Pengertian Komunikasi Data Dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya – Komunikasi data berkaitan erat dengan pengiriman data (informasi) menggunakan sistem transmisi elektronik komputer terminal tunggal ke terminal komputer (seperti komputer, laptop, printer, dan perangkat komunikasi lainnya).

Data di sini adalah sinyal elektromagnetik. Sinyal elektromagnetik yang dihasilkan oleh sumber data yang dapat ditangkap dan kemudian dikirim ke terminal penerima.

Jadi, apa yang digunakan dengan komunikasi data adalah proses mengirim dan menerima data atau informasi dari dua atau lebih perangkat perangkat yang terhubung ke jaringan lokal atau jaringan global seperti internet.

Baca juga: Pengertian Internet dan Manfaatnya

Sementara itu, sistem komunikasi data adalah jaringan fisik yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan berbagai fasilitas seperti menjalankan program, mengakses database, berkomunikasi dengan operator lain sehingga semua fasilitas berada di terminal meskipun secara fisik berada di lokasi yang terpisah.

pengertian komunikasi data
komunikasi data

Alasan Mengapa Komunikasi Data Diperlukan

1. Ada proses distribusi yang membutuhkan jaringan sebagai media untuk pertukaran data.
2. Transaksi sering terjadi di lokasi yang berbeda dengan lokasi pemrosesan data sehingga data perlu dikirim ke lokasi pengolahan data dan dikirim kembali ke lokasi yang memerlukan informasi dari data.

3. Dibandingkan dengan metode pengiriman biasa, pengiriman data melalui jalur komunikasi lebih murah, terutama jika data telah diatur melalui komputer.

4. Organisasi yang memiliki beberapa lokasi pemrosesan data, data dari lokasi pemrosesan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirim data ke lokasi yang tidak sibuk.

 

Unsur Komunikasi Data

Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi lain, harus ada setidaknya tiga elemen utama dari sistem, yaitu sumber data, media transmisi, dan penerima. Jika salah satu dari tiga elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan mungkin. Berikut adalah tiga elemen komunikasi data.

1. Sumber data
Definisi sumber data adalah elemen yang bertanggung jawab untuk mengirim informasi, seperti terminal komputer. Sumber data ini menghasilkan informasi dan menempatkannya di media transmisi.

Sumber yang biasa dilengkapi dengan pemancar yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirim ke dalam bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, termasuk pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh transmisi adalah modem.

2. Media transmisi data
Media transmisi data adalah jalur tempat proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan oleh jalur transmisi adalah kabel, gelombang elektromagnetik, twisted pair, kabel koaksial dan serat optik.

Juga baca: Pengertian Transmisi Data dan Contoh

3. Penerima data
Penerima data adalah perangkat yang menerima data atau informasi seperti set telepon, terminal komputer, dll., Yang berfungsi menerima data yang dikirim oleh sumber informasi. Penerima data adalah perangkat yang disebut penerima yang berfungsi untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk-bentuk tertentu yang dapat digunakan oleh penerima.

Misalnya modem yang berfungsi sebagai penerima yang menerima sinyal analog yang dikirim melalui kabel telepon dan mengubahnya menjadi bitstream.

Jenis Jenis Komunikasi Data

Sistem komunikasi data dapat berupa offline atau online. Sistem komunikasi data dapat dimulai dengan sistem yang sederhana, seperti jaringan akses terminal, yang merupakan jaringan yang memungkinkan operator untuk mendapatkan akses ke fasilitas yang tersedia di jaringan.

Operator dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas, seperti menjalankan program aplikasi, mengakses database, dan berkomunikasi dengan operator lain.

a. Sistem Komunikasi Offline
Sistem komunikasi offline adalah sistem transmisi data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi akan diproses oleh terminal, kemudian menggunakan modem data yang dikirim melalui telekomunikasi.

Di tempat tujuan, data juga diterima oleh modem kemudian oleh terminal, data disimpan pada disket, pita magnetik, dan lain-lain.

b. Sistem Komunikasi Online
Dalam sistem komunikasi online data yang dikirim melalui terminal komputer dapat langsung diperoleh, langsung diproses oleh komputer ketika kita membutuhkannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian komunikasi data dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel