Router : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Cara Kerjanya

PintarKomputer.Id – Bagi Anda yang telah bekerja dengan dunia networking, terutama jaringan internet yang menggunakan TCP / IP, saya yakin Anda sangat akrab dengan perangkat yang satu ini.

Ya, router atau dalam bahasa Indonesia disebut router / penghala adalah perangkat keras jaringan komputer yang sangat berguna untuk mengirim paket data melalui jaringan internet ke klien.

Baca juga: 17 Macam Perangkat Jaringan Komputer

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang “pengertian router dan fungsinya”. Setelah membaca artikel ini, Anda akan mencari tahu tentang;

  • Pengertian router dan fungsinya
  • Jenis router
  • Cara kerja router

 

Pengertian Router Dan Fungsinya

Apa itu router dan fungsinya? Router adalah perangkat yang mengirim paket data melalui jaringan atau Internet ke tujuannya, melalui proses yang dikenal sebagai routing.

Proses routing terjadi di OSI layer 3, yaitu lapisan jaringan seperti Internet Protocol.

Router memiliki fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Bottle), dengan mengatur DHCP, kemudian Anda dapat berbagi alamat IP. Fasilitas lain yang dimiliki oleh Router adalah NAT (Network Address Translator). NAT ini dapat memungkinkan alamat IP atau koneksi internet untuk dibagikan ke alamat IP lainnya.)

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar, yang disebut internetwork, atau untuk membagi jaringan besar menjadi beberapa subjaringan untuk meningkatkan kinerja dan juga memfasilitasi manajemen.

Router juga terkadang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang menggunakan media berbeda.

Contohnya adalah router nirkabel. Router nirkabel dapat menghubungkan komputer menggunakan radio dan dapat menghubungkan komputer dengan kabel UTP. Atau arsitektur jaringan yang berbeda, serta dari Ethernet ke Token Ring.

Jenis Jenis Router

1. Aplikasi router
Jenis router ini adalah aplikasi router yang dapat Anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi komputer dapat berfungsi seperti router / Contohnya WinGate, WinProxy Winroute, SpyGate, dll.

2. Perangkat Keras Router
Tipe router adalah perangkat keras yang dilengkapi dengan kemampuan seperti router. Dengan menggunakan perangkat keras ini Anda dapat membagikan alamat IP Anda dengan pengguna lain.

pengertian router dan fungsinya
Gambar router

Selain itu, router perangkat keras dapat digunakan untuk membagi jaringan internet di suatu daerah. Contoh dari router ini adalah titik akses, area yang mendapat Alamat IP dan koneksi internet yang disebut Hot Spot Area.

3. PC router
PC router adalah komputer PC yang dimodifikasi sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat PC router tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Ini berarti Anda dapat menggunakan komputer dengan dua prosesor Pentium, 10 GB hard disk dan 64 RAM dan dilengkapi dengan kartu LAN, maka komputer Anda dapat dibuat menjadi router PC.

Komputer yang digunakan sebagai router PC harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang paling populer untuk router PC adalah Mikrotik.

Fungsi Router

1. Fungsi utama router adalah menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari jaringan ke jaringan lain. fungsi ini adalah perbedaan antara router dan switch. Karena switch hanya dapat digunakan oleh Anda untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk jaringan lokal atau jaringan LAN.

Sementara router memiliki kelebihan di atas switch, yang mampu menghubungkan jaringan LAN dengan jaringan LAN lainnya.

2. Router juga berfungsi untuk mengirimkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistemnya berfungsi seperti Bridge.

3. Router juga berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL (router DSL). Router ini juga dilengkapi dengan fungsi firewal untuk menyaring paket berdasarkan sumber dan alamat tujuan paket, tetapi tidak semua router memiliki fungsi seperti ini.

Router yang memiliki fitur penyaringan paket juga bisa disebut router packet-filtering. Fungsi umum router ini memblokir lalu lintas data yang ditransmisikan sehingga dapat mencegah badai siaran yang dapat menyebabkan kinerja jaringan melambat.

Cara Kerja Router

Fungsi utama dari Router adalah untuk merutekan paket (informasi). Router memiliki kemampuan Routing, yang berarti bahwa Router dapat secara cerdas mengetahui di mana rute informasi (paket) akan dilewati, apakah itu ditujukan untuk host lain yang ada di jaringan atau pada jaringan yang berbeda.

Jika paket dimaksudkan untuk dihosting di jaringan lain, router akan meneruskannya ke jaringan. Sebaliknya, jika paket ditujukan untuk satu host jaringan, router akan memblokir paket-paket yang akan dikirimkan.

Baca juga: 30 perangkat keras komputer dan fungsinya

Demikianlah artikel tentang pengertian router dan fungsinya serta jenisnya dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai ketemu lagi pada artikel berikutnya.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel