Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network) Dan Gambarnya

PintarKomputer.Id – Masih membahas tentang jaringan komputer. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jaringan komputer dilihat dari geografis terbagi menjadi tiga. Yaitu jaringan LAN, jaringan MAN dan jaringan WAN.

Nah pada artikel ini, kita akan sama-sama memahami tentang jaringan LAN. Apa itu jaringan LAN? dan apa arti dari LAN?

Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Pengertian jaringan LAN dan fungsinya

Jaringan LAN adalah singkatan dari local area network yang mana sekelompok komputer dan perangkat lainnya berbagi jalur komunikasi.

Biasanya, jaringan LAN meliputi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung ke server dalam wilayah geografis yang dekat seperti kantor, gedung atau rumah. Komputer dan perangkat seluler lainnya menggunakan koneksi LAN untuk berbagi sumber daya seperti printer atau penyimpanan jaringan.

Jaringan LAN dapat melayani sedikitnya dua atau tiga pengguna (seperti di jaringan kantor) atau bahkan beberapa ratus pengguna di kantor yang lebih besar.

Untuk lebih memahami tentang jaringan LAN, coba anda perhatikan gambar jaringan lan dibawah ini.

gambar dari jaringan lan
gambar jaringan lan

Teknologi Jaringan LAN

Jaringan LAN melibatkan beberapa perangkat seperti kabel, switch, router, dan komponen lain yang memungkinkan pengguna terhubung ke server internal, situs web, dan LAN lain melalui jaringan WAN .

Ethernet dan Wi-Fi merupakan dua cara yang paling umum untuk mengaktifkan koneksi LAN. Ethernet adalah spesifikasi yang memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain.

Sedangkan Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan komputer ke jaringan LAN.

Selain ethernt dan wi-fi ternyata ada juga teknologi LAN lainnya, seperti Token Ring, Fiber Distributed Data Interface, dan ARCNET. Namun, teknologi tersebut sudah tidak digunakan karena karena terkalahkan oleh ethernet dan wifi.

 

Cara Kerja Jaringan LAN

Biasanya, serangkaian program aplikasi dapat disimpan di server LAN. Pengguna yang membutuhkan aplikasi dapat mendownloadnya sekali dan kemudian menjalankannya dari perangkat lokal mereka.

Seorang pengguna dapat berbagi file dengan orang lain yang disimpan di server LAN; akses baca dan tulis dikelola oleh administrator jaringan. Server LAN juga dapat digunakan sebagai server web jika pengaman diambil untuk mengamankan aplikasi internal dan data dari akses luar.

Dalam beberapa situasi WLAN atau wireless lan dianggap lebih baik daripada koneksi LAN dengan kabel karena fleksibilitas dan biayanya. Perusahaan menilai WLAN sebagai sarana utama konektivitas karena jumlah ponsel cerdas, tablet, dan perangkat seluler lainnya berproliferasi.

 

Teknologi jaringan LAN

Jaringan area lokal modern terutama menggunakan Wi-Fi atau Ethernet untuk menghubungkan perangkat mereka bersama-sama.

Sebuah WLAN tradisional mengoperasikan satu atau lebih access point nirkabel dalam jangkauan sinyal terhubung. Jalur akses ini pada gilirannya mengatur lalu lintas jaringan yang mengalir ke perangkat lokal atau dari perangkat lokal dan juga dapat menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar.

Pada jaringan LAN yang digunakan di rumah, router broadband nirkabel melakukan fungsi sebagai access point.

LAN Ethernet tradisional terdiri dari satu hub atau lebih, switch, atau router tradisional yang terhubung ke perangkat individu melalui kabel Ethernet .

Baik Wi-Fi atau Ethernet keduanya sama-sama memungkinkan perangkat untuk saling terhubung secara langsung (misalnya. Koneksi peer to peer atau ad hoc) daripada melalui perangkat pusat, meskipun fungsionalitas jaringan ini terbatas.

Internet Protocol (IP) adalah pilihan protokol jaringan utama yang digunakan pada LAN. Semua sistem operasi jaringan populer memiliki dukungan built-in untuk teknologi TCP / IP yang dibutuhkan.

 

Seberapa Besar Jaringan LAN?

Jaringan LAN dapat berisi dari satu, dua bangkan ribuan perangkat. Beberapa perangkat seperti server dan printer tetap terhubung secara permanen dengan jaringan LAN sementara perangkat lainnya seperti handphone, komputer, laptop, mereka dapat terhubung tidak secara permanen. Artinya perangkat tersebut bisa saja bergabung dan meninggalkan jaringan kapan saja.

Kedua teknologi yang digunakan untuk membangun LAN dan juga tujuannya menentukan ukuran fisiknya. Jaringan LAN Wi-Fi, misalnya, cenderung berukuran sesuai dengan area cakupan access point, sedangkan jaringan Ethernet cenderung menjangkau jarak yang dapat dijangkau oleh kabel Ethernet.

Namun dalam kedua kasus, jaringan LAN dapat diperluas untuk mencakup jarak yang jauh lebih besar jika diperlukan dengan menggabungkan bersama beberapa access point atau switch.

 

Manfaat dari jaringan LAN

Ada banyak manfaat yang dapat anda peroleh dari jaringan LAN. Yang paling jelas adalah bahwa perangkat lunak (plus lisensi), file, dan perangkat keras dapat dibagikan dengan semua perangkat yang terhubung dengan jaringan LAN tersebut.

Dengan demikian, maka kehadiran jaringan lan dapat memudahkan transfer file dan akan memangkas biaya operasional.

Sebagai contoh, suatu perusahaan tidak harus membeli printer untuk semua karyawannya. Karena satu printer bisa digunakan bersama-sama oleh semua karyawan.

Karena berbagi file, dokument adalah peran utama dari jaringan area lokal, maka dengan menggunakan jaringan lan ini berarti komunikasi akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

 

Topologi jaringan LAN

Suatu topologi jaringan komputer adalah struktur komunikasi yang mendasari untuk komponen-komponen LAN. Mereka yang merancang teknologi jaringan mempertimbangkan topologi, dan memahami topologi jaringan komputer dan cara kerja jaringan. Namun, rata-rata pengguna jaringan komputer tidak perlu tahu banyak tentang topologi tersebut.

Sumber gambar: https://searchnetworking.techtarget.com/definition/local-area-network-LAN

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel