Pengertian Internet dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Internet dan Manfaatnya – Dengan Internet, Anda dapat menjelajahi informasi dari seluruh dunia. Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan ketika menggunakan Internet, seperti kemudahan komunikasi, kemudahan mendapatkan informasi, kemudahan menguasai teknologi, dan kemudahan lain yang akan Anda peroleh dari Internet.

Dalam posting ini Anda akan belajar;

  1. Pengertian Internet
  2. Manfaat Internet secara Umum
  3. Manfaat internet dalam pendidikan
  4. Manfaat internet di bidang sosial
  5. Manfaat internet di bidang pemerintahan
  6. Manfaat internet di bidang kesehatan
  7. Manfaat internet di bidang ekonomi
  8. Manfaat internet untuk industri dan perdagangan.
  9. Hal-hal yang bisa dilakukan di Internet.

(CATATAN) Anda dapat mengunduh artikel ini di akhir posting nanti 😃

 

Pengertian Internet

pengertian internet dan manfaatnya
Internet

Internet adalah jaringan yang saling terhubung, sistem jaringan yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh penjuru dunia. Internet mampu memindahkan data antar komputer meskipun jaraknya sangat jauh.

Kita dapat menggunakan internet sebagai media untuk bertukar data dan informasi dari satu komputer ke komputer lainnya dengan waktu yang cepat, tanpa dibatasi oleh jarak fisik dari dua komputer.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer

Lebih sederhana, kita dapat mendefinisikan internet sebagai jaringan dari jaringan atau jaringan jaringan. Setiap perangkat komputer yang terhubung ke jaringan akan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Ini dapat dilakukan secara real-time komunikasi dua arah.

Siapa pun memiliki hak yang sama untuk menggunakan internet dan juga perlu mengetahui bahwa tidak ada orang yang memiliki internet. Karena itu, internet adalah dunia yang bebas masuk oleh siapa saja tanpa harus terikat oleh aturan dan batasan wilayah teritorial tertentu.

Internet juga merupakan sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer ke seluruh dunia. Artinya, internet adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan untuk membentuk jaringan yang disebut jaringan komputer.

Jika disamakan, Internet seperti jaring laba-laba yang menutupi bumi dan terdiri dari titik-titik yang saling berhubungan (node). Node dapat berupa PC, laptop, atau perangkat komunikasi seperti ponsel dan PDA (Personal Data Assistance). Fungsi simpul adalah sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang mencari dan bertukar informasi melalui Internet.

Garis penghubung antar kode disebut tulang punggung Internet dalam bentuk perangkat transmisi atau media seperti kabel, serat optik, atau microwave atau yang dikenal sebagai microwave.

Untuk dapat menghubungkan semua jenis, jenis, dan sistem komputer yang ada di seluruh dunia, Internet memiliki standar yang memungkinkan komputer untuk berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama.

Standar utama dari jaringan internet adalah TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) yang berfungsi untuk menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia. Jadi dengan adanya TCP / IP, semua jenis, jenis, dan sistem komputer di dunia dapat terhubung.

 

Berapa Banyak Pengguna Internet di Dunia?

Jumlah pengguna internet yang meningkat dan berkembang setiap tahun tercatat per 30 Juni 2016 jumlah pengguna internet mencapai 3.611.375.813 orang. Karena kehadiran internet di tengah kehidupan masyarakat sangat diperlukan. Dengan internet, informasi apa pun dapat diperoleh dan internet juga memungkinkan kita untuk berkomunikasi.

 

Manfaat internet dalam berbagai bidang

a. Manfaat internet dalam pendidikan
Anda dapat menggunakan internet untuk mendapatkan banyak referensi ilmiah dari perpustakaan virtual (perpustakaan online) dan selain itu, interner juga berfungsi sebagai media pembelajaran online. Misalnya sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan LMS (e-learning).

b. Manfaat Internet dalam Ekonomi dan Bisnis
Manfaat Internet dalam bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce / perdagangan elektronik. Dengan adanya perdagangan elektronik, kegiatan jual beli transaksi promosi produk, dll dapat dilakukan melalui internet tanpa harus keluar rumah.

c. Manfaat Internet dalam Pemerintahan
Manfaat internet di bidang pemerintahan, internet dilengkapi dengan e-government atau elektronik pemerintah. Dengan adanya e-government, pemerintah akan dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada semua masyarakat semaksimal mungkin, dan juga pemerintah dapat menggunakan internet untuk memperkuat hubungan pemerintah antar negara. Contoh situs pemerintah http://www.jakarta.go.id.

d. Manfaat Internet di Bidang Sosial
Manfaat internet di bidang sosial dapat berfungsi untuk memberikan informasi tentang berbagai jenis kegiatan layanan sosial yang telah dilakukan atau kegiatan yang sedang dilakukan atau yang akan dilakukan.

e. Manfaat Internet di Bidang Agama
Internet di bidang keagamaan dapat digunakan untuk sarana bertukar pikiran, pertanyaan tentang agama, berbagi pengetahuan agama, dan sebagainya.

f. Manfaat Internet sebagai Media untuk Bersosialisasi dan Mencari Teman
Anda dapat menjalin komunikasi dengan teman-teman yang ada di dunia dalam waktu singkat dan biaya rendah dengan fasilitas e-mail atau obrolan yang telah disediakan di berbagai situs seperti https://www.google.com/gmail/, google plus, www. facebook.com, twitter dll.

g. Fasilitas hiburan
Anda dapat menggunakan internet untuk menghilangkan kebosanan dengan beberapa hiburan yang ditawarkan seperti game online, mengunduh musik, menonton video youtube, berita gosip hiburan, dll.

 

Manfaat Internet secara Umum

Banyak manfaat yang diperoleh dari internet di semua bidang bisnis, akademisi, pemerintah, organisasi, dll. Manfaat internet dapat digambarkan sebagai berikut.

a. Manfaat internet sebagai media komunikasi
Beberapa manfaat internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan media lain, adalah bahwa informasi yang diperoleh lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah dengan jangkauan global. Saat ini, banyak media online bukan media cetak, mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, misalnya surat kabar dapat diakses di internet seperti detik, satunet, CNN, majalah, brosur, dll.

b. Manfaat internet sebagai media promosi
Saat ini, internet sering digunakan dalam dunia bisnis dan tidak baru ketika internet digunakan sebagai media promosi. 40% perusahaan di Indonesia telah menggunakan layanan Internet untuk mempromosikan produk mereka ke berbagai kota dan luar negeri.

Kemampuan internet untuk promosi benar-benar luar biasa karena internet dapat menjangkau calon pembeli di mana pun tanpa pembatasan waktu dan wilayah.

Selain itu, promosi produk melalui internet jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan promosi menggunakan media lain. Dengan menggunakan internet perusahaan dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya. Beberapa kelebihan internet sebagai media promosi adalah sebagai berikut.

1) Melalui internet Anda dapat menjelaskan secara detail tentang produk atau barang yang akan Anda jual secara online, seperti manfaat produk, dan kelebihan produk dibandingkan dengan produk lain. Selain itu, Anda dapat menjelaskan secara lengkap semua produk.

2) Tidak tahu batasan wilayah dan waktu, dengan mempromosikan produk Anda melalui internet, calon pembeli bisa datang dari berbagai daerah dan negara. Semua orang dapat melihat dan membaca tentang produk yang dipromosikan tidak peduli pagi, siang, atau malam semua informasi tentang produk Anda dapat dibaca oleh banyak orang dan Anda juga tidak harus selalu di depan komputer.

Bahkan lebih unik ketika Anda tidur bahkan informasi produk yang Anda promosikan dapat dibaca oleh orang lain.

Dalam hal ini Anda harus belajar tentang “Bisnis Online dan Pemasaran Online”.

3) Menentukan target pembeli potensial berdasarkan wilayah atau negara adalah salah satu kelebihan sarana promosi menggunakan internet. Misalnya, jika Anda hanya ingin menemukan calon pembeli dari Jepang, Anda dapat menargetkan promosi iklan khusus untuk pengunjung dari Jepang. Dengan demikian, pembeli akan ditargetkan hanya untuk Jepang.

4) Membatasi biaya promosi per hari, bulan, atau tahun yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Misalnya, Anda membatasi biaya promosi hingga maksimal 25 ribu rupiah / hari, maka biaya yang akan Anda tanggung tidak melebihi Rp. 25.000 per hari.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas ada banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda bisa menggunakan internet sebagai media promosi produk yang Anda miliki.

c. Internet berguna sebagai komunikasi interaktif
Beberapa tahun yang lalu orang hanya menggunakan alat tradisional sebagai alat untuk bertukar informasi. Bahkan sebelum perkembangan dunia komputer canggih seperti saat ini, orang hanya menggunakan media seperti interkom sebagai sarana komunikasi alternatif. Karena perangkat komunikasi lainnya dianggap mahal dan tidak menarik untuk digunakan.

Namun, hari ini perkembangan dunia komputer telah menjadi lebih maju dan terdistribusi secara merata. Interkom ini sekarang hanyalah kenangan manis, karena orang-orang punya media baru yang jauh lebih mudah dan lebih murah.

d. Internet berguna sebagai alat Penelitian dan Pengembangan
Ada banyak keuntungan dalam menggunakan internet sebagai media Penelitian. Dalam hal konektivitas dan jangkauan global, mengakses data dan informasi menembus perbatasan nasional dan memungkinkan akses ke informasi dari database dan pustaka lengkap di seluruh dunia dan juga dari berbagai sumber. Akses ke informasi di internet tidak dibatasi waktu karena ruang lingkup globalnya.

e. Internet berguna sebagai media untuk pertukaran data
Perkembangan teknologi Web saat ini memiliki dampak baik pada pertukaran informasi dan akses. Internet atau Web menyediakan fasilitas pencarian dan pertukaran informasi yang tersedia, tanpa dibatasi oleh waktu dan dapat dilakukan oleh siapa pun yang terhubung ke jaringan. Internet juga menyediakan informasi dalam berbagai format elektronik.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Internet

 

Apa yang Dapat Anda Lakukan di Internet?

Seperti disebutkan di atas, bahwa dengan internet Anda akan mendapatkan data atau informasi dengan sangat mudah dan cepat. Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman di seluruh dunia dengan biaya yang sangat rendah. Kegiatan umum yang biasanya dilakukan menggunakan internet seperti browsing / berselancar, mencari, mengirim e-mail, mengobrol, mengunduh, dan mengunggah.

1. Browsing / Berselancar
Browsing atau berselancar adalah kegiatan untuk menjelajahi situs dengan tujuan memperoleh informasi atau data. Informasi paling lengkap adalah situs Wikipedia yang disimpan dalam banyak informasi di situs. Selain itu ada juga banyak situs yang menyediakan artikel, gambar, animasi, video, audio, dll. Rekomendasi blog untuk bahan komputer adalah www.pintarkomputer.org dan ilmukomputer.org.

2. Pencarian
Pencarian adalah kegiatan mencari informasi yang Anda inginkan dengan bantuan mesin pencari seperti google. Dengan mesin pencari, Anda lebih mudah mendapatkan informasi meskipun Anda tidak tahu alamat situs.

3. E-mail
E-mail atau surat elektronik atau surat elektronik memiliki fungsi yang sama dengan surat, yang digunakan untuk mengirim berita atau informasi. Tetapi e-mail tidak memiliki bentuk fisik seperti kertas.

4. Obrolan
Obrolan adalah salah satu cara untuk berkomunikasi antara pengguna internet melalui tempat pertemuan virtual. Setiap pengguna dapat mengobrol langsung dengan mengetik pesan dan mengirimnya dalam teks.

5. Unduh dan Unggah
Unduh adalah proses mengambil file dari Internet untuk disimpan di komputer Anda. Sedangkan Upload adalah proses pengiriman file dari komputer yang kita gunakan ke Internet.

Sekarang itulah Pengertian tentang Internet dan Manfaatnya. Terima kasih telah membaca dan berkunjung. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download Artikel ini dalam Format Pdf.

 

Silahkan berkomentar dengan relevan