Pengertian Perangkat Lunak dan Contohnya

Pengertian Perangkat Lunak dan Contohnya – Perangkat keras pada komputer tidak akan berfungsi tanpa perintah khusus yang memerintahkannya untuk menjalankan operasi. Perintah-perintah ini dikelompokkan dalam perangkat lunak.

Jadi, perangkat lunak adalah suatu perintah yang dapat menjalankan suatu operasi. Perangkat lunak dibuat dengan cara yang sederhana, sistematis, dan logis oleh orang yang kompeten dalam membuat perangkat lunak. Orang itu disebut Programmer.

 

Fungsi Perangkat Lunak

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak diklasifikasikan menjadi dua kategori besar, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi (Perangkat Lunak Aplikasi). Dalam posting ini, kita akan membahas pengertian perangkat lunak dan pembagiannya. Lihatlah peta konsep perangkat lunak di bawah ini.

pengertian perangkat lunak
perangkat lunak

1. Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak sistem adalah istilah umum yang mengacu pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras komputer sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Perangkat lunak sistem adalah bagian wajib dari sistem komputer.

Contoh yang jelas dari perangkat lunak sistem adalah sistem operasi, OpenGL atau pustaka basis data. Jenis perangkat lunak ini dibedakan oleh perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas-tugas spesifik dan produktif, seperti perangkat lunak pengolah kata atau penyuntingan gambar.

Perangkat lunak sistem dibagi menjadi 3 jenis

  1. Perangkat Lunak Sistem Operasi
  2. Software Bahasa Pemrograman
  3. Perangkat Lunak Sistem Utilitis

Sistem operasi atau sistem operasi atau OS adalah sistem perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengelola perangkat keras dan sistem operasi dasar, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti perangkat lunak pengolah angka dan kata.

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak di lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer saat komputer dihidupkan.

Sedangkan perangkat lunak lain akan berjalan setelah Sistem Operasi berjalan, dan OS akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak.

Layanan inti umum seperti akses ke hard disk dan manajemen memori, sehingga perangkat lunak tidak lagi perlu menjalankan tugas-tugas inti umum ini, karena telah dilayani dan dilakukan oleh OS.

Lebih lengkap Baca:
Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya
Jenis Sistem Operasi dan
Pengembangan Sistem Operasi

Sistem Operasi menjamin bahwa aplikasi lain dapat menggunakan memori, input dan output pada peralatan lain, dan memiliki akses ke sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan bersamaan, OS mengatur rencana yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) dan tidak saling mengganggu.

Sistem operasi utama yang digunakan oleh komputer yang digunakan saat ini dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

  1. Microsoft Windows family
  2. Keluarga Unix
  3. Mac OS

2. Bahasa Pemrograman Perangkat Lunak
Programming Language software adalah perangkat lunak bahasa yang berfungsi untuk membuat perintah atau program di komputer oleh programmer. Bahasa pemrograman juga bisa menjadi pengatur komunikasi antara komputer dan peralatan.

Ada 3 level dalam aplikasi bahasa pemrograman

  • Bahasa tingkat rendah, umumnya disebut kode atau bahasa mesin, level ini adalah bahasa pemrograman generasi pertama
  • Bahasa tingkat menengah, sama seperti bahasa mesin tetapi instruksi atau instruksi dekat dengan bahasa sehari-hari sehingga memudahkan programmer untuk membuat program karena kode adalah huruf bukan angka. Contoh bahasa tingkat Menengah adalah assembler.
  • Bahasa tingkat tinggi, bahasa pemrograman yang lebih mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Misalnya BASIC, COBOL, PASCAL, dll.

3. Perangkat Lunak Utilitas
Utility adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas yang terkait dengan sumber daya sistem, misalnya untuk memformat disket. Dalam program scandisk lingkungan Windows, pembersihan disk, dan disk Defragmenter.

Perangkat lunak utilitas ini secara otomatis disertakan pada PC ketika sistem operasi Windows diinstal. Namun, ada kalanya Anda harus menginstalnya sendiri karena Utility Software bukan bagian dari sistem operasi.

Contoh Perangkat Lunak Utilitas seperti perangkat lunak antivirus Norton 2003, Mc Afee Viruscan 7.0, dll.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel