Pengertian Internet

Pengertian Internet Sejarah dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian Internet Istilah “internet” berasal dari singkatan dari “interconnection of networks” yang berarti hubungan antar jaringan.

Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1974 oleh Robert E. Kahn dan Vint Cerf dalam dokumen yang mereka buat untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD).

Pada awalnya, internet hanya terdiri dari beberapa jaringan yang terkoneksi antara satu sama lain di Departemen Pertahanan, namun seiring dengan berkembangnya teknologi dan penggunaan internet yang semakin luas, internet sekarang telah menjadi jaringan yang terdiri dari jutaan komputer dan perangkat lainnya yang terhubung di seluruh dunia.

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia yang terdiri dari jutaan komputer yang terhubung bersama. Internet memungkinkan para pengguna untuk terhubung dan bertukar data dan informasi dengan orang-orang di seluruh dunia.

Untuk saling terhubung Internet menggunakan protokol komunikasi yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk mengirim dan menerima data antar komputer di dalam jaringan.

Pengertian Internet Menurut Ahli

Menurut ahli teknologi informasi, internet adalah jaringan global yang terdiri dari jutaan komputer dan perangkat lainnya yang terhubung satu sama lain dan dapat saling bertukar data. Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi, berkomunikasi, dan menjalankan berbagai aplikasi lainnya melalui jaringan yang terhubung ke internet.

Menurut ahli komunikasi, Penngertian internet merupakan platform yang memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi, bertukar informasi, dan bersosialisasi secara virtual dengan orang lain di seluruh dunia. Internet juga memungkinkan terjadinya pertukaran ide dan opini secara luas melalui media sosial, forum, dan blog.

Menurut ahli ekonomi, internet merupakan faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi global karena memungkinkan perusahaan untuk mengakses pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi bisnis, dan mengurangi biaya. Selain itu, internet juga telah menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan produktivitas di berbagai industri.

Penemu Internet

Penemu internet adalah Tim Berners-Lee Dia adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja di CERN, sebuah organisasi penelitian ilmiah di Geneva, Swiss pada tahun 1989.

Dia mengembangkan ide untuk membuat sistem yang disebut World Wide Web (WWW) yang memungkinkan dokumen-dokumen yang disimpan di server komputer dapat diakses dari seluruh dunia melalui internet.

World Wide Web adalah bagian dari internet yang sering kita gunakan hari ini untuk mengakses informasi di web.

Internet tersedia untuk pengguna umum pada tahun 1990-an, dan sejak itu telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia.

Internet menawarkan banyak keuntungan, seperti memudahkan para pengguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat dan efisien, mengakses informasi dan layanan yang tersedia di internet, dan berkolaborasi dengan orang lain secara online.

Sejarah Internet

Sejarah INternet

Internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DOD) membangun jaringan komputer yang disebut ARPANET untuk menghubungkan laboratorium penelitian dan universitas di seluruh negara.
Pada tahun 1970-an, ARPANET mulai terbuka untuk penggunaan non-militer, dan pada tahun 1980-an, protokol komunikasi yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dikembangkan, yang menjadi dasar bagi internet saat ini.

internet mulai tersedia untuk pengguna umum Pada tahun 1990-an dan jaringan komputer mulai berkembang dengan cepat.

Pada saat yang sama, teknologi wireless mulai muncul, memungkinkan para pengguna untuk terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Pada tahun 2000-an, penggunaan internet dan jaringan komputer terus meningkat, dan pada saat ini, hampir semua orang di dunia memiliki akses ke internet melalui jaringan komputer.

Manfaat internet

Setelah mengetahui Pengertian Internet sekarang kita akan membahas manfaat internet. Ada beberapa manfaat internet yang dapat diketahui, antara lain:

1. Memudahkan berkomunikasi dan bertukar informasi

Internet memungkinkan para pengguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat dan efisien melalui email, chat, dan aplikasi kolaborasi lainnya.

2. Mengakses informasi dan layanan

Internet menyediakan akses ke banyak informasi dan layanan, seperti pencarian online, berbelanja, dan streaming media.

3. Meningkatkan kolaborasi dan produktivitas

Internet memungkinkan para pengguna untuk bekerja sama dan berbagi ide dengan cepat dan efisien, yang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas bisnis.

4. Membantu dalam belajar

Internet menyediakan akses ke banyak sumber belajar online, seperti tutorial, artikel, dan video, yang dapat membantu para pengguna untuk belajar tentang topik yang beragam.

Ancaman internet

Selain mempunyai manfaat, interner juga memiliki ancaman diantaranya:

1. Serangan cyber

Internet dapat menjadi sasaran serangan cyber dari para peretas yang ingin mengambil data atau menyusup ke sistem komputer.

2. Pencurian data

Internet juga memiliki risiko pencurian data, di mana informasi pribadi seperti nama, alamat, dan nomor kartu kredit dapat dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Isu privasi

Penggunaan internet juga dapat memunculkan isu privasi, di mana informasi yang disampaikan secara online dapat dikumpulkan dan digunakan oleh pihak ketiga tanpa persetujuan pengguna.

4. Ancaman keamanan

Internet juga dapat menjadi sumber ancaman keamanan, seperti virus dan malware yang dapat merusak sistem komputer.

5. Isu konten yang tidak sesuai

Internet juga dapat menyediakan akses ke konten yang tidak sesuai atau tidak pantas. Seperti pornografi atau konten kekerasan, yang dapat merusak moral anak-anak dan remaja.

Jenis-Jenis Internet

Pengertian Internet

Ada beberapa jenis internet, di antaranya:

Internet nirkabel

Pengertian Internet nirkabel adalah jenis internet yang tersedia melalui jaringan nirkabel, seperti Wi-Fi atau jaringan seluler.

Internet nirkabel memungkinkan para pengguna untuk terhubung ke internet dari perangkat mobile atau perangkat yang tidak terhubung ke kabel, seperti laptop atau smartphone.

Internet kabel

Pengertian Internet kabel adalah jenis internet yang tersedia melalui koneksi kabel, seperti koneksi fiber optik atau koneksi kabel TV. Internet kabel biasanya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi daripada internet nirkabel, tetapi tergantung pada jenis koneksi yang digunakan.

Internet satellite

Pengertian Internet satellite adalah jenis internet yang tersedia melalui satelit. biasanya digunakan di daerah yang tidak terjangkau oleh koneksi kabel atau nirkabel lainnya.

Kecepatan internet satellite bervariasi tergantung pada faktor seperti kualitas sinyal dan cuaca.

Internet dial-up

Internet dial-up adalah jenis internet yang menggunakan modem untuk terhubung ke internet melalui jaringan telepon. Kecepatan internet dial-up biasanya lebih rendah daripada internet kabel atau nirkabel, tetapi masih tersedia di beberapa daerah.

Internet broadband

Pengertian Internet broadband adalah jenis internet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi daripada internet dial-up, dan tersedia melalui koneksi kabel atau nirkabel.

Internet broadband dapat menawarkan kecepatan hingga beberapa megabit per detik (Mbps), tergantung pada jenis koneksi yang digunakan.

Penutup Pengertian Internet

Demikian Pembahasan Pintarkomputer.id tentang Pengertian Internet. Perlu diketahui,  internet juga memiliki risiko keamanan yang harus dipertimbangkan, seperti serangan cyber dan pencurian data.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki kebijakan keamanan yang kuat dan menjaga sistem keamanan yang up-to-date untuk melindungi diri dari ancaman tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *