Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Diposting pada

Pengertian komunikasi daring sinkron – Masih mendiskusikan komunikasi daring. Jika dalam artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian komunikasi daring dan tipenya. Jadi dalam artikel singkat ini kita akan mengerti apa artinya dengan komunikasi dan contoh online sinkron.

Dan diskusi yang lebih penting, yaitu sopan santun ketika komunikasi daring juga akan dibahas di sini. Sebelum mengetahui lebih banyak tentang komunikasi daring sinkron, saya sarankan Anda lebih baik membaca dulu pengertian komunikasi daring dan contoh dalam artikel berjudul “Pengertian komunikasi daring

 

Pengertian komunikasi daring sinkron

Komunikasi daring sinkron adalah penggunaan komputer atau smartphone untuk berkomunikasi dengan orang lain pada saat yang sama menggunakan perangkat lunak khusus.

Salah satu contoh komunikasi daring sinkron adalah obrolan teks, obrolan video, konferensi video, dll.

Aplikasi obrolan teks dapat membuat pengguna berkomunikasi menggunakan teks dengan pengguna lain. Perbedaan paling dasar antara obrolan teks dan e-mail (surat elektronik) adalah sifat dari obrolan teks yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan bahwa pesan yang dikirim akan segera dibaca jika pengguna lain sedang online.

Apa perbedaan antara komunikasi daring sinkron dan asinkron? Untuk mengetahuinya, silakan baca artikel berjudul “pengertian komunikasi daring asinkron

 

Aplikasi komunikasi daring Text Chat

Banyak aplikasi komunikasi daring sinkron untuk obrolan teks yang dapat diinstal pada PC seperti Google Talk, Yahoo Messenger (YM), Obrolan Facebook, Skype dll. Aplikasi obrolan teks yang dapat Anda instal di ponsel cerdas seperti WhatsApp, Line, Cocoa Talk, Group Me, BBM, Skype, dll.

komunikasi daring sinkron
komunikasi daring sinkron

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah nama-nama aplikasi obrolan paling populer saat ini.

WhatsApp, GroupMe, Line, WeChat, Kakao Talk, MessageMe, Kik, Tango, Cubie, Facebook Messenger, Hike, Google Hangouts, Maaii, iMessage / FaceTime, BBM, Putaran, Snapchat, Skype, Viber, Nimbuzz, ChatON, Voxer, Ringkasan

Seperti layanan obrolan teks, ada juga layanan obrolan video yang sering disebut panggilan video atau telepon video. Panggilan video adalah bentuk komunikasi daring sinkron yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi antara individu 1 – 1, dengan menghadirkan pembicara dalam bentuk visual dengan suara di depan Anda.

Biasanya, obrolan video harus dilakukan secara serentak, di mana Anda dan orang lain harus berada di depan komputer secara bersamaan. Banyak aplikasi video call yang dapat Anda pasang di komputer dan ponsel cerdas.

 

Aplikasi Komunikasi Sinkronisasi Video Chat Online

Contoh aplikasi komunikasi daring video sinkron mencakup video call Facebook, oovoo, tango, viber, facetime, skype, google + hangout, facetime, dll.

Ada juga konferensi video. Video conference adalah layanan video chat yang dilakukan secara interpersonal antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll.

Conferencing Sync Aplikasi komunikasi daring
Beberapa aplikasi obrolan video juga dapat digunakan untuk konferensi video, termasuk skype, google + hangout, zoom, bigbluebutton, ummetme, Cisco webex, dll.

 

Tatakrama dalam komunikasi daring sinkron

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda berkomunikasi daring secara sinkron sehingga tidak ada kesalahpahaman. Beberapa contoh perilaku dalam komunikasi daring sinkron termasuk yang berikut ini.

Sebuah. Gunakan nama asli (bukan nama palsu) dan lokasi Anda saat berkomunikasi daring secara sinkron.
Dalam konferensi video, kami akan diminta memasukkan nama pengguna, menggunakan nama dan lokasi asli Anda (seperti muizz_tasikmalaya). Ini akan memudahkan orang lain untuk mengetahui siapa Anda.

b. Periksa peralatan sebelum memulai komunikasi daring sinkron
Sebelum konferensi video dimulai, perhatikan peralatan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda.

c. Temukan tempat yang tenang
Jika Anda menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang (tidak bising), jangan biarkan kebisingan di sekitar Anda mengganggu konferensi. Jangan lupa matikan mikrofon jika tidak digunakan.

d. Terus berbicara
Ketika Anda diundang untuk berbicara, teruslah bicara. Jangan berhenti bertanya seperti “tidak ada suara?” Atau sesuatu. Jika ada masalah teknis, peserta lain akan memberi tahu Anda.

e. Fokus selama diskusi
Fokus pada inti diskusi, jangan melakukan kegiatan lain seperti membaca buku sambil melakukan konferensi video.

Demikian artikel tentang pengertian komunikasi daring sinkron. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Silahkan berkomentar dengan relevan