pengertian keyboard dan fungsinya

Pengertian Keyboard Dan Fungsinya pada Komputer

Posted on

Pengertian Keyboard Dan Fungsinya – Keyboard adalah perangkat input komputer yang berisi huruf susunan keyboard, angka dan fungsi kontrol lainnya. Meskipun sebagai perangkat komputer, sangat penting peran keyboard karena sebagian besar perintah dalam bentuk teks dan perintah lain dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.

Pengertian Keyboard Dan Fungsinya

Bentuk dan tata letak keyboard komputer sebenarnya mirip dengan keyboard pada mesin tik, hanya saja ada fitur lain telah ditambahkan. Jadi, keyboard dipakai untuk memberikan  atau memasukan data atau perintah dari manusia ke   komputer berikutnya diubah menjadi bahasa pemrograman yang dipahami oleh  Central Procesing Unit.

Sejarah Keyboard

Keyboard modern yang digunakan saat ini adalah hasil pengembangan dari keyboard telah dipatenkan oleh Christopher Scholes pada tahun 1868. Keyboard hari ini istilah tidak hanya mengacu pada keyboard pada komputer, tetapi juga mengacu pada laptop dan  keypad ponsel. Tombol tombol tersebut diatur pada setiap keyboard yang masih sama, bahwa penyediaan keyboard Qwerty. konektor keyboard (port) PS / 2 adalah jenis keyboard yang “sedikit” benar tua sekarang.

Keyboard dapat dihubungkan ke komputer melalui kabel USB CPU, serta perangkat lain seperti perangkat nirkabel Bluetooth yang juga menggunakan port USB. Tidak seperti keyboard menggunakan kabel, keyboard nirkabel atau tanpa kabel keyboard yang menghubungkan bisa menyala hanya menggunakan daya baterai.

Namun, ketika keyboard virtual juga dikenal yang didasarkan pada perangkat lunak atau aplikasi tanpa hardware. Namun, keyboard virtual memiliki fungsi terbatas dan jauh kurang dari keyboard yang sebenarnya.

Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

fungsi Keyboard

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keyboard memiliki fungsi penting pada sebuah komputer.

Fungsi utama dari keyboard adalah untuk memasukkan data atau perintah pada komputer atau sesuatu yang disebut dengan input device.

Sedangkan fungsi keyboard lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Berdasarkan tombol input yang dapat digunakan untuk mengetik atau memasukkan data ke dalam dokumen yang kemudian ditampilkan di monitor komputer. Tombol input adalah tombol dengan huruf atau angka yang tersusun di keyboard.
  2. Pilih perintah tertentu yang muncul di aplikasi yang berjalan di komputer.
  3. Jika Anda menyesuaikan aplikasi atau perangkat lunak yang Anda jalankan, mis. Misalnya, tombol F1, saat ditekan, menampilkan menu bantuan yang sesuai dengan perangkat lunak yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1 hingga F12 yang tersusun berjajar.
  4. Batalkan dialog tertentu. Tombol tab digunakan untuk memindahkan teks.
  5. Gulir ke atas dan ke bawah layar dan banyak fungsi lainnya.

Komposisi tombol keyboard

Dalam tabel huruf pada keyboard ada beberapa tombol dan LED yang menunjukkan keyboard bekerja dengan benar. Tata letak kunci meliputi:

1. Main Keyboard Mengetik

Sebuah keyboard utama berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1-0 digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer, misalnya ketika mengetik di Microsoft Office atau browser Internet.

2. tombol Directional

Keempat tombol ditandai dengan panah mengarah karakter di keempat sisinya. Tombol ini digunakan untuk memindahkan kursor dan layar ke arah yang diinginkan.

3. Digital / directional key

Kunci yang berisi tombol nomor dan kursor transfer biasanya terletak di sisi kanan kartu mencolok utama. Tombol ini hanya akan bekerja jika tombol fungsi pada keypad numerik diaktifkan. Tombol ini memungkinkan seseorang untuk mengetik dan masukkan nomor ke dalam sistem.

Baca Juga  PRINSIP KERJA DASAR SISTEM KOMPUTER

4. Tombol Fungsi

Tombol-tombol ini terletak di atas tombol keyboard utama, dan dapat dikenali dari tanda F1 untuk F12. Tombol-tombol ini digunakan untuk mengatur perintah tertentu seperti menyimpan dokumen, menu bantuan ketika mengetik di Microsoft Word dan lain-lain.

5. Tombol Khusus

tombol ini adalah di bagian atas tombol arah dan terdiri kunci tombol Home, Delete, Page Up, Page Down, Insert, cetak layar, jeda jeda dan akhir.

6. terkait Modifier

Milik keyboard adalah Ctrl, Alt dan Shift. Seperti namanya, semua tiga tombol akan berubah atau mengubah fungsi tombol lain di keypad dan tombol lainnya dapat ditekan secara bersamaan untuk menampilkan perintah.

Misalnya, tombol Ctrl bersamaan dengan huruf C secara otomatis akan menyalin data yang telah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol ini juga sering disebut sebagai jalan pintas untuk

Pengertian Keyboard

Demikianlah Artikel tentang Pengertian Keyboard Dan Fungsinya semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

One thought on “Pengertian Keyboard Dan Fungsinya pada Komputer

  1. Useful Phrases For Writing Argumentative Essays

    Although the application process for admission to graduate school can really give you a tough time, this is not the sole purpose of all these admission requirements. Instead of providing effective analysis, the writer only identifies argumentative elements in Bogard’s text, such as the appealing allusion Bogard offers regarding Van Gogh’s Starry Night or the scientific evidence Bogard uses to support his belief in the preservation of natural darkness.

    why not check here
    find
    sources tell me

    Photography My Favourite Hobby

    Essay writing has always been a part of most university and college curriculum. Hello , i am Bily , i have a project or a research concerning responsibility in academic writing i really need your help since i have no idea what to include in my project and i need more information and details about this topic (responsibility in AW) i need it for tonight please help me. thank you in advance.

    The Purpose Of An Essay
    A Random Walk From Known To Mystery
    Reflective Essay English 1020
    2338_30

Leave a Reply