Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

PintarKomputer.Id – Teknologi komputer dari semakin hari semakin berkembang, salahsatu dari teknologi komputer yang paling banyak digunakan pada saat ini adalah jaringan komputer. Yaitu teknologi yang digunakan agar komputer-komputer dapat saling berkomunikasi baik itu bertukar data dan informasi.

Setelah kita membahas tuntas tentang jaringan komputer pada artikel yang berjudul pengertian jaringan komputer, maka pada artikel ini kita akan sama-sama belajar tentang pengertian jaringan WAN, yang mana jaringan WAN ini adalah salahsatu jenis dari jaringan komputer.

Baca lebih lengkap tentang jaringan komputer pada artikel yang berjudul “Pengertian Jaringan Komputer

Tidak hanya itu, pada artikel ini juga anda akan mengetahui, contoh jaringan wan, gambar jaringan wan dan fungsi dari jaringan wan tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud dengan jaringan WAN?

Yuk kita lanjutkan …

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

Menurut wikipedia jaringan wan adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN yang satu dengan jaringan LAN yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan komputer di lokasi yang lain.

Atau, Pengertian jaringan WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua.

Perhatikan gambar jaringan WAN dibawah ini!

pengertian jaringan wan dan gambar jaringan WAN
gambar jaringan wan

Jaringan WAN menggunakan media transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

Kecepatan transmisi dari media transmisi tersebut sangat beragam mulai dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps

Faktor khusus yang mempengaruhi kecepatan tersebut terletak pada siklus komunikasinya, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.

 

Perangkat Keras Jaringan WAN

Apa saja perangkat keras yang digunakan untuk membuat jaringan WAN?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jaringan WAN menghubungkan beberapa jarinhan LAN melalui jalur komunikasi dari service provider.

Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface.

Berikut adalah perangkat–perangkat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan WAN.

1. Router
Router adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk mengelola jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa dari tujuan ini termasuk konektivitas, kinerja yang andal, kontrol manajemen dan fleksibilitas.

LAN mengirim data ke Router, kemudian Router akan menganalisa berdasarkan informasi alamat pada layer 3 dari lapisan OSI. Kemudian Router akan meneruskan data ke antarmuka WAN yang sesuai berdasarkan pada tabel routing yang dimilikinya. Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan cerdas dan dapat berpartisipasi dalam manajemen jaringan.

2. CSU / DSU
Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, Unit Layanan Saluran (CSU) dan Unit Layanan Data (DSU) diperlukan. Keduanya sering digabungkan menjadi perangkat yang disebut CSU / DSU.

3. Modem
Modem adalah alat yang diperlukan untuk menyiapkan data untuk transmisi melalui loop lokal. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog daripada digital. Modem mengirim data melalui saluran telepon dengan modulasi dan demodulasi sinyal.

Sinyal digital ditumpangkan pada sinyal suara analog termodulasi untuk ditransmisikan. Di sisi penerima sinyal analog dikembalikan ke sinyal digital atau demodulasi.

4. Server Komunikasi
Server Komunikasi memusatkan komunikasi pengguna dial-in dan akses jarak jauh ke LAN. Server Komunikasi memiliki beberapa antarmuka analog dan digital dan mampu melayani banyak pengguna sekaligus

Fungsi Jaringan WAN

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari jaringan WAN

1. Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu
Fungsi utama dari membangun jaringan yang luas atau WAN adalah melakukan integrasi dan juga penggabungan jaringan LAN dan juga jaringan MAN, ke dalam satu jaringan tunggal.

Biasanya, fungsi ini akan sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, di luar negeri dan juga di luar kota.

Dengan jaringan WAN, setiap kantor cabang atau kantor perwakilan akan terhubung satu sama lain dengan jaringan komputer yang sangat luas.

2. Sederhanakan dan percepat arus informasi dan komunikasi
Fungsi selanjutnya dari jaringan komputer WAN adalah untuk memfasilitasi dan juga mempercepat arus informasi dan juga komunikasi. Sebagai contoh komunikasi dari kantor cabang, perwakilan dan juga kantor pusat.

Bisa dibayangkan jika kantor cabang di pulau Kalimantan, harus meminta informasi dari kantor pusat yang terletak di Pulau Jawa. Tanpa jaringan WAN yang terintegrasi, tentu saja ini sangat panjang dan sangat sulit. Oleh karena itu, dengan WAN masing-masing kantor cabang akan lebih cepat dan mudah untuk mengakses dan juga memperoleh informasi dari kantor pusat.

3. Meningkatkan efisiensi transfer arus informasi
Dengan semakin mudahnya arus informasi dan juga transfer data itu akan memudahkan informasi yang datang dan keluar lebih cepat. Seperti komunikasi antara kantor cabang dan kantor perwakilan, sudah pasti efisiensi waktu akan tercipta dan akan sangat baik.

Dengan meningkatkan efisiensi waktu kantor dalam melakukan transmisi data, ini akan menyebabkan kinerja dan juga kemampuan perusahaan menjadi lebih baik dan juga meningkat.

4. Menghemat biaya operasional
Tabungan dari biaya operasional akan lebih baik. Ini, tentu saja, terkait erat dengan efisiensi waktu dan juga energi yang dihasilkan oleh keberadaan Jarinan WAN.

Bayangkan saja jika kantor cabang harus mengumpulkan data dan juga informasi tanpa menggunakan jaringan WAN, maka staf dari kantor cabang harus pergi ke kantor pusat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, yang tentunya biaya transportasi yang akan membengkak dan menyebabkan biaya perusahaan dari biaya operasi menjadi meningkat.

5. Mencegah miskomunikasi

Miskomunikasi juga biasanya sering terjadi ketika komunikasi dan juga penyampaian informasi dilakukan secara manual. Ini wajar saja karena manusia memang memiliki kecenderungan untuk salah menafsirkan, sehingga miskomunikasi dapat mengganggu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Di sinilah jaringan WAN memegang fungsi dan juga peran yang sangat penting untuk aliran informasi dan juga proses komunikasi dari masing-masing kantor yang ada.

Dengan menggunakan jaringan WAN sebagai media transmisi data dan informasi, terjadinya miskomunikasi dapat diminimalkan dan bahkan dihilangkan. Ini karena nantinya setiap pengguna dan masing-masing kantor cabang juga akan mendapatkan informasi yang sama dari satu sama lain, karena berasal dari komputer atau server host yang sama.

Mengakses dan menggunakan internet secara keseluruhan dengan berbagai macam diperlukan untuk menggunakan perangkat keras jaringan seperti jenis kabel jaringan komputer yang harus dipasangkan.

Seperti halnya kabel serat optik, cara kerja serat optik sebagai media transmisi adalah salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan pada jaringan WAN, karena kabel serat optik cukup stabil untuk membuat transfer file yang baik.

6. Mendukung operasionalitas perusahaan multinasional dan internasional
Fungsi WAN berikutnya adalah untuk dapat mendukung operasi perusahaan skala multinasional dan internasional. Dengan adanya jaringan WAN di suatu perusahaan, semua bentuk kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan lebih baik.

Meskipun jaringan WAN memiliki banyak fungsi yang sangat mendukung kegiatan operasional perusahaan, tetapi untuk mengimplementasikan jaringan WAN cukup sulit. Hal ini tentu saja karena kondisi geografis yang luas, yang mencakup banyak negara atau banyak negara.

Beberapa negara memerlukan peraturan tertentu sehingga perusahaan dapat membangun jaringan yang terhubung ke jaringan WAN, serta biaya membangun menara transmisi atau kabel jaringan bawah laut yang tidak memiliki biaya investasi kecil.

Standar Jaringan WAN

WAN menggunakan lapisan OSI tetapi hanya berfokus pada lapisan 1 dan 2. Standar WAN umumnya menggambarkan metode pengiriman layer 1 dan persyaratan layer 2, termasuk alamat fisik, aliran data dan enkapsulasi. Di bawah ini adalah organisasi yang mengatur standar WAN.

Organisasi yang mengatur standar wan

Protokol Layer 1 menjelaskan cara menyediakan fungsi elektrik, mekanis, operasi dan koneksi yang disediakan oleh penyedia layanan. Beberapa standar fisik dan konektor dijelaskan di bawah ini.

Konektor jaringan wan standar

Lapisan tautan data menjelaskan bagaimana data dienkapsulasi untuk transmisi ke situs jarak jauh, dan mekanisme pengiriman yang menghasilkan bingkai. Ada berbagai teknologi yang digunakan seperti ISDN, Frame Relay atau Asynchronous Transfer Mode (ATM). Protokol ini menggunakan mekanisme framing yang sama, yaitu High-Level Data Link Control (HDLC) atau salah satu dari beberapa varian seperti Point to Point Protocol.

Kekurangan dan Kelebihan Jaringan WAN

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN yang menghubungkan antara komputer, printer, dan perangkat lain dalam jaringan.

WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang saling berhubungan yang ada di berbagai lokasi. untuk menghubungkan jaringan LAN untuk membentuk jaringan WAN, perangkat yang diperlukan router.

Kelebihan jaringan WAN
Kelebihan dari jaringan adalah sebagai berikut:

  • Bagikan informasi / file melalui area yang lebih luas.
  • Semua orang di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
  • Memiliki sistem jaringan besar / lebar yang dapat menjangkau negara-negara, benua, dan bahkan seluruh dunia.
  • Jika terhubung ke jaringan transfer file internet pada jarak yang bisa dilakukan dengan cepat.
  • Dapat berbagi sumber daya dengan koneksi workstation.

Kekurangan jaringa WAN
Sedangkan kekurangan jaringan adalah sebagai berikut:

  • Biaya operasi mahal karena perawatannya sangat luas.
  • Dalam hal pengaturan / pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat yang diperlukan juga sangat mahal.
  • Membutuhkan firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap peretas atau ancaman eksternal lainnya.
Contoh Implementasi dan Penggunaan WAN

Untuk lebih memahami tentang implementasi WAN, berikut beberapa contoh dan aplikasi jaringan WAN dalam kehidupan sehari-hari:

1. Internet
Internet adalah salah satu contoh nyata dan konkret dari jaringan WAN. Dengan internet, setiap komputer akan terhubung satu sama lain dalam jaringan yang luas dan internasional. Dengan begitu setiap komputer, khususnya komputer pribadi dapat saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet, yang merupakan salah satu implementasi dari jaringan WAN ini.

2. Jaringan WAN yang diimplementasikan di perusahaan nasional atau internasional

Sebagai perusahaan nasional atau internasional, wajar jika perusahaan memiliki banyak kantor cabang dan juga kantor perwakilan di beberapa negara yang berbeda. Untuk dapat terhubung ke komputer masing-masing di kantor pusat dan juga kantor cabang dan juga kantor perwakilan di beberapa negara ini, maka prinsip-prinsip WAN digunakan untuk menghubungkan komputer.

Demikianlah artikel tentang pengertian jaringan wan (wide area network) dan gambar jaringan wan, contoh jaringan wan, fungsi jaringan wan dan perangkat jaringan wan. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.webopedia.com/TERM/W/wide_area_network_WAN.html

One Comment

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel