Pengertian harddisk

Pengertian Harddisk Komputer dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Harddisk adalah hardware device untuk menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari berbagai proses data pada komputer atau laptop.

Umumnya, harddisk berbentuk kotak dan di dalamnya ada drive sebagai tempat untuk menyimpan data dan mereka permanen dalam menyimpan data bahkan jika Anda mematikannya.

Kecuali jika data hilang jika Anda menghapusnya secara manual atau jika hard drive terserang virus.

Pengertian Harddisk dan Fungsinya

Secara umum, fungsi harddisk adalah untuk menyimpan data secara permanen di semua sektor pada disk yang tersedia untuk membaca dan menulis.

Lain halnya dengan RAM yang hanya menyimpan data sementara. Jadi antara RAM dan hard drive, masih banyak orang yang tidak dapat membedakannya.

Saya membayangkan jika hard drive tidak tersedia di komputer atau laptop, Anda tidak dapat menyimpan semua data setelah diproses. Pengertian Harddisk

Sekarang di komputer atau laptop Anda, Harddisk memiliki beberapa partisi, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakan folder di lain waktu dan menelusuri folder.

Partisi membagi ruang hard disk menjadi beberapa bagian sesuai dengan kapasitas hard disk yang Anda miliki. Distribusi minimal partisi hard disk dua bagian, pertama untuk menyimpan data sistem operasi dan untuk menyimpan data Anda yang lain.

Komponen harddisk

  • Spindel

Komponen pertama yang menyusun hard drive adalah spindel, yang berfungsi sebagai titik pivot disk magnetis untuk penyimpanan data.

Baca Juga  PENGERTIAN ROM DAN FUNGSINYA

Ini karena spindel berputar sangat cepat ketika bantalan berkualitas tinggi digunakan pada material. Kebanyakan hard drive sekarang menggunakan bantalan fluida.

Menggunakan bantalan fluida membuat transfer data lebih cepat.

  • Disk magnetik

Magnetic Disc atau Magnetic Disk merupakan lokasi penyimpanan data pada sebuah harddisk.

Memiliki bentuk pipih tipis seperti CD-R dan memiliki beberapa cakram magnet di dalamnya. Ada 600 disk magnet di dalam hard disk.

Semakin banyak disk magnetis, semakin cepat proses transfer data pada hard disk.

  • Read-Write Head

Berikutnya adalah head baca / tulis, yang mengambil data pada disk magnetik.

head baca / tulis terbuat dari bahan magnetoresistif kolosal atau disingkat CMR.

Jarak antara baca dan tulis dan cakram magnet telah diatur sehingga tidak ada gesekan yang akan menambah umur harddisk.

  • Enclosure

Casing adalah lapisan luar bahan kemasan hard drive. Case berguna sebagai pelindung yang melindungi seluruh bagian hardisk agar tidak menempel pada kotoran.

Case juga berguna untuk menjaga suhu dan kelembaban agar komponen di dalam hardisk memiliki umur yang panjang.

  • Modul antarmuka

Komponen terakhir adalah rangkaian elektronik yang berguna sebagai pengontrol pada harddisk.

Interfacing tidak hanya memproses data dari head sebagai pengontrol dan data yang dapat dibaca untuk diproses lebih lanjut.

Komponen ini sering digunakan pada hard drive IDE atau Integrated Drive Electronics dengan koneksi hingga 40-pin.

Jenis-jenis harddisk Pengertian Harddisk

ATA / EIDE

hard disk dengan tipe Enhanced Integrated Drive Electronic (EIDE) atau tipe Advanced Technology Attachment (ATA), standar YAITU, versi terbaru dari antarmuka disk yang sesuai dengan soket.

Banyak produsen disk memiliki kisaran disk dengan antarmuka EIDE / ATA, disk tersebut dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak komputer pribadi (PC).

Baca Juga  Pengertian VGA Card Beserta Fungsi dan Jenisnya

Keuntungan utama dari drive EIDE / ATA adalah harganya cukup murah karena penggunaannya di pasar PC.

Kelemahan utama adalah perlunya pengontrol terpisah untuk setiap drive ketika dua drive digunakan bersama untuk meningkatkan kinerja.

Sebuah produsen chip yang sangat terkenal telah menyuplai sebuah pengontrol yang dengannya drive EIDE / ATA dapat dihubungkan langsung ke motherboard atau motherboard.

SCSI

banyak drive dengan antarmuka yang dirancang untuk terhubung ke bus SCSI standar. Disk ini cenderung sedikit lebih mahal, tetapi berkinerja lebih baik, yang lebih disebabkan oleh keunggulan bus SCSI daripada bus PCI. Pengertian Harddisk

RAID Pengertian Harddisk

menjanjikan kinerja luar biasa dan menawarkan penyimpanan yang besar dan andal. Drive ini digunakan pada komputer dan sistem yang kuat yang membutuhkan keandalan yang lebih tinggi dari biasanya.

Namun, ketika harga turun ke tingkat yang lebih terjangkau, drive menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer ukuran standar atau menengah.

SATA

tipe Serial Advanced Technology Attachment (SATA), yang merupakan antarmuka drive Advanced Technology Attachment (ATA) dengan versi Serial,

menggunakan kabel tipis dengan total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel hard disk EIDE atau ATA , yang berjumlah sekitar 39 pin, dan SATA memiliki tingkat transfer data yang tinggi.

Sehingga bus serial ini bisa melebihi kecepatan bus paralel. Pengertian Harddisk

 

Perbedaan antara tipe harddisk SATA dan tipe ATA:

perbedaan yang saya lihat dari hard drive ata dan sata adalah bentuk soket dan kabelnya, apakah ata cenderung besar atau biasanya hard drive adalah produk jadul dan jika kabelnya kecil dan biasanya sata sudah terpasang pada arus hard drive dan motherboard.

Baca Juga  Pengertian Keyboard Dan Fungsinya pada Komputer

Selain menggunakan hard drive internal, Anda juga dapat menyimpan salinan data di hard drive eksternal.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi data penting yang Anda miliki. Secara umum, hard drive internal dapat lebih mudah rusak jika komputer diserang oleh virus malware.

Itulah pembahasan tentang pengertian hardisk dan fungsinya. Semoga dapat meningkatkan pemahaman anda tentang salah satu fungsi penting dari perangkat keras komputer.