Pengertian Simulasi Digital Dan Materinya

Diposting pada

Pengertian Simulasi Digital – Apa itu simulasi digital dan bagaimana materi simulasi digital? Simulasi digital adalah subjek yang memberikan siswa kemampuan untuk mengkomunikasikan ide pemikiran atau konsep melalui media digital.

Dalam proses pembelajaran, siswa dapat mengkomunikasikan ide atau konsep yang diungkapkan oleh orang lain dan mewujudkannya melalui media digital, dengan tujuan menguasai teknik mengkomunikasikan ide atau konsep.

Tujuan akhir dari mempelajari simulasi digital adalah mempelajari berbagai teknik dan cara kerja yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan, siswa juga akan dapat mengkomunikasikan ide atau konsep yang mereka temukan sendiri atau memodifikasi ide atau konsep yang ada.

Media digital yang sering digunakan untuk mengkomunikasikan ide atau konsep, dapat dipilih dari aplikasi atau platform digital menggunakan peralatan elektronik atau informasi dan teknologi komunikasi (TIK) yang ada.

Baca juga: Definisi teknologi informasi dan komunikasi

Pengertian Simulasi
Apakah itu simulasi? Simulasi adalah salah satu cara untuk menggambarkan karakteristik, penampilan, atau karakteristik sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasi, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan hasil simulasi.

Jenis Simulasi
Berdasarkan perangkat keras (hardware) digunakan jenis simulasi dibagi menjadi tiga.

  1. Simulasi Analog
    Simulasi analog Merupakan simulasi yang mengimplementasikan menggunakan sirkuit elektronik analog, seperti operasi penguat untuk integrasi, perbandingan, pembalik, penambahan dan lainnya.
  2. Simulasi Hibrid
    Simulasi hibrida adalah simulasi yang mengimplementasikan menggunakan kombinasi sirkuit elektronik analog dan komputer digital.
  3. Simulasi Digital
    Simulasi digital adalah simulasi yang menggunakan komputer digital.

Pengertian Simulasi Digital

Pengertian simulasi digital
Pengertian simulasi digital

Sebagaimana disebutkan di atas, simulasi digital adalah proses pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pengembangan bahan ajar berbasis situs web.

Ruang Lingkup Subjek Simulasi Digital
Sesuai dengan tujuan simulasi digital, subjek-subjek ini memiliki ruang lingkup seperti komunikasi dalam jaringan (disingkat; komunikasi online), kelas virtual dan presentasi video.

Adapun pembahasan lebih lengkap akan kita bahas dalam artikel mendatang. Jadi ikuti posting blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru dengan memasukkan alamat e-mail di kotak yang disediakan, lalu klik kirim.

a. Komunikasi Jaringan (Komunikasi Online)
Melalui komunikasi online, siswa diharapkan untuk dapat memanfaatkan jaringan internet terbaik untuk menemukan dan memperoleh informasi sebagai dukungan untuk ide atau konsep serta untuk mengkomunikasikan ide atau konsep mereka.

Komunikasi online dapat memungkinkan komunikasi dua arah dilakukan pada satu waktu (sinkron) atau pada waktu yang berbeda (asynchronous).

Komunikasi online dapat dilakukan dengan mengirim teks atau gambar, dan bahkan lebih hebat lagi memungkinkan dua orang atau lebih untuk melakukan percakapan langsung dengan wajah masing-masing (Panggilan Video).

Baca lebih banyak:

Pengertian Komunikasi dalam Jaringan dan Contoh
Pengertian Komunikasi dalam Jaringan Sinkron
Pengertian Komunikasi dalam Jaringan Asinkron dan Contoh

b. Kelas Maya
Melalui kelas virtual, diharapkan bahwa dengan siswa kelas virtual akan meningkatkan pengetahuan mereka dengan mengambil bagian dalam kelas virtual yang diselenggarakan oleh siapa saja. Kelas virtual adalah kelas yang diadakan dari jarak jauh menggunakan jaringan internet.

Kelas virtual memungkinkan siswa untuk mengunduh berbagai informasi dan pengetahuan baru yang dibutuhkan oleh guru yang mengajar kelas virtual, serta menyampaikan tanggapan atau jawaban yang diminta oleh guru.
Kelas virtual adalah kelas terbuka dan jarak jauh yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang hanya dapat diikuti oleh siswa yang sudah terdaftar.

Baca lebih lengkap: Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya

c. Presentasi Video
Presentasi video memungkinkan siapa pun merekam gambar bergerak yang lebih baik dan lebih mudah. Meskipun Anda harus mempelajari teknik perekaman dan pengeditan gambar, melalui proses video (proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau kamera corderder atau ponsel).

Dengan mempelajari presentasi video akan memberikan siswa kemampuan untuk membuat video, terutama untuk mengkomunikasikan ide atau konsep.

Itu adalah pengertian simulasi digital dan materialnya. Semoga bermanfaat … Silakan unduh artikel di atas dalam format PDF di bawah ini.

Silahkan berkomentar dengan relevan