Pengertian LAN Card (Kartu Jaringan) Dan Fungsinya Serta Jenisnya

PintarKomputer.Id –¬†Saat ini, teknologi informasi telah berkembang sangat pesat. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ditunjukkan oleh munculnya berbagai jenis perangkat keras komputer, seolah-olah perangkat keras komputer tidak akan habis seiring dengan perkembangan teknologi.

Berbicara tentang jaringan komputer, ternyata ada beberapa perangkat jaringan komputer yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satunya adalah LAN CARD atau kartu jaringan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan belajar tentang LAN Card.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan mengerti;

  • Pengertian LAN Card
  • Fungsi LAN Card
  • Jenis LAN Card
  • Bagaimana cara kerja LAN Card dan
  • Harga LAN Card

Pengertian LAN Card (Kartu Jaringan)

Dikutip dari wikipedia, pengertian LAN Card adalah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke jaringan komputer.

Nama lain untuk LAN Card adalah kartu antarmuka jaringan disingkat NIC atau juga kartu jaringan.

Secara garis besar, LAN Card dibagi menjadi dua jenis. Yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang logis.

Misalnya NIC fisik adalah Ethernet NIC, Token Ring, dan lain-lain; sementara NIC logis adalah adapter loopback dan Adapter Dial-up.

Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut alamat MAC, yang bisa statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Baca juga: Cara mengubah Addrees MAC

Jenis Jenis LAN Card

Kabel LAN Card
LAN Card dengan koneksi kabel adalah salah satu jenis LAN Card klasik yang masih digunakan hingga saat ini.

LAN Card dengan koneksi kabel dapat menggunakan kabel untuk menghubungkan satu komputer ke LAN atau jaringan lokal.

Penggunaan LAN dengan koneksi kabel masih banyak digunakan, karena dianggap memiliki biaya yang lebih efisien.

LAN Card dengan koneksi kabel sendiri masih dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. LAN ISA
Adalah salah satu jenis kartu jaringan tertua dan diinstal di PC dan komputer.

pengertian lan card dan fungsinya - LAN CARD ISA
LAN CARD ISA

2. LAN PCI
Diproduksi pada tahun 1992, LAN PCI adalah penerus generasi ISA LAN yang saat ini masih digunakan pada komputer dan laptop.

pengertian lan card
gambar lan card PCI

3. LAN USB
Adalah LAN Card yang menggunakan teknologi USB sebagai konektivitasnya. Jika dibandingkan dengan dua tipe LAN Card sebelumnya, LAN USB ini adalah tipe yang paling sederhana dan sangat mudah digunakan, karena dapat dihapus dan dibawa kemana-mana dengan mudah dan praktis.

LAN Card Nirkabel
Seperti namanya, jenis kartu jaringan ini adalah penerus dari LAN Card kabel biasa, di mana konektivitas dari LAN Card menggunakan teknologi nirkabel, alias nirkabel.

Jenis LAN Card ini menggunakan antena sebagai penangkapan sinyal dan juga rilis sinyal secara lokal. Kelebihan LAN Card jenis ini adalah tanpa menggunakan kabel, sehingga mudah dipasang dan juga mudah digunakan setiap hari.

Fungsi dari LAN Card pada Komputer

Fungsi utama dari LAN card adalah untuk mendukung fungsi jaringan koneksi antar komputer di dalam suatu ruangan, seperti kelas, kantor, sekolah, serta rumah. Dengan menggunakan LAN Card, mala komunikasi antar komputer atau PC akan semakin mudah. Itu adalah fungsi utamanya.

Selain itu, masih ada fungsi LAN Card yang bisa anda baca dibawah ini.

1. Dapat Digunakan Untuk Game Multiplayer
Bagi Anda yang suka bermain game, Anda harus terbiasa menggunakan kartu LAN dalam bermain multiplayer, lebih dari 1 pemain dalam satu game. Beberapa permainan, seperti permainan menembak, dapat dimainkan dengan teman di satu ruangan atau gedung dengan menggunakan akses LAN atau jaringan area lokal tanpa perlu menggunakan koneksi Internet.

2. Obrolan antar lembaga dalam satu gedung
Bagi mereka yang bekerja di perusahaan yang berlokasi di gedung besar dan besar, di mana komunikasi sulit dilakukan berhadap-hadapan, Kartu LAN akan sangat membantu Anda. Jaringan lokal di dalam gedung memungkinkan Anda berkomunikasi dengan rekan kerja yang berada di satu gedung, yang terhubung ke jaringan LAN tanpa perlu menggunakan Internet.

3. Berbagi Koneksi Jaringan Internet Di Satu Ruangan
Bagi mereka yang berada di lokasi sekolah dan juga universitas atau kantor, biasanya setiap PC yang ada di lokasi tempat kerjanya terhubung ke koneksi internet.

Di sinilah Kartu LAN memegang fungsinya dengan baik. Kartu LAN dapat membantu berbagi koneksi internet ke PC yang terhubung satu sama lain. Hanya membutuhkan satu server, maka koneksi internet dapat dinikmati oleh semua jaringan PC dalam satu ruangan.

4. Berbagi File atau Dokumen Tanpa Koneksi Internet
Saat ini aktivitas berbagi dan berbagi file juga dapat dilakukan menggunakan teknologi internet. Namun, di satu ruangan atau kantor yang terhubung ke LAN tidak perlu internet. Anda dapat dengan mudah menyalin file atau dokumen yang ingin Anda sediakan tanpa harus menunggu koneksi internet yang mungkin sering mengalami gangguan.

Baca juga: Cara sharing file ke komputer lain

5. Digunakan untuk Warnet
Bagi Anda yang berjiwa bisnis, terutama bisnis warnet, LAN Card sangat berguna untuk membuat sistem jaringan di warung internet. Dengan menggunakan LAN Card, semua komputer di warnet akan terhubung ke internet, hanya menggunakan satu server. Oleh karena itu, fungsi kartu LAN sangat penting, dan kami tidak dapat meremehkannya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian LAN Card dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel