Pengertian Motherboard Dan Fungsi Serta Jenisnya

Diposting pada

Pintar Komputer – Jika Anda mencoba membuka casing CPU, hal pertama yang akan Anda lihat adalah papan PCB. Papan PCB tersebut adalah motherboard atau dalam bahasa Indonesia disebut motherboard.

Setiap PC atau laptop harus dilengkapi dengan motherboard. Lalu apa motherboard dan apa fungsinya?

Nah, dalam artikel ini, saya akan mengulas perangkat motherboard, mulai dari pengertian motherboard dan fungsi nya motherboard, jenis motherboard dan gambar motherboard. Karena itu, mari kita lanjutkan lagi …

Pengertian Motherboard

Menurut Wikipedia Papan utama (bahasa Inggris: motherboard) adalah papan sirkuit di mana berbagai komponen elektronik terhubung satu sama lain seperti pada PC atau Macintosh dan biasanya disingkat sebagai mobo.

Atau

Pengertian lain tentang motherboard adalah papan utama dalam bentuk papan PCB yang memiliki chip bios (drive program), jalur dan konektor sebagai akses penghubung untuk setiap perangkat.

Ini gambar motherboard!

Seperti yang Anda lihat pada gambar motherboard di atas, bahwa motherboard adalah pusat, di mana semua komponen perangkat keras komputer ditempatkan di sana.

Fungsi Motherboard

Dalam penerapannya, motherboard memiliki fungsi utama, yaitu sebagai tempat untuk seluruh sistem komputer yang diatur, seperti prosesor atau CPU, chipset, RAM, hard drive, VGA, LAN card, dan juga semua soket dan slot komputer.

Dengan fungsi ini, masuk akal jika motherboard memang merupakan komponen penting dalam sistem komputer, karena itu adalah rumah bagi komponen komputer lainnya.

6 Jenis motherboard dan gambarnya

Meskipun motherboard merupakan papan PCB di dalam komputer, ternyata motherboard memiliki beberapa tipe. Berikut ini adalah jenis motherboard:

1. Form Factor ATX
Jenis motherboard yang pertama adalah Advanced Technology Extended atau Form Factor ATX. Motherboard ini adalah motherboard Intel yang dikeluarkan pada tahun 1995. Ukuran motherboard ini adalah 305 x 244 mm.

pengertian motherboard dan fungsinya dan gambar motherboard
Gambar motherboard by: http://galleryhip.com

2. Micro Form Factor – ATX
Form Factor Micro – ATX adalah hasil dari pengembangan ATX mobots, dengan biaya produksi dan kinerja yang lebih rendah. Ukuran motherboard ini adalah 244 x 244 mm.

 

pengertian motherboard, gambar motherboard
Gambar motherboard by: http://galleryhip.com

3. Form Factor Mini – ITX
Form Factor Mini – ITX adalah motherboard kecil. Motherboard ini dirancang untuk membuat komputer yang menghemat energi dan daya. Ukuran motherboard ini adalah 170 x 170 mm.

pengertian motherboard, gambar motherboard
Gambar motherboard by: http://galleryhip.com

4. Form Factor Pico – ITX
Merupakan hasil pengembangan motherboard tipe Mini-ITX. Motherboard Pico-ITX memiliki ukuran yang lebih kecil, yang hanya sekitar 100 x 70 mm.

pengertian motherboard, gambar motherboard
https://www.viatech.com

5. Form Factor Nano – ITX
Nano-ITX Motherboard ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 120 x 120 mm.

pengertian motherboard, gambar motherboard
https://id.aliexpress.com

6. Form Factor NLX
NLX kependekan dari New Low Profile Extended. NLX hanya memiliki satu slot untuk ekspansi, dan merupakan motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada tahun 1997. Motherboard ini memiliki ukuran 254 x 228 mm.

pengertian motherboard, gambar motherboard
http://www.esaitech.com

Demikianlah artikel tentang pengertian motherboard dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih sudah berkunjung. Sampai bertemu dalam artikel selanjutnya.

Silahkan berkomentar dengan relevan