Pengertian Komunikasi Daring Asinkron dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Komunikasi Daring Asinkron (asynchronous) dan Contoh – Komunikasi daring dibagi menjadi dua, yaitu Komunikasi daring asinkron (asynchronous) dan Komunikasi daring sinkron. Dalam diskusi sebelumnya, kami telah mempelajari pemahaman tentang Komunikasi daring dan jenisnya.

Apa itu Komunikasi daring asinkron? Komunikasi daring asinkron (asynchronous) adalah bentuk komunikasi menggunakan perangkat komputer (PC) dan jaringan Internet yang dilakukan dengan cara yang tertunda.

Jenis komunikasi asinkron ini adalah email, forum, blog, media sosial, dan situs web. Dalam artikel ini kita akan membahas contoh e-mail, forum, blog, media sosial dan situs web untuk Komunikasi daring asinkron.

Artikel Terkait:

1. Alamat Email
Alamat email adalah bagian dari identitas di dunia maya. Hampir semua layanan di jaringan memerlukan alamat email untuk dapat mengakses layanan. Contohnya adalah blog.

Email Anda sendiri berarti e-mail. Anda juga dapat menggunakan email untuk mengirim file, data, foto, video dan file audio dengan menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet.

Artikel Terkait:
Cara membuat email

2. Blog
Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Blog adalah bagian dari situs web yang dapat diakses online yang memiliki fungsi untuk memuat artikel atau tulisan dan gambar pada setiap halaman web. Umumnya blog hanya dikelola oleh satu orang (pengguna tunggal).

komunikasi daring asinkron
Blogging

Namun, ada juga blog yang dikelola oleh lebih dari satu orang dengan mendiskusikan sebuah topik (niche) yang sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu contoh blog seperti www.pintarkomputer.id yang secara khusus membahas teknologi komunikasi jaringan.

Fungsi blog
Fungsi dari blog adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide dan hobi menulis melalui tulisan yang disebut posting. Dalam perkembangannya, blog Anda bisa digunakan untuk menghasilkan uang di internet.

3. Forum internet
Forum internet adalah fasilitas yang sengaja disediakan di internet di mana semua pengguna dapat berdiskusi dan mengungkapkan pemikiran dan ide tentang suatu masalah. Forum berbasis internet telah dikenal sejak 1995, dan fungsinya hampir sama dengan papan buletin dan milis internet yang sudah dikenal sejak tahun 1980-an.

Forum terlaris dan populer adalah forum yang berbagi Teknologi, permainan komputer, dan politik. Namun masih ada banyak topik yang menarik minat pembaca internet. Misalnya, forum jual beli kaskus (FJB kaskus)

4. Jejaring Sosial
Media sosial adalah tempat Komunikasi daring yang didedikasikan untuk berinteraksi, berbagi informasi dan berita berbasis komunitas.

Berikut ini beberapa contoh media sosial yang menonjol:
Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer dan gratis yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk membuat profil, mengunggah foto dan video, mengirim pesan, terhubung dengan teman, keluarga dan rekan kerja.

Dan menurut data itu ternyata pengguna internet lebih nyaman menghabiskan waktu di Facebook daripada di situs web. Tentu saja Anda memiliki akun Facebook. Saya sangat senang jika Anda ingin menambahkan saya menjadi teman Facebook Anda; https://www.facebook.com/muizz.elhaitamy

Twitter adalah layanan mikroblog gratis yang memungkinkan anggota terdaftar untuk menyiarkan tulisan pendek sekitar 140 karakter yang disebut tweet. Anggota Twitter dapat menyiarkan tweet dan mengikuti tweet pengguna lain menggunakan berbagai platform dan perangkat.

Google+ (diucapkan Google plus) adalah proyek jejaring sosial yang dimiliki oleh Google yang dirancang untuk meniru cara orang berinteraksi offline lebih dekat daripada yang terjadi di layanan jejaring sosial lainnya.

Slogan google + ini adalah “Berbagi kehidupan nyata yang dirancang ulang untuk web – berbagi kehidupan nyata dirancang ulang untuk web.” Juga tambahkan saya ke Google Plus plus Anda https://plus.google.com/u/0/117218306686389967078

Silahkan berkomentar dengan relevan