Pengertian Monitor Komputer Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian Monitor Komputer Dan Fungsinya – Monitor adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menampilkan informasi video dan grafik yang dihasilkan oleh komputer melalui kartu video atau VGA.

Bentuk monitor komputer ini sangat mirip dengan televisi. Tetapi monitor komputer menampilkan informasi dengan resolusi yang jauh lebih tinggi. Dan monitor komputer juga biasanya tidak dipasang (ditempel) di dinding tetapi disimpan di atas meja.

Monitor memiliki beberapa nama. Terkadang monitor komputer disebut layar, layar, tampilan video, unit tampilan video, atau layar video.

Menurut saya, sangat salah jika monitor disebut komputer, ini akan berbeda ketika kita mematikan komputer dan mematikan monitor. Hal yang sama adalah ketika kita menganggap CPU sebagai casing.

Semua jenis monitor biasanya terhubung ke port HDMI, DVI, atau VGA. Konektor lainnya termasuk USB, DisplayPort, dan Thunderbolt.

Tips
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli monitor baru. Harap perhatikan jenis konektornya.
Misalnya, Anda ingin membeli monitor dengan port HDMI saat komputer Anda hanya dapat menerima koneksi VGA. Tentunya ini adalah kesalahan patal.

Meskipun sebagian besar VGA dan monitor memiliki banyak port, sangat memungkinkan untuk berfungsi dengan berbagai jenis kedua perangkat, tetapi Anda masih harus memeriksa kompatibilitasnya.

Monitor
Monitor adalah perangkat tampilan dan terhubung melalui kabel ke port pada kartu video atau motherboard. Meskipun monitor bukan perangkat utama komputer, monitor adalah bagian terpenting dari sistem komputer yang lengkap.

Monitor komputer termasuk dalam perangkat keras output, karena hanya berfungsi untuk melepaskan informasi ke layar.

Jenis monitor

Monitor datang dalam dua jenis, yaitu monitor LCD dan CRT.

Monitor CTR

pengertian monitor komputer dan fungsinya
monitor ctr

Monitor CRT tampak seperti televisi kuno yang memiliki bentuk dan ukuran besar.

Sementara Monitor LCD jauh lebih tipis, menggunakan lebih sedikit energi dan tentunya memiliki kualitas grafis yang lebih baik.

Layar LCD

pengertian monitor
pengertian monitor

Ukuran layar monitor biasanya hanya berkisar antara 17 inci hingga 24 inci.

Anda dapat membeli monitor komputer secara terpisah. Tidak seperti monitor built-in ini (seperti laptop, tablet, monitor notebook) yang termasuk dari sistem komputer. Ini berarti Anda tidak perlu membelinya secara terpisah!

Jenis Konektor Monitor

Monitor komputer memiliki setidaknya satu dari tiga jenis konektor monitor berikut untuk terhubung ke komputer.

  1. DVI
  2. HDMI
  3. VGA

1. DVI atau Digital Visual Interface adalah konektor yang dikembangkan menjadi standar industri untuk transmisi konten video digital pada resolusi setinggi 2560 x 1600.
Perangkat yang menggunakan konektor DVI adalah monitor dan proyektor komputer.
Anda bahkan dapat menggunakan DVI untuk beberapa TV, meskipun HDMI lebih sering digunakan.

2. HDMI atau High Definition Multimedia Interface, HDMI adalah konektor dan kabel yang mampu mentransmisikan streaming audio dan video berkualitas tinggi dan bandwidth tinggi antar perangkat. Standar HDMI dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Hitachi, Philips, Sony, dan Toshiba

Anda dapat menggunakan teknologi HDMI untuk perangkat seperti HDTV, proyektor, pemutar DVD

3. VGA atau Video Graphics Array, VGA adalah standar tampilan paling populer yang dikembangkan oleh IBM dan diperkenalkan pada tahun 1987.

VGA menyediakan resolusi layar 640 x 480 resolusi warna dengan refresh rate 60 Hz dan 16 warna ditampilkan sekaligus. Jika resolusinya dikurangi menjadi 320 x 200, 256 warna akan ditampilkan.

Hal-hal yang harus Anda hindari saat membersihkan layar monitor LCD atau CTR

  1. Jangan menyemprot cairan pembersih langsung ke layar monitor
  2. Jangan menggunakan larutan pembersih yang mengandung alkohol atau amonia
  3. Jangan gunakan handuk untuk membersihkan layar monitor
  4. Jangan bersihkan layar monitor saat sedang dinyalakan atau hangat

Nah, itulah Pengertian Monitor Komputer beserta Fungsi dan Jenisnya yang bisa saya tulis dalam artikel singkat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar!

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel