Pengertian Sistem Komputer Dan Komponennya

Diposting pada

Pengertian Sistem Komputer Dan Komponennya – Sistem komputer adalah kombinasi komponen komputer yang bekerja sama untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Jika komponen ini ada maka pengguna dapat melakukan aktivitas di komputer, seperti memutar film, mendengarkan lagu, bermain game, mengetik, atau menjelajah internet.

Atau pengertian sistem komputer adalah jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (perangkat lunak) dan perangkat keras (perangkat keras) yang melakukan tugas atau fungsi tertentu seperti memasukkan data, memproses data, menyimpan data dan memberikan output dalam bentuk informasi.

Selain itu, dapat juga diartikan bahwa pengertian sistem komputer adalah elemen terkait untuk menjalankan aktivitas menggunakan komputer.

pengertian sistem komputer
pengertian sistem komputer

Komponen Sistem Komputer

Sistem komputer tidak akan dipisahkan dari tiga elemen berikut;
a. Brainware – Manusia yang memperbaiki komputer
b. Software (perangkat lunak)
c. Hardware (perangkat keras)

Ketiga komponen ini memiliki tugas berbeda dalam mengelola informasi data.
Ketiga komponen itu juga harus bisa bekerja secara bersamaan, artinya jika salah satu komponen ini tidak berfungsi, maka sistem komputer tidak akan berjalan dengan baik.

Kita ambil contoh;
Kita tahu bahwa komputer adalah benda mati, tanpa kehadiran brainware (manusia yang mengoperasikannya), komputer tidak akan berfungsi. Saya harap Anda memahami contoh di atas.

Fungsi Sistem Komputer

Sistem komputer memiliki tiga fungsi dasar, yaitu:
1. Input Data
Sistem komputer berfungsi untuk memasukkan semua jenis data yang telah dimasukkan oleh brainware (pengguna) melalui perangkat keras komputer seperti mouse, keyboard, mikrofon dan perangkat input lainnya.

2. Memproses Data
Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang dimasukkan oleh pengguna masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu, setelah data dimasukkan, sistem komputer akan melakukan proses yang mentransfer data mentah menjadi informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer.

Proses data dijalankan di Central Processing Unit yang juga berfungsi sebagai otak komputer.

3. Hasilkan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses sebelumnya. Outputnya bisa dalam bentuk informasi dalam bentuk gambar, suara atau video.

4. Simpan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data keluaran yang merupakan produk yang diproses dari proses pada memori komputer

Komponen Utama dalam Sistem Komputer

Seperti yang dijelaskan di awal, sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain. Komponen-komponen ini terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1. Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras komputer komponen penting dari sistem komputer, ada banyak jenis perangkat keras yang dapat Anda gunakan sebagai sistem komputer dan memiliki fungsi yang berbeda.

Baca juga: 27 Perangkat Keras Komputer dan Fungsi serta Gambarnya

Perangkat keras dalam sistem komputer terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:

a. Central Processing Unit (CPU)
Processor adalah otak dari sistem komputer, perangkat keras bertanggung jawab atas semua aktivitas yang terjadi di komputer. Prosesor juga berfungsi sebagai pusat pemrosesan data dan mengontrol semua aktivitas dari perangkat internal dan eksternal yang terhubung ke komputer.

b. Input unit atau perangkat input
Data harus diinput terlebih dahulu sebelum proses menjadi informasi yang kita inginkan. oleh karena itu, perlu memiliki perangkat input yang menjadi pintu masuk untuk data dari dunia luar ke dalam sistem komputer.

Bentuk-bentuk data yang telah diinput akan diubah menjadi kode biner sehingga dapat dibaca oleh RAM.

Setiap perangkat input memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel berjudul “Jenis Perangkat Input dan Fungsinya”

c. OutPut Perangkat atau Perangkat Output
Perangkat input memiliki fungsi yang berlawanan dengan perangkat input. Jika perangkat input data dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, perangkat output adalah sebaliknya. Perangkat output akan menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil pengolahan pada sistem komputer.

Juga baca: Jenis Perangkat OutPut dan Fungsinya

d. Media penyimpanan
Data atau instruksi yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui perangkat input akan disimpan di media penyimpanan sebelum data diproses. Demikian juga dengan hasil data yang telah diproses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada unit penyimpanan sebelum ditransfer ke unit output.

2. Perangkat Lunak
Komponen sistem komputer selanjutnya dari sistem komputer adalah perangkat lunak. Perangkat lunak tidak memiliki bentuk, sehingga Anda tidak akan dapat melihat dan merasakannya. Tetapi perangkat lunak dapat memiliki bentuk digital yang disimpan di memori komputer.

Ada berbagai jenis kategori perangkat lunak pada sistem komputer, yaitu:

a. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur dan mengontrol komponen perangkat keras. Salah satu contoh perangkat lunak sistem adalah sistem operasi, tetapi driver pada perangkat juga dapat diklasifikasikan dalam kategori ini.

b. Perangkat Lunak Utilitas
Perangkat lunak utilitas adalah jenis perangkat lunak yang berfungsi untuk melindungi sistem komputer tetapi tidak berhubungan langsung dengan perangkat keras. Contoh dari jenis perangkat lunak ini adalah antivirus, firewall, disk Defragmenter

c. Aplikasi piranti lunak
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang disediakan oleh pengguna komputer.

Contoh perangkat lunak aplikasi meliputi; peramban web, perangkat lunak perkantoran, dll.

3. Brainware
Brainware dapat diartikan sebagai orang yang menjalankan, mengoperasikan komputer.

Nah, ini adalah artikel tentang pengertian sistem komputer dan komponennya. Jika Anda ingin bertanya atau ingin menambahkan materi di atas, silakan tulis di kotak komentar yang telah disediakan.

Silahkan berkomentar dengan relevan