Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Pintar Komputer – Apa yang dimaksud dengan Metropolitan Area Network? Jaringan MAN adalah jaringan yang lebih luas daripada jaringan LAN. Area yang dicakup oleh jaringan ini adalah kota. Dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Beberapa jaringan LAN menjadi satu jaringan dapat juga disebut jaringan MAN.

Jaringan MAN terdapat di dalam satu kampus atau dalam satu wilayah yang agak luas (dapat juga satu kota). Jaringan MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi saja.

Sama seperti jaringan LAN, jaringan MAN juga memiliki wireless dengan kekurangan dan kelebihan yang relatif sama. Jaringan MAN juga mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.

Baca lebih lengkap tentang jaringan LAN pada artikel “Pengertian Jaringan LAN

 

Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km.

Jaringan MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor antar satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Pengertian jaringan man dan gambarnya
Pengertian jaringan man dan gambarnya

Skema Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Di dalam jaringan, jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan utama untuk memindahkan jaringan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk jaringan MAN, dan standart ini sekarang diimplementasikan.

Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE.DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua computer dihubungkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer Jaringan MAN:

Kelebihan dari jaringan MAN:

  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank untuk wilayah nasional).
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).
  • Cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien.
  • Mempermudah dalam hal berbisnis.
  • Keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kekurangan dari Jaringan Komputer Jaringan MAN:

  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).
  • Untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.
  • Dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keutungan pribadi.

 

Teknologi Yang Digunakan Jaringan MAN

Asynchronous Transfer Mode (ATM )
merupakan standar internasional untuk cell relay di mana multiple tipe layanan (semisal suara digital/voice, video, atau data) disampaikan dalam fixed length (53-byte) cells. Fixed-length cells memungkinkan proses sel berlangsung dalam hardware, dengan demikian akan mereduksi keterlambatan transmit.

ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3. ATM berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet.

Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
adalah protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary. Kedua lingkaran tersebut dapat di gunakan untuk pengiriman data namun hanya lingkaran primary yang biasanya di pakai sebagai jaringan utama. Lingkaran secondary baru berfungsi jika lingkaran primary mengalami kerusakan.

Switched Multi-megabit Data Service (SMDS)
adalah layanan connectionless yang digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN, MAN dan WAN untuk pertukaran data. Pada awal 1990-an, di Eropa layanan ini dikenal sebagai Broadband Connectionless Broadband Data Service (CBDS). Maksud dari connectionless adalah tidak ada kebutuhan untuk mengatur koneksi melalui jaringan sebelum mengirim data.

Kesimpulan

Pengertian Jaringan MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. Jaringan MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota.

Jaringan MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan jaringan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bias disambungkan dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50 km. Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output.

One Comment

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel