Pengertian Protokol Jaringan Komputer Dan Jenisnya

Diposting pada

Artikel ini membahas pengertian dari protokol jaringan komputer – Banyak protokol jaringan komputer didefinisikan sebagai aturan yang digunakan untuk menentukan beberapa fungsi yang ada dalam jaringan komputer.

Fungsi-fungsi dalam jaringan komputer biasanya termasuk mengirim pesan, data, informasi, dll., Serta fungsi menerima data, pesan, dan juga informasi.

Ini menunjukkan, bahwa setiap komputer di jaringan harus memiliki protokolnya sendiri sesuai fungsinya, yaitu fungsi penerima (receiver) atau fungsi pengirim (transmitter).

Selain itu, protokol jaringan komputer juga memiliki fungsi lain yang sangat penting. Fungsi dari protokol jaringan komputer lainnya adalah setiap komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam bahasa yang sama.

 

Fungsi Protokol Jaringan Komputer

Pada dasarnya fungsi dari suatu protokol jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi praktis dan juga fungsi teknis.

Fungsi Praktis Protokol Jaringan Komputer
Fungsi praktis dari protokol jaringan komputer adalah seperti yang disebutkan di atas, yaitu untuk membantu penerima komputer (penerima) dan juga pengirim (transmitter) dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan bahasa yang sama, sehingga proses transfer data dan informasi dapat bekerja lancar.

Fungsi Teknis Protokol Jaringan Komputer
Fungsi-fungsi teknis adalah fungsi dari protokol jaringan komputer yang lebih teknis dan teoritis. Fungsi ini banyak berkaitan dengan istilah teknis yang biasa digunakan dalam ilmu komputer dan jaringan.

Berikut adalah beberapa fungsi teknis dari protokol jaringan komputer:

  1. Sebagai fragmentasi dan juga reassembly
    Yaitu membagi informasi dan pesan yang dikirim ke beberapa paket data, sehingga lebih mudah untuk mengirimkan data. Ketika tiba di komputer penerima (receiver) maka paket data akan disusun kembali menjadi satu informasi lengkap (reassembly).
  2. Fungsi enkapsulasi
    yaitu menyelesaikan berita dan juga pesan yang dikirim oleh pemancar menggunakan alamat lain, serta kode-kode tertentu.
  3. Sebagai Kontrol Koneksi
    Itu adalah aturan yang bertugas membangun dan juga membangun koneksi atau koneksi antara pemancar (pengirim) dan juga penerima (penerima).
  4. Sebagai Kontrol Aliran
    Berikutnya adalah fungsi mengatur dan juga mengendalikan perjalanan data dan juga informasi dari pemancar ke penerima.
  5. Sebagai Kontrol Kesalahan
    Itu adalah tugas untuk mengatur dan juga mengendalikan setiap kesalahan dan juga kesalahan yang terjadi ketika proses transmisi data antara pemancar dan penerima terjadi.
  6. Layanan Transmisi
    Berfungsi untuk menyediakan layanan komunikasi data, terutama yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan dari informasi yang dikirimkan.

 

11 Jenis Protokol Jaringan Komputer

protokol jaringan komputer
Https adalah salahsatu protokol jaringan komputer

Pada dasarnya, protokol jaringan komputer memiliki berbagai jenis, sesuai dengan kegunaan dan fungsinya, dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh protokol jaringan komputer.

Berikut ini adalah beberapa jenis protokol jaringan komputer:

1. TCP
TCP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol. TCP adalah protokol jaringan komputer yang bergerak dan juga berfungsi pada lapisan transportasi di lapisan OSI.

TCP saat ini juga banyak digunakan sebagai protokol standar pada koneksi internet atau jaringan interkoneksi yang kita gunakan saat ini.

TCP banyak digunakan untuk jaringan komputer yang memiliki protokol yang memerlukan layanan transfer data yang handal atau dapat diandalkan. Protokol jaringan TCP ini banyak digunakan dalam mengimplementasikan HTTP dan FTP.

2. UDP
Jenis protokol berikutnya yang digunakan dalam membangun jaringan komputer adalah protokol jaringan UDP. Protokol jaringan UDP ini adalah singkatan dari User Datagram Protocol, yang merupakan salah satu protokol dari lapisan transport.

Dengan menggunakan UPD, transmisi data dapat dilakukan tanpa harus membangun hubungan atau komunikasi sebelumnya antara host. Berbeda dengan TCp yang harus melewati facies komunikasi terlebih dahulu (menggunakan three way handshake).

3. ARP
Protokol jaringan komputer berikutnya adalah protokol jaringan ARP atau yang merupakan singkatan dari Address Resolution Protocol. ARP memiliki sedikit fungsi, tetapi memainkan peran penting dalam koneksi dari jaringan komputer.

4. RARP
RARP adalah protokol jaringan komputer berikutnya, yang merupakan singkatan dari Reverse Address Resolution Protocol. Jika fungsi ARP untuk memetakan dan juga mengubah dari alamat IP ke alamat Ethernet, maka RARP bertanggung jawab untuk menemukan alamat IP untuk host dan juga komputer ..

5. ICMP
ICMP adalah protokol internal di dalam koneksi jaringan komputer, yang menggunakan IP. ICMP adalah singkatan dari Internet Control Message Protocol. Fungsi utama dari protokol jaringan ICMP ini adalah memberikan informasi kesalahan yang terjadi antar host.

6. Net Bios
Net BIOS adalah protokol jaringan lain, yang dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, IBM. Net BIOS adalah protokol jaringan komputer yang dapat bekerja pada tiga lapisan teratas dari model lapisan OSI. Tiga lapisan adalah lapisan sesi, lapisan presentasi, dan lapisan aplikasi.

7. PPP
Jenis protokol jaringan komputer berikutnya adalah protokol PPP. Protokol ini merupakan kependekan dari protokol point to point.

Protokol PPP ini adalah jenis protokol yang bekerja pada lapisan data link di layer, dan secara luas digunakan sebagai protokol pada jaringan WAN atau Wide Area Networks yang mengacu pada lokasi geografis yang luas, mulai dari antar pulau, negara, hingga antar benua.

Baca juga: pengertian jaringan WAN

8. SLIP
SLIP adalah protokol jaringan komputer berikutnya yang merupakan singkatan dari Serial Line Internet Protocol. Protokol SLIP ini memungkinkan transfer data alamat IP melalui saluran telepon atau dial.

Namun, dalam praktiknya, protokol SLIP ini telah digantikan oleh protokol PPP yang sebenarnya jauh lebih cepat daripada protokol SLIP. Meskipun awalnya SLIP dan protokol PPP bekerja berdampingan, PPP menjadi pelengkap aplikasi protokol SLIP.

9. POP3
POP3 adalah jenis protokol yang banyak digunakan untuk surat elektronik, atau email. POP3 adalah singkatan dari Post Office Protocol versi 3, di mana dengan menggunakan protokol POP3, pengguna dapat mengambil dan melihat e-mail yang disimpan di server.

Ini karena semua e-mail atau e-mail harus diakomodasikan untuk sementara di server, hingga akhirnya e-mail dapat diambil dan diterima oleh penerima e-mail yang dimaksud.

Baca: cara membuat email

10. SMTP
Protokol berikutnya adalah protokol jaringan SMTP. Protokol jaringan ini masih berhubungan dengan proses pengiriman e-mail.

Baca : cara mengirim email

Protokol, yang merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, adalah protokol yang digunakan secara luas ketika pengguna memproses pengiriman email di internet. Dengan menggunakan protokol ini, pengguna yang solid mengirim surat elektronik, alias email ke server dari email penerima.

11. HTTP
Protokol berikutnya yang sering ditemukan, dan kami sering menjumpai browsing adalah HTTP. HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfet Protocol.

Protokol HTTP adalah jenis protokol yang banyak digunakan untuk menentukan bagaimana pesan dapat diformat dan kemudian dikirim ke klien dari server web.

HTTP biasanya digunakan pada aplikasi www atau world wide web, yang juga berfungsi untuk mengatur tindakan apa yang harus dilakukan server web dalam menanggapi perintah pada protokol HTTP ini.

Silahkan berkomentar dengan relevan