Pengertian Repeater Dan Fungsinya Beserta Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Repeater dan Fungsinya – Dalam istilah jaringan dan komunikasi selalu membutuhkan perangkat yang mendukung kelancaran komunikasi tersebut. Beberapa perangkat terlibatkan dalam jaringan komputer, seperti hub, switch, router dan repeater.

Perangkat-perangkat di atas saling bekerja sama menghasilkan jaringan yang berkualitas. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan mempelajari tentang repeater dan fungsinya.

Pengertian Repeater

Apa itu repeater?

Repeater adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal.

Repeater menerima sinyal dan mentransmisikan kembali sinyal dengan daya yang lebih tinggi, sehingga sinyal dapat menjangkau area atau area yang lebih luas.

Repeater berasal dari istilah telegrafi dan mengacu pada perangkat elektromekanis yang digunakan oleh tentara untuk meregenerasi sinyal telegraf.

Penggunaan istilah ini masih digunakan dalam komunikasi telepon dan data.

Dalam industri komunikasi nirkabel (nirkabel) Repeater adalah penguat sinyal yang berfungsi untuk meningkatkan daya tangkap sinyal seluler di suatu area atau wilayah.

Umumnya repeater terdiri dari antena untuk menerima sinyal, penguat sinyal, dan antena untuk mengirim sinyal.

Salah satu manfaat dari repeater adalah membuatnya lebih mudah bagi pengguna telepon seluler dan jaringan telekomunikasi untuk mendapatkan sinyal yang baik dan kuat dengan jaringan nirkabel, membuat komunikasi lebih lancar dan lebih baik.

Dalam sistem komunikasi digital, repeater adalah perangkat yang menerima sinyal digital pada media transmisi elektromagnetik atau optik.

Dalam sistem komunikasi nirkabel, repeater terdiri dari penerima radio, amplifier, pemancar, isolator, dan dua antena. Pemancar menghasilkan sinyal pada frekuensi yang berbeda dari sinyal yang diterima.

Dalam satelit nirkabel, repeater ini lebih umum disebut transponder yang berfungsi untuk menerima sinyal uplink dan mengirimnya lagi.

Dalam sistem telepon seluler, repeater milik kelompok transceiver di wilayah geografis yang secara kolektif melayani pengguna sistem.

Dalam jaringan serat optik, repeater terdiri dari fotosel, penguat, dan dioda pemancar cahaya (LED) atau inframerah memancarkan dioda (IRED) untuk setiap cahaya atau sinyal IR yang membutuhkan amplifikasi.

Repeater serat optik beroperasi pada tingkat daya yang jauh lebih rendah daripada repeater nirkabel, dan juga jauh lebih sederhana dan lebih murah.

Namun, desain membutuhkan ahli untuk memastikan bahwa rangkaian gangguan internal diminimalkan.

Repeater biasanya digunakan oleh operator radio komersial atau amatir untuk memperpanjang sinyal dalam rentang frekuensi radio dari satu penerima ke penerima lainnya.

Repeater ini terdiri dari repeater drop, dan repeater hub, yang menerima dan mentransmisikan kembali sinyal dari sejumlah arah ke sejumlah arah lain.

 

Kategori Repeater

Repeater dibagi menjadi 3 kategori, yaitu; Repeater GSM, Repeater CDMA, dan Repeater 3G.

1. GSM

pengertian repeater dan fungsinya
GSM

Untuk komunikasi seluler, repeater bekerja pada frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz (GSM).

Adanya hambatan yang terjadi antara base station dan mobile station akan menyebabkan sinyal yang diterima oleh perangkat mobile memiliki kualitas rendah.

Kualitas rendah ini dapat menyebabkan aktivitas komunikasi menjadi terganggu, mulai dari putus hingga panggilan terganggu.

Di sinilah “Repeater GSM” diperlukan. Sehingga sinyal lemah ini diambil dan diperkuat dengan bantuan antena dan kemudian diteruskan melalui koaksial ke unit “repeater”.

2. CDMA

pengertian repeater dan fungsinya
CDMA

CDMA bergerak pada frekuensi 800 MHz, dan bekerja pada teknologi 2G. Frekuensi CDMA tidak memiliki sinyal yang bagus jika dibandingkan dengan sinyal GSM.

CDMA atau Divisi Kode akses ganda adalah metode akses bersama yang membagi saluran tidak berdasarkan waktu (seperti dalam TDMA) atau frekuensi (seperti dalam FDMA),

Dengan menggunakan “CDMA Repeater”, sinyal lemah ini diambil dan diperkuat dengan bantuan antena luar dan kemudian diteruskan melalui koaksial ke unit “repeater”.

3. 3G

pengertian repeater dan fungsinya
3g

3G atau teknologi generasi ketiga adalah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diterapkan ke jaringan telepon seluler.

3G adalah istilah umum yang mengacu pada pengembangan teknologi telepon nirkabel versi ketiga.

Dengan 3G, pengguna ponsel akan mendapatkan akses lebih cepat ke jaringan internet dengan bandwidth hingga 384 Kbps.

Akses cepat ini adalah andalan 3G yang tentunya mampu memberikan beragam fasilitas kepada pengguna seperti menonton video langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video.

3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru untuk jaringan nirkabel di pasar atau negara berkembang.

Repeater perangkat elektronik yang berfungsi “meregenerasi” sinyal nirkabel atau optik. Dengan media seperti Ethernet atau Wi-Fi, transmisi data hanya dapat mencapai jarak yang terbatas sebelum kualitas sinyal menurun.

Di sinilah peran penting repeater, yaitu repeater akan berusaha menjaga integritas sinyal dan memperpanjang jarak data yang akan dilalui.

Beberapa perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai repeater biasanya memiliki beberapa nama. Seperti Hub aktif, Access Point, Switch dan Router (tetapi kebanyakan router dan switch tidak memiliki fungsi seperti repeater).

Baca juga: Pengertian Switch dan Fungsinya

Hub aktif juga disebut repeater. Tetapi kadang-kadang juga Hub aktif disebut “repeater multiport,” tetapi kebanyakan orang hanya tahu hub.

Jenis lain dari hub seperti hub pasif tidak termasuk repeater.

Pada jaringan Wifi, Access Point juga berfungsi sebagai repeater hanya ketika mengoperasikan “mode repeater.”

Perangkat tingkat tinggi dalam model OSI seperti switch dan router umumnya tidak menggabungkan fungsi repeater. secara teknis semua repeater adalah perangkat lapisan fisik OSI.

Jenis Repater

Ada beberapa jenis repeater yang berbeda;

  1. Repeater telephone adalah penguat pada saluran telepon,
  2. Repeater optik adalah rangkaian elektronik yang menguatkan berkas cahaya pada kabel serat optik,
  3. Dan repeater radio adalah penerima radio dan pemancar yang mengirim kembali sinyal radio.

Baca juga: 30 perangkat keras komputer dan fungsinya

Manfaat Repeater

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Repeater. Manfaat-manfaat ini adalah sebagai berikut;

  • Sambungan tidak terputus-putus saat Anda menjelajah internet, kecuali ketika operator jaringan sedang bermasalah.
  • Sinyal yang diterima menjadi stabil dan tidak naik dan turun, sehingga akan membuat koneksi internet Anda lancar.
  • Dapat membuat modem tidak cepat panas, karena biasanya modem cepat dipanaskan karena penerimaan sinyal yang tidak stabil.
  • Membuat baterai tahan lama, karena jika sinyal tidak bagus maka ponsel akan menguras lebih banyak baterai.
  • Kegiatan komunikasi seperti mengirim SMS, menelepon, Video Call akan lebih lancar meskipun posisi Anda berada di daerah terpencil dan sangat jauh dari pemukiman kota.

Demikian artikel mengenai pengertian repeater dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan relevan