Pengertian Partisi dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Partisi dan Jenisnya – Apakah partisi hard drive? Partisi adalah proses memblokir, memisahkan, membagi hard drive. Penyisipan hard disk ke beberapa bagian memiliki tujuan untuk memfasilitasi manajemen file.

Tujuan menggunakan partisi dalam tabel adalah untuk mempercepat respon query database sambil memfasilitasi manajemen kegiatan yang berkaitan dengan backup file dan pemeliharaan indeks.

Apa itu manajemen file? baca lebih lanjut “Memahami Manajemen File”

Fungsi Membagi Partisi Harddisk

pengertian partisi harddisk
partisi harddisk

Fungsi membagi partisi hard drive adalah sebagai berikut;

1. Hard Drive Ukuran Besar
Jika ukuran hard drive di komputer terlalu besar, Anda sebaiknya membuat partisi atau membagi hard drive menjadi beberapa bagian. Karena dengan membuat partisi hard drive, itu akan memudahkan Windows untuk mengindeks file pada drive komputer.

2. Mencegah Penyebaran Virus
Jika Anda memiliki partisi / drive C yang terinfeksi virus, partisi lain akan tetap aman dari serangan virus dan jika Anda ingin memformat drive C, partisi lain tidak terpengaruh.

3. Mencegah Tumpang Tindih
Dapat menginstal lebih dari satu sistem operasi pada hard disk tanpa mengkhawatirkan file yang tumpang tindih.

 

Jenis Partisi Harddisk

a. Partisi hardware
Partisi hardware meliputi:

Multiprocessors yang memungkinkan sub-operasi dari query yang melibatkan banyak tabel dapat terjadi secara paralel.

– RAID (redundant array of independent disk) akan mempercepat akses data baik membaca atau menulis ke disk secara bersamaan karena distribusi data menyebar ke beberapa disk drive. Kinerja ini akan terlihat ketika operasi gabungan terjadi yang melibatkan beberapa tabel di mana setiap tabel terletak pada drive yang terpisah.

b. Partisi vertikal
Partisi vertikal ditekan dengan membagi kolom dalam tabel (biasanya terlalu banyak kolom) menjadi dua atau lebih tabel.

Tujuan dari partisi vertikal adalah untuk dapat menampung sebanyak mungkin baris pada satu halaman di atas meja. Jenis partisi vertikal ini dilakukan dengan normalisasi dan pemisahan baris.

c. Partisi horizontal
Pemisahan horizontal adalah proses pengelompokan satu tabel yang memiliki jutaan menjadi beberapa tabel, yang masing-masing memiliki lebih sedikit baris.

d. Logical Partitions
Jenis partisi yang digunakan untuk menyimpan file data, aplikasi, foto, mp3, video dan sebagainya. Jenis partisi ini biasanya disimpan di drive D dan drive E.

e. Extended Partition adalah partisi yang berfungsi sebagai penghalang antara partisi utama dan partisi logical. Jenis partisi ini juga berfungsi sebagai cadangan jika ada kesalahan fatal di patriark utama.

Demikian artikel tentang pengertian partisi harddisk dan jenisnya. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan relevan