, yaitu email berbasis klien dan email berbasis web. Email berbasis klien mengharuskan penggunanya memiliki perangkat lunak klien email seperti Eudora atau Outlook Express.

Keuntungan dari e-mail berbasis cliet adalah Anda dapat membaca dan mengedit e-mail dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet), jadi itu akan menyelamatkan Anda. Meskipun e-mail berbasis web, semua aktivitas penggunaan e-mail seperti membaca e-mail, menulis e-mail, mengedit e-mail, dll. Harus dilakukan melalui situs web dan itu berarti Anda harus selalu online.

Format Menulis Alamat Email
Biasanya e-mail ditulis menggunakan klien e-mail maka proses pengiriman dilakukan oleh server surat yang juga digunakan untuk membuka dan membaca e-mail lagi. Alamat email umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu nama kotak surat dan nama komputer tempat kotak surat disimpan. Komputer tempat kotak pesan disimpan disebut server email.

Contoh format yang benar untuk menulis alamat email adalah:

Pintarkomputerid@gmail.com

Dalam contoh di atas, pintarkomputerid adalah nama kotak surat, sementara Gmail.com adalah nama server email. Nama kotak surat dan nama server email dipisahkan menggunakan karakter “@” (baca di).

 

Jenis Email

Selain jenis layanan yang disediakan oleh email atau sistem, email memiliki tiga jenis dan memiliki fungsi yang berbeda

1. POP Mail
Email POP (POP Mail) atau Post Office Protocol adalah sistem Email di mana Anda dapat menerima email melalui Layanan Internet (ISP) yang disediakan oleh Penyedia yang Anda gunakan. Biasanya beberapa ISP internet menyediakan layanan ini.

Apa itu ISP? silakan baca: Pengertian ISP dan fungsinya

2. WebMail (Email berbasis Web)
Memahami Email dan WebMail sebenarnya hampir sama. WebMail adalah layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Email seperti Yahoo, Gmail, Windows Live dll. Dan tentu saja sekarang merupakan kewajiban bagi pengguna Smartphone untuk memiliki email berbasis web.

Jadi, jika Anda ingin membuka email yang Anda miliki, periksa isi surel atau ingin mengirim e-mail ke orang lain, maka Anda harus masuk ke situs web.

3. Email Forwarding
Ini adalah layanan email yang memiliki kemampuan untuk meneruskan konten email yang Anda terima ke email lain yang akan menerima email yang sama. Penerusan email sangat berguna dan sangat dibutuhkan bagi Anda yang sering mengubah alamat emailnya.

Menggunakan Email Forwarding akan mempermudah Anda untuk menemukan data di email Anda sebelumnya dengan sangat mudah bahkan jika Anda lupa email sebelumnya.

Setelah membaca pengertian email dan fungsinya di atas, sekarng kita akan mengulas tentang manfaat email.

 

Manfaat Email

1. Media komunikasi
Manfaat dari e-mail pertama adalah sebagai media komunikasi yang umumnya digunakan baik secara individu maupun komunitas.

2. Media pengiriman
Dengan e-mail, Anda dapat mengirim data ke siapa pun di dunia yang memiliki alamat e-mail. Tidak hanya itu, manfaat email juga memungkinkan Anda mengirim pesan ke banyak orang hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik.

3. Efektif, efisien, dan murah
Pengiriman melalui email sangat efektif, efisien dan murah. Artinya, Anda tidak perlu keluar rumah atau pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim pesan. Cukup hubungkan internet dan tulis e-mail rumah, e-mail yang Anda kirim akan tiba dengan cepat ke alamat e-mail tujuan dan tidak perlu mahal.

4. Promosi media
Hal lain yang menarik adalah bahwa e-mail dapat digunakan untuk mempromosikan produk yang Anda miliki. Jika Anda memiliki bisnis di internet atau bisnis online, Anda dapat menggunakan email untuk memasarkan kepada semua orang. Ini sering disebut Pemasaran Email. Apakah Anda tertarik dengan bisnis Online? Silakan cari di Google “Cara membuat penjualan cepat bisnis online”

5. Informasi media
Tidak hanya televisi, tetapi Anda juga dapat menggunakan e-mail sebagai media informasi. Informasi terbaru dari belahan dunia yang dapat Anda peroleh dengan menjadi pelanggan informasi dari media yang Anda tentukan. Artinya, jika Anda berlangganan, Anda akan secara rutin menerima informasi terbaru secara GRATIS.

Dan saya akan merasa senang jika Anda bersedia menjadi pelanggan di blog ini. Caranya adalah klik di sini 👉 “SUBSCRIBERS” 👈 dan masukkan alamat email Anda.

6. Media sosial
Bersosialisasi semakin mendominasi dunia internet dan e-mail adalah salah satu layanan yang dapat Anda gunakan untuk menjalin pertemanan dengan teman-teman, keluarga.

Demikian artikel tentang pengertian email dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel