Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network) Dan Fungsinya

Pintar Komputer – Masih membahas jaringan komputer beserta jenis-jenisnya. Artikel ini akan menjelaskan salahsatu dari jenis jaringan komputer berdasarkan luas jangkauannya. Yaitu jaringan PAN atau personal area network.

Lalu apa yang dimaksud dengan PAN?

Berikut adalah penjelasannya…

 

Pengertian Jaringan PAN

Apa itu jaringan PAN? PAN adalah singkatan dari Personal Area Network atau dalam bahasa Indonesia berarti jaringan area pribadi. Jaringan PAN adalah jaringan komputer untuk perangkat interkoneksi yang berpusat pada ruang kerja seseorang.

Baca lebih lengkap mengenai jaringan komputer pada artikel yang berjudul “Pengertian Jaringan Komputer

PAN menyediakan transmisi data antar perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan PDA. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi itu sendiri atau untuk menghubungkan ke jaringan tingkat yang lebih tinggi dan Internet (uplink) di mana satu perangkat utama mengambil peran gateway.

Perhatikan gambar dibawah ini!

pengertian jaringan pan dan gambarnya
gambar jaringan pan

Meskipun menurut definisi jaringan PAN bersifat pribadi, namun Anda masih dapat mengakses internet dalam kondisi tertentu.

Sebagai contoh, perangkat di PAN dapat dihubungkan ke jaringan LAN yang memiliki akses ke internet, yang merupakan jaringan WAN.

Untuk menambah wawasan anda mengenai jenis jenis jaringan komputer, silahkan baca artikel yang berjudul “pengertian jaringan LAN, dan pengertian jaringan WAN

Itulah yang dimaksud dengan jaringan PAN.

Dan ternyata ada juga jaringan WPAN.
WPAN adalah singkatan dari Wireless Personal Area Network. Tampak seperti namanya, WPAN adalah jaringan PAN yang dijalankan melalui teknologi jaringan nirkabel jarak pendek seperti IrDA, Wireless USB, Bluetooth dan ZigBee. Rentang WPAN bervariasi dari beberapa sentimeter hingga beberapa meter.

Atau jaringan WPAN adalah jaringan LAN dengan koneksi nirkabel. IEEE 802.15 telah menghasilkan standar untuk beberapa jenis PAN yang beroperasi di band ISM termasuk Bluetooth. Asosiasi Data Inframerah telah menghasilkan standar untuk WPAN yang beroperasi menggunakan komunikasi inframerah.

 

Teknologi Jaringan PAN

1. Bluetooth
Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek. Meskipun secara historis mencakup jarak yang lebih pendek terkait dengan PAN, Bluetooth 5 standar, Bluetooth Mesh, telah memperluas jangkauan tersebut dengan cukup.

Selain itu, router Bluetooth remote dengan array antena tambahan menghubungkan perangkat Bluetooth hingga 1.000 kaki. Penggunaan dalam PAN mencakup, misalnya, perangkat Bluetooth seperti keyboard, perangkat penunjuk, set kepala audio, printer dapat terhubung ke personal digital assistant (PDA), ponsel, atau komputer.

Bluetooth PAN juga disebut piconet (kombinasi awalan “pico,” yang berarti sangat kecil atau satu triliun, dan jaringan), dan terdiri dari hingga 8 perangkat aktif dalam hubungan tuan-budak (sejumlah besar perangkat dapat dihubungkan dalam mode “parkir”). Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat lain adalah budak yang berkomunikasi dengan master.

Sebuah piconet biasanya memiliki jangkauan 10 meter (33 kaki), meskipun jangkauan hingga 100 meter dapat dicapai dalam kondisi yang ideal.

Dengan jaringan mesh jangkauan Bluetooth dan jumlah perangkat diperpanjang dengan menyampaikan informasi dari satu ke yang lain.

Jaringan semacam itu tidak memiliki perangkat utama dan mungkin atau mungkin tidak diperlakukan sebagai PAN.

2. IrDA
The Inframerah Data Association (IrDA) menggunakan cahaya inframerah, yang memiliki frekuensi di bawah sensitivitas mata manusia. Inframerah umumnya digunakan, misalnya, pada remote TV. Perangkat WPAN yang menggunakan IrDA termasuk printer, keyboard, dan antarmuka komunikasi serial lainnya.

Penggunaan Jaringan PAN
Dalam penggunaannya, jaringan PAN dapat memungkinkan perangkat komputer yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain di dekatnya dan bertukar informasi digital.

Konsep PAN pertama dikembangkan oleh Thomas Zimmerman dan peneliti lain di MIT’s Media Lab dan kemudian didukung oleh laboratorium penelitian Almaden milik IBM.

Seberapa besar jaringan PAN dan WPAN?
WPAN umumnya mencakup beberapa sentimeter hingga sekitar 10 meter. Jaringan ini dapat dilihat sebagai tipe khusus (atau subset) dari jaringan LAN yang mendukung satu orang, bukan grup.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel